Ternyata Surat Al-Fatihah Adalah Surat yang Pertama Turun - IBTimes.ID
Video

Ternyata Surat Al-Fatihah Adalah Surat yang Pertama Turun

1 Mins read

IBTimes.ID – Surat Al-Fatihah adalah surat yang terdiri dari 3 ayat atau lebih, yang nama “surat” di dalam Alquran berasal dari petunjuk Allah secara langsung melalui hadits yang kuat. Kata “surat” diambil dari kata suurun yang berarti pagar yang mengelilingi sebuah desa atau negara.

Selain itu, ia juga diambil dari kata suarun yang berarti baqiyatun atau sisa. Sisa segala sesuatu merupakan bagian dari sesuatu tersebut. Misalnya, sisa nasi di piring adalah bagian dari nasi di piring tersebut. Surat adalah bagian-bagian tertentu yang sudah terbagi-bagi dengan baik dari Alquran.

Hal terebut disampaikan oleh Kang Boy dalam Ngaji Kitab Bareng Kang Boy di kanal YouTube IBTimes.

Menurut Kang Boy, nama-nama surat di dalam Alquran berasal dari hadis marfu’ dan mauquf. Namun, para sahabat belum menuliskannya dalam mushaf. Para sahabat hanya menulis lafal ayat saja, tanpa nama surat.

“Disebut Al-Fatihah karena ia adalah surat yang pertama menurut urutannya. Ia juga disebut dengan Ummul Kitab, dan as-Sab’u al-Matsani,” ujar Kang Boy mengutip Tafsir Al-Manar.

Di sisi lain, sebagian ulama berpendapat bahwa Nabi Muhammad melarang menyebut surat Al-Fatihah dengan Ummul Kitab. Namun, menurut Muhammad Abduh larangan tersebut tidak kuat.

Kang Boy menyebut bahwa surat Al-Fatihah wajib dibaca ketika shalat. Ia adalah surat Makkiyah. Sedangkan sebagian ulama ada yang berpendapat bahwa Al-Fatihah diturunkan dua kali.

Pertama, di Makkah ketika turun perintah sholat. Kedua, di Madinah ketika perpindahan arah kiblat.
Menurut Abduh sebagaimana dibaca oleh Kang Boy, Al-Fatihah adalah surat pertama yang diturunkan secara utuh.

Abduh dalam Tafsir Al-Manar mengutip Al-Itqon karya Imam Suyuthi yang menyebut ada 4 pandangan dalam surat yang pertama turun.

Baca Juga  Ngaji Bareng Kang Boy: Mengenal Tafsir al-Manar

Pertama, Al-‘Alaq 1-5. Kedua, Al-Mudatsir ayat 1. Kemudian ada pendapat yang menyebut bahwa Al-Alaq 1-5 adalah ayat yang pertama turun secara mutlak, sedangkan Al-Mudatsir adalah surat yang pertama turun setelah terputusnya wahyu.

Ketiga, surat Al-Fatihah adalah yang pertama turun. Keempat, lafal basmallah.

Reporter: Yusuf

Tonton Video Ngaji Kitab Bareng Kang Boy Disini:

Redaksi
218 posts

About author
IBTimes.ID - Cerdas Berislam. Media Islam Wasathiyah yang mencerahkan
Articles
Related posts
Video

Lima Tujuan Diturunkannya Surat Al-Fatihah

1 Mins read
IBTimes.ID – Allah menurunkan ajaran Islam mulai dari yang global, diikuti dengan penjelasan terinci, dan dijalankan dengan cara berangsur-angsur. Hal tersebut disampaikan…
Video

Ngaji Bareng Kang Boy: Perbedaan Makkiyah dan Madaniyah

2 Mins read
IBTimes.ID – Ciri surat-surat Madaniyah adalah menggunakan kalimat yang panjang. Lebih-lebih ketika berbicara dengan ahli kitab, dalam hal ini Yahudi dan Nasrani….
Video

Ngaji Kitab: Al-Fatihah sebagai Surat Makkiyah

1 Mins read
IBTimes.ID – Surat Al-Fatihah adalah surat Makkiyah. Surat Makkiyah adalah surat yang turun di Makkah. Namun, ada 3 pandangan ulama terhadap makna…

Tinggalkan Balasan

Mari Kolaborasi
Mari Berkolaborasi bersama kami "IBTimes.ID - Cerdas Berislam" dan para kontributor lainnya untuk memproduksi narasi Islam yang mencerahkan.
Donasi dapat melalui Bank Mandiri 137-00-5556665-3 a.n Litera Cahaya Bangsa