Tajdida

Adakah Sanad Keilmuan di Muhammadiyah?

1 Mins read

Sanad keilmuan adalah silsilah pembawa ilmu pengetahuan  yang akan sampai pada pembicara atau  penulis buku ulama pertama yang menyampaikan ilmu tersebut. Pada zaman Islam, sanad menjadi bukti bahwa seseorang belajar pada guru yang secara keilmuan diakui oleh para ulama. Orang yang telah menyelesaikan pendidikan, baik menyelesaikan satu buku atau lainnya dari seorang guru, akan diberi ijazah. jadi ijazah ini sebagai bukti dan pengakuan bahwa ia benar-benar telah belajar.

Saat ini, model ijazah digunakan di semua sekolah dan universitas di dunia. Model ijazah menunjukkan bahwa seseorang telah belajar dari sebuah lembaga pendidikan yang diakui (terakreditasi).  Dengan ijazah ini pula, dapat menjadi seseorang untuk mencari pekerjaan, menjadi seorang guru, masuk ke pabrik-pabrik dan lain sebagainya.

Ada persamaan sistem pendidikan zaman Islam dahulu dengan sekarang, yaitu sama-sama mengeluarkan ijazah. Bedanya dulu ijazah diberikan oleh tiap-tiap guru, sementara saat ini ijazah diberikan oleh lembaga pendidikan.

Umumnya para ulama Muhammadiyah, menerima ijazah dari lembaga modern ini, dari sekolah atau universitas. Jadi ulama umumnya Muhammadiyah tetap mempunyai ijazah hanya dalam bentuk yang berbeda.

Kecuali yang belajar secara otodidak atau bersama dengan guru yang bukan dari lembaga yang diakreditasi negara, sehingga mereka tidak mendapatkan ijazah. Meski demikian, jika keilmuannya mumpuni, mereka tetap diakui. Yang harus digarisbawahi adalah bahwa ijazah sekadar sebagai sarana pengakuan seseorang bahwa ia telah belajar baik dari guru atau lembaga pendidikan. Wallahu a’lam.

Sumber: tanyajawabagama.com

Print Friendly, PDF & Email
Baca Juga  Halalbihalal: Sebuah Tradisi Ruhaniyah di Indonesia
1012 posts

About author
IBTimes.ID - Cerdas Berislam. Media Islam Wasathiyah yang mencerahkan
Articles
Related posts
Tajdida

Islam Berkemajuan: Agar Umat Bangkit dari Kemunduran

7 Mins read
Facebook Telegram Twitter Linkedin email Islam Indonesia: Berkemajuan tapi Pinggiran Pada 2015 terjadi dua Muktamar mahapenting: (1) Muktamar Islam Nusantara milik Nahdlatul…
Tajdida

Ketika Muhammadiyah Berbicara Ekologi

4 Mins read
Facebook Telegram Twitter Linkedin email Apabila dicermati secara mendalam, telah terjadi degradasi nilai-nilai manusia, nampakyna fungsi utama manusia sebagai khalifah fil ardh…
Tajdida

Siapa Generasi Z Muhammadiyah Itu?

3 Mins read
Facebook Telegram Twitter Linkedin email Dari semua rangkaian kajian dan dialog mengenai Muhammadiyah di masa depan, agaknya masih minim yang membahas mengenai…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *