Report

Haedar Nashir : Jadikan Harkitnas Momen Meluruskan Kiblat Bangsa

1 Mins read

IBTimes.ID – Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir mengatakan kebangkitan nasional adalah tonggak penting menuju Indonesia Merdeka dan momen untuk meluruskan kiblat bangsa.

“Rakyat Indonesia disadarkan akan hak-hak dasarnya untuk bebas dari segala bentuk penindasan, eksploitasi, kekerasan, dan kezaliman yang dilakukan penjajah,” tutur Haedar pada Kamis (20/5).

Dilansir dari laman resmi PP Muhammadiyah, Haedar mengatakan, ketika ada negara yang sewenang-sewenang mengagresi bangsa lain maka Indonesia layak konsisten menentangnya sebagai bagian dari urusannya. Seraya membela bangsa yang dizalimi karena di dunia saat ini tidak boleh lagi ada praktik kolonialisme.

“Apa haknya suatu negara mengekspansi bangsa lain? Padahal Tuhan menciptakan semua umat manusia sama untuk hidup merdeka di seluruh muka bumi,” ucap Haedar.

Melalui akun resmi Instagramnya, Haedar Nashir berpesan agar seluruh elit dan warga bangsa penting bangkit menyadari arti kemerdekaan agar mampu meluruskan dan membawa Indonesia menjadi bangsa dan negara yang merdeka, bersatu, berdaulat, maju, adil, dan makmur sebagaimana cit-cita kemerdekaan.

“Jangan biarkan ada pihak yang membelokkan jalan dari cita-cita kebangsaan yang diletakkan para pendiri negara Republik Indonesia tahun 1945,” tegas Haedar.

Peringatan Kebangkitan Nasional, menurut Haedar adalah momentum meneguhkan komitmen Indonesia atas nilai dan hakikat kemerdekaan, sekaligus meluruskan kiblat keindonesiaan agar tidak salah jalan dalam mencapai tujuan.

Reporter : Yusuf

Baca Juga  Masdar Hilmy: Kebaruan Apa Lagi yang Akan Ditemukan Muhammadiyah? NU Ngikut Saja
Avatar
1344 posts

About author
IBTimes.ID - Rujukan Muslim Modern. Media Islam yang membawa risalah pencerahan untuk masyarakat modern.
Articles
Related posts
Report

Savic Ali: Muhammadiyah Lebih Menderita karena Salafi Ketimbang NU

2 Mins read
IBTimes.ID – Memasuki era reformasi, Indonesia mengalami perubahan yang signifikan. Lahirnya ruang keterbukaan yang melebar dan lapangan yang terbuka luas, nampaknya menjadi…
Report

Haedar Nashir: dari Sosiolog Menjadi Begawan Moderasi

2 Mins read
IBTimes.ID – Perjalanannya sebagai seorang mahasiswa S2 dan S3 Sosiologi Universitas Gadjah Mada hingga beliau menulis pidato Guru Besar Sosiologi di Universitas…
Report

Siti Ruhaini Dzuhayatin: Haedar Nashir adalah Sosok yang Moderat

1 Mins read
IBTimes.ID – Siti Ruhaini Dzuhayatin Guru Besar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menyebut, bahwa Haedar Nashir adalah sosok yang moderat. Hal itu terlihat…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *