Doa

Bacaan Doa Ihram Saat Haji dan Umrah

1 Mins read

Salah satu rukun haji dan umrah adalah ihram. Ihram sering dijadikan sebagai tanda bahwa seseorang telah siap untuk melaksanakan ibadah haji dan umrah. Berihram diartikan sebagai niat ketika melakukan aktivitas menunaikan ibadah haji dan umrah. Lalu, bagaimana bacaan doa ihram saat haji dan umrah?

Bacaan Doa Ihram Haji dan Umrah

Adapun bacaan doa ihram haji dan umrah, bunyi doanya berikut ini:

اللَّهُمَّ إِنِّي أُحَرِّمُ نَفْسِي مِنْ كُلِّ مَا حَرَّمْتَ عَلَى الْمُحْرِمِ فَارْحَمْنِي يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Allahumma innii uharrimu nafsii min kulli ma harramta ‘alal muhrimi farhamnii yaa arhamar raahimiin.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku mengharamkan diriku dari segala yang Engkau haramkan kepada orang yang berihram, karena itu rahmatilah aku wahai Allah Yang Maha Pemberi Rahmat.”

Doa ini dapat dibaca oleh orang yang menunaikan ibadah haji dan umroh saat miqat sebelum memasuki wilayah Mekkah. Sebagaimana doa yang bersumber dari Imam Al Ghazali dalam kitabnya Ihya Ulumuddin adalah lafadz doa yang tertulis di atas.

Penutup Doa

Tentu berihram juga memiliki waktu dan cara tertentu yang harus diperhatikan oleh para jamaah haji dan umrah. Sehingga tidak boleh asal-asalan dalam melakukan ihram. Segala waktu dan cara berihram sangat penting diperhatikan, sebagai rukun dan syarat awal untuk melaksanakan ibadah haji dan umrah.

Firman Allah dalam surah Ar-Rad ayat 11 yang berbunyi:

لَهٗ مُعَقِّبٰتٌ مِّنْۢ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهٖ يَحْفَظُوْنَهٗ مِنْ اَمْرِ اللّٰهِ ۗاِنَّ اللّٰهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتّٰى يُغَيِّرُوْا مَا بِاَنْفُسِهِمْۗ وَاِذَآ اَرَادَ اللّٰهُ بِقَوْمٍ سُوْۤءًا فَلَا مَرَدَّ لَهٗ ۚوَمَا لَهُمْ مِّنْ دُوْنِهٖ مِنْ وَّالٍ

Artinya: Baginya (manusia) ada malaikat-malaikat yang selalu menjaganya bergiliran, dari depan dan belakangnya. Mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia”.

Demikianlah doa ihram saat haji dan umrah, ada juga doa-doa lain yang bisa kalian akses di rubrik doa pada website IBTimes.ID. Semoga bermanfaat.

Baca Juga  Doa Memohon Kesehatan Badan dan Artinya

Editor: Soleh

Print Friendly, PDF & Email
874 posts

About author
IBTimes.ID - Cerdas Berislam. Media Islam Wasathiyah yang mencerahkan
Articles
Related posts
Doa

Baca Doa Ini Ketika Hendak Bercocok Tanam

1 Mins read
Facebook Telegram Twitter Linkedin email Sebagian besar penghasilan di Indonesia berasal dari hasil pertanian. Proses awal untuk mendapatkan hasil panen dari tanaman…
Doa

Doa Ketika Mengaku Banyak Dosa dan Mohon Ampunan

1 Mins read
Facebook Telegram Twitter Linkedin email Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa tidak ada manusia yang pernah luput dari salah dan dosa. Tak…
Doa

Bacaan Doa Saat Melihat Hilal Beserta Artinya

1 Mins read
Facebook Telegram Twitter Linkedin email Pertanda akan masuknya awal bulan Ramadhan adalah terlihatnya hilal. Bulan Ramadhan adalah bulan sangat mulia dan agung…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *