Ketentuan Pembagian Daging Kurban - IBTimes.ID
Fikih

Ketentuan Pembagian Daging Kurban

2 Mins read

Ibadah di hari raya idul Adha adalah mengorbankan harta untuk dibelanjakan hewan kuban, lalu disembelih untuk kemudian dibagikan kepada umat muslim secara menyeluruh. Baik yang kaya sampai yang miskin semuanya kebagian hak mereka untuk mendapatkan daging hewan kurban. Namun apakah kekayaan seseorang mempengaruhi perbedaan jatah banyak daging yang diperoleh masing-masing?

Di dalam kehidupan bermasyarakat, tentu ada orang-orang yang kaya, berkelebihan dalam segala kebutuhan. Orang sederhana yang memang tercukupi kebutuhan sehari-hari. Dan ada juga yang miskin atau fakir yang mana dalam mencari makan saja susah. Dan masih banyak lapisan masyarakat lainnya. Ternyata hal ini tidak membatasi bagian daging yang di dapat, semuanya mendapatkan hak sama rata. Karena pembagian daging kurban berbeda debgan pembagian zakat.

Bagaimana Pembagian Daging Kurban yang Sesuai Syariat?

Berkaitan dengan pembagian daging kurban, daging hasil sembelihan hewan kurban pada dasarnya adalah untuk disedekahkan. Tetapi si pengkorban pun berhak mendapatkannya dan memakannya. Disunnahkan agar orang yang berkurban memakan sebagian dari daging kurbannya, menghadiahkan sebagian yang lain lagi kepada para kerabat, dan menghadiahkan sebagian yang lain kepada para kerabat, dan menyedekahkan sebagian lain kepada orang-orang fakir.

Diriwayatkan oleh Muslim di dalam Shahih Muslim, Rasulullah saw. bersabda,

كُلُوا وَأَطْعِمُوْا وَدَّخِرُوا

“Makanlah, sedekahkanlah, dan simpanlah”

Para ulama mengatakan bahwa sebaiknya bahwa orang yang berkurban memakan sepertiga, menyedekahkan sepertiga, dan menyimpan sepertiga. Daging kurban boleh dipindahkan meski ke negri lain (Sayyid Sabiq, 2013).

Disebutkan juga dalam hadits dari Ibnu Abbas yang diriwayatkan oleh Abu Musa Al-Asfahani. Bahwasanya Rasulullah SAW bersabda: “Sepertiga untuk memberi makan keluarganya, sepertiga untuk para tetangga yang fakir miskin dan sepertiga untuk disedekahkan kepada yang meminta-minta”

Baca Juga  Anak-anak Gen Z dan Suburnya Isu SARA

Jika pengkurban tidak mengambil sepertiga jatahnya, maka boleh disedekahkan. Dan pembagian daging untuk warga sekitar atau kerabat boleh dengan berapapun beratnya yang terpenting adalah sama rata. Tidak berat sebelah atau membedakan pembagian kurban antara yang kaya dan yang miskin. Semua berhak mendapatkan daging kurban.

Jika yang Dibagi Adalah Daging Kurban, Bagian Lainnya Diapakan?

Daging kurban tidak boleh dijual. Begitu pula kulitnya. Kulit kurban hanya boleh disedekahkan oleh orang yang berkurban atau dijadikannya sesuatu yang bermanfaat. Dan tukang jagal atau panitia kurban tidak boleh diberi sebagian dari daging kurban sebagai imbalan, meskipun dia boleh diberi upah atas pekerjaannya (Sayyid Sabiq, 2013).

Sementara menurut Abu Hanifah, kulit kurban boleh dijual dan uangnya disedekahkan, atau ditukarkan dengan sesuatu yang bermanfaat.

Namun semua bagian kurban sebaiknya dibagikan, baik itu daging, jeroan, dan kulit. Penerima daging kurban boleh menjual bagiannya karena itu sudah haknya. Namun panitia kurban tidak boleh menjual kulit atau bagian-bagian lainnya.

Bolehkah Orang Kafir Mendapatkan Daging Hewan Kurban?

Dalam hal lain, muncul pertanyaan, bolehkah memberikan daging kurban kepada orang Kafir? Dalam hal ini ulama madzhab Malikiyah berpendapat makruhnya memberikan daging kurban kepada orang kafir. Imam Malik mengatakan: “(diberikan) kepada selain mereka (orang kafir) lebih aku sukai, sedangkan madzhab Syafi’iyah berpendapat haramnya memberikan daging kurban kepada orang kafir untuk kurban yang wajib (misalnya qurban nadzar) dan makruh untuk kurban yang sunnah (Baits, 2009).

Namun jika terjadi perdebatan dalam hal ini maka sebaiknya menghindarinya, dengan tidak perlu membagikan kepada orang orang kafir.

Editor : Yeni Eka

Print Friendly, PDF & Email
Avatar
7 posts

About author
Mahasantri STIQSI | Sekolah Tinggi Ilmu Alquran dan Sains | Isy kariiman aw mut syahiidan ?
Articles
Related posts
Fikih

Apa Hukum Arisan Kurban?

2 Mins read
Arisan Kurban l Melakukan ibadah kurban adalah dambaan hampir seluruh umat Islam. Selain untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT, juga banyak…
Fikih

Lebih Baik Kurban Sapi Patungan atau Kambing Sendirian?

2 Mins read
Menjelang perayaan hari raya Idul Adha, seringkali kita temukan kaum muslimin yang berkurban dengan cara patungan membeli sapi atau langsung membeli seekor…
Fikih

Anak Sekolahan Patungan Kurban, Apakah Dihitung Kurban?

2 Mins read
Menjelang hari raya Idul Adha, banyak persiapan yang dilakukan umat Islam untuk menyambut kehadirannya. Mulai dari para peternak yang menjaga kesehatan hewan…

Tinggalkan Balasan