IBTimes.ID Kanal Moderasi Islam. Media Islam wasathiyah untuk mencerahkan umat.

Kanal Moderasi Islam

Kanal merupakan saluran media informasi dan komunikasi berupa situs Islam yang multiplatform yang terintegrasi dan terinterkoneksi dengan media sosial.

Moderasi (wasathiyyah) berarti memilih posisi di tengah (pilihan terbaik) antara titik-titik ekstremitas atau berlebihan dalam beragama. Kata wasatiyyah selaras dengan makna seperti keadilan (al-’adl), keunggulan (al-faḍl), kebaikan (al-khairiyyah), dan tengahan (albainiyyah).

Islam adalah agama dari Allah yang berpedoman pada al-Qur’an dan Sunnah melalui rasul-Nya. Di dalamnya terdiri dari perintah-perintah, larangan-larangan dan petunjuk-petunjuk, untuk kebaikan (hidup) manusia di dunia dan akhirat.

Visi dan Misi Kami…

IBTimes.ID hadir karena prihatin atas dinamika konten di media online yang tidak sehat seperti hoax, ujaran kebencian, dan wacana keislaman yang tidak mencerahkan.

IBTimes.ID merasa perlu menghadirkan jurnalistik alternatif berdasarkan kode etik jurnalistik konvensional yang dipadukan dengan jurnalistik Islami dalam bentuk media multiplatform.

Kode etik jurnalistik Islami—merujuk pada fikih informasi—menjadi landasan dalam menentukan topik atau mengisi konten berdasarkan pada prinsip ‘moderasi Islam’ (Wasathiyah) yang memadukan doktrin keislaman, perkembangan keilmuan (sains), dan nilai kenidonesiaan.

Kami berharap IBTimes.ID dapat menjadi jurnalisme baru yang menjadi media alternatif bagi masyarakat milenial.

IBTimes.ID berkomitmen untuk mempromosikan wacana Islam Wasathiyah yang memiliki karakteristik sebagai berikut:

  1. Islam yang mengutamakan ‘prinsip kemajuan’ dan perkembangan ilmu pengetahuan yang mutakhir untuk memperluas pemahaman agama;
  2. Islam yang menyemaikan benih-benih kebenaran, kebaikan, kedamaian, keadilan, kemaslahatan, kemakmuran, dan keutamaan hidup bagi seluruh umat manusia;
  3. Islam yang menjunjung tinggi kemuliaan manusia (laki-laki maupun perempuan) tanpa diskriminasi;
  4. Islam yang memperjuangkan misi antiperang, antiterorisme, antikekerasan, antipenindasan, antiketerbelakangan, dan anti terhadap segala bentuk kerusakandi muka bumi;
  5. Islam yang menjujung budi pekerti yang luhur untuk memayungi kemajemukan agama, suku , ras, golongan, bahasa, dan budaya umat manusia.