Doa

Baca Doa Ini Agar Tidak Gugup dan Percaya Diri

1 Mins read

Kita mungkin mengalami hal yang satu ini, yakni di mana saat kita malu, grogi dan akhirnya kurang percaya diri dengan kemampuan yang ada dalam diri kita masing-masing. Apalagi di tempat yang ramai dan dipenuhi banyak orang. Nah, untuk mengatasi rasa tidak percaya diri itu. Berikut doa agar tidak gugup dan percaya diri yang bisa diamalkan.

Doa Tidak Gugup dan Percaya Diri

Salah satu upaya yang bisa kita lakukan adalah dengan berdoa dan memohon pertolongan kepada Allah, termasuk ketika kita ingin tidak gugup dan percaya diri di depan umum.

Sebagaimana doa yang termaktub dalam Al-Qur’an surah Thaha ayat 25-28. Berikut bunyi doanya:

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii

Artinya: “Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.”

Doa diatas bisa kita amalkan ketika sedang ingin berbicara di tempat banyak orang. Seperti ingin berceramah, berpidato, presentasi ataupun berdiskusi dengan teman-teman kita. Kita memohon agar kita tidak kaku dalam berbicara dan perkataan kita dapat dipahami banyak orang.

Penutup Doa

Banyak cara ataupun tips untuk tidak gugup dan percaya diri bahkan tampil maksimal di depan banyak orang. Sering berlatih public speaking, misalnya. Dan yang lainnya. Itu semua tidak terlepas dari usaha dan ikhtiar baru kemudian doa dari kita masing-masing.

Renungkan firman Allah Swt:

لَهٗ مُعَقِّبٰتٌ مِّنْۢ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهٖ يَحْفَظُوْنَهٗ مِنْ اَمْرِ اللّٰهِ ۗاِنَّ اللّٰهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتّٰى يُغَيِّرُوْا مَا بِاَنْفُسِهِمْۗ وَاِذَآ اَرَادَ اللّٰهُ بِقَوْمٍ سُوْۤءًا فَلَا مَرَدَّ لَهٗ ۚوَمَا لَهُمْ مِّنْ دُوْنِهٖ مِنْ وَّالٍ

Baca Juga  Baca Doa Ini Setelah Selesai Shalat Tarawih

Artinya: Baginya (manusia) ada malaikat-malaikat yang selalu menjaganya bergiliran, dari depan dan belakangnya. Mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia. (QS. Ar-Rad:11)

Demikianlah doa supaya tidak gugup dan percaya diri, doa yang bisa diakses di rubrik doa pada website IBTimes.ID. Semoga bermanfaat.

Editor: Soleh

Print Friendly, PDF & Email
862 posts

About author
IBTimes.ID - Cerdas Berislam. Media Islam Wasathiyah yang mencerahkan
Articles
Related posts
Doa

Inilah Doa Pengganti Sedekah yang Bisa Kamu Baca

1 Mins read
Facebook Whatsapp Telegram Twitter Linkedin email Kadang sedekah seseorang tidak mampu kita bayar dengan sedekah. Mungkin karena keterbatasan materi atau finansial yang…
Doa

Baca Doa Ini Saat Memasuki Shaf Shalat Berjemaah

1 Mins read
Facebook Whatsapp Telegram Twitter Linkedin email Salah satu hal penting yang selalu diingatkan oleh seorang imam adalah meluruskan dan merapatkan shaf sebelum…
Doa

Doa Supaya Kamu Terhindar dari Rasa Was-was dan Artinya

1 Mins read
Facebook Whatsapp Telegram Twitter Linkedin email Dalam menjalani segala bentuk aktivitas sehari-hari, tak jarang kita didatangi dan dihantui rasa was-was. Islam dalam…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *