Berbakti kepada Orang Tua, Bagaimana Caranya? - IBTimes.ID
Akhlak

Berbakti kepada Orang Tua, Bagaimana Caranya?

3 Mins read

Berbakti kepada Orang Tua — Untuk kita yang terlahir dari rahim seorang ibu, jangan pernah kita menyerah dalam keadaan apapun sebelum kita mencobanya. Bahkan kita juga tidak tahu apa yang akan terjadi kedepannya nanti. Jangan pernah membedakan keberhasilan orang lain dengan diri sendiri. Setiap anak mempunyai kelebihan dan kekurangan yang berbeda, dan janganlah kita menyalahkan orang tua.

Seharusnya kita jangan pernah berhenti untuk menyayangi dan mencintai keluarga kita, bagaimana caranya. Merekalah yang selalu setia mendampingi kita dalam situasi apapun, baik atau buruknya keadaan.

Kasih sayang orang tua terhadap anaknya sungguh luar biasa, mereka yang selalu memberikan yang semangat untuk anak-anaknya. Tanpa kita sadari, apapun yang mereka lakukan semua hanya demi untuk membahagiakan anak-anaknya.

Tanpa pernah mengeluh sedikit pun, tanpa putus asa, mereka melakukan pengorbanan yang sangat luar biasa demi masa depan anaknya. Mungkin setiap anak pernah melakukan kesalahan atau melakukan hal yang membuat mereka sakit hati. Tapi, mereka hanya bisa meneteskan air mata dan selalu berkata, “Gapapa nak, tapi kamu jangan pernah mengulangi lagi.”

Kasih Sayang Orang Tua dan Baktinya

Begitu besarnya rasa sayang seorang orang tua kepada anaknya dan besarnya rasa kepercayaan yang mereka sadarkan untuk kita. Sehingga orang tua memiliki kesabaran yang luar biasa untuk selalu mengingatkan apa yang telah kita pernah lakukan. Baik itu hal yang berdampak positif, ataupun negatif.

Tidak ada satupun orang tua yang berharap anaknya menjadi anak yang gagal di masa depannya nanti. Orang tua selalu percaya bahwa anak-anaknya akan sukses. Bisa menjadi seorang yang lebih berguna untuk keluarga, bangsa, dan negara. Tidak ada yang lebih mulia dari kasih sayang dan pengorbanan orang tua, jika harus dibandingkan dengan teman atau kekasih.

Baca Juga  Sayyidah Khadijah atau Sayyidah Aisyah: Siapa yang Kita Teladani?

Seseorang bisa saja mempunyai kekasih atau sahabat, tetapi tidak bisa kita pungkiri bawa orang tua adalah dari bagian dari kehidupan kita yang tidak bisa dipisahkan selamanya. Dari detik ini, bisa saja kita ditinggalkan oleh kekasih kita, disakiti teman kita. Tapi kita tidak akan dijauhkan, bahkan dijatuhkan oleh orang tua kita sendiri. Hanya merekalah yang selalu berusaha ada dan selalu melindungi anak-anaknya. Dari segala keburukan yang mungkin berdampak untuk kehidupannya nanti.

Untuk kita yang masih bisa merasakan kasih sayang orang tua, berbahagialah. Bersyukur bagi orang-orang yang mampu berbagi cerita dengan orang tuanya yang tercinta. Orang tua selalu mendoakan yang terbaik untuk anaknya sepanjang waktu. Bahkan ketika kita sukses, mereka tidak akan meminta balasan sedikit pun.

Karena orang tua sudah merasa bahagia melihat apa yang mereka inginkan sudah terkabul. Hargailah setiap waktu yang kalian punya bersama orang tua kalian, jangan pernah kalian melawan atau membuat perasaannya sakit hati dan janganlah kalian menyia-nyiakan kasih sayang dan kepercayaan mereka. Lakukanlah yang terbaik untuk mereka, mulai dari sekarang juga buktikan kasih sayang kita lewat tindakan bukan hanya sekedar omongan.

Dalil Berbakti kepada Orang Tua

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia. Dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.” (QS. Al-Israa’:23)

Doa Mohon Kasih Sayang untuk Orang Tua

وَٱخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ ٱلذُّلِّ مِنَ ٱلرَّحْمَةِ وَقُل رَّبِّ ٱرْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِى صَغِيرًا

Baca Juga  Kisah Abdullah bin Ummi Maktum yang Diabaikan Nabi SAW

“Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: “Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil.””

Penjelasan:

Dalam ayat ini, terdapat doa mohon kasih sayang untuk kedua orang tua. Makna dari doa ini adalah bahwa kita harus berbakti kepada kedua orang tua hingga mereka lanjut usia, bahkan setelah mereka wafat.

Berbakti kepada kedua orang tua bukanlah hal yang berat, seperti yang sudah dilakukan oleh orang tua kita. Kita hanya perlu untuk selalu bertutur kata dengan sopan dan lemah lembut serta hormat kepada mereka. Berbakti juga tidak hanya dengan perkataan, tetapi juga dengan perbuatan dengan membantu dan mempermudah segala urusan orang tua. Serta tidak pernah membantah ketika disuruh oleh mereka.

Seperti yang kita ketahui, saat orang tua mencapai usia lanjut, orang tua akan mengalami kelemahan badan dan pikiran sehingga terkadang mereka sangat menyusahkan. Dalam keadaan tersebut, Allah juga menegaskan untuk tidak membentak orang tua meskipun dengan perkataan yang ringan.

Kita harus melayaninya dengan baik, begitu juga ketika mereka meninggal. Kebaikan kita terhadap orang tua, kita tunjukkan dengan selalu mengirimkan doa.

Cara Berbakti kepada Orang Tua

  1. Meminta sesuatu sesuai dengan kemampuan dan kesanggupan mereka.
  2. Tidak menunjukkan wajah kesal jika keinginannya tidak dipenuhi oleh kedua orang tua.
  3. Tidak bertengkar dengan sesama sudara dengan suara keras, saling membentak sampai berkelahi, sebab hal ini akan menyakiti orang tua.
  4. Menolak mengerjakan sesuatu yang diperintah oleh orang tua dengan suara penolakan yang keras dan wajah ketus masam.
  5. Tidak menggunakan barang orang tua tanpa seizinnya.

Seorang ibu akan terus berjuang melakukan apa saja demi membuat anaknya mendapatkan kebahagiaan dan kasih sayang yang sangat baik. Sedangkan seorang ayah, selalu berusaha keras untuk mencari nafkah, untuk memberi makan dan mencukupi segala kebutuhan anak-anaknya atau keluarga. Dan berbakti kepada orang tua adalah balasan yang harus kita lakukan demi membahagiakan mereka.

Baca Juga  Mewaspadai Tipu Daya Syaitan dalam Surat Al-A'raf

Dan tetaplah kamu seorang anak berbakti kepada kedua orang tuamu. Dengan cara merendah dan tawadhu itu, sebagian dari bentuk kasih sayang kepada mereka dan menambahkan kasih sayangmu kepada keduanya. Baik itu secara doa yang tulus.

Editor: Zahra/Nabhan

Avatar
2 posts

About author
Mahasiswa ITB Ahmad Dahlan Jakarta
Articles
Related posts
Akhlak

Teladan Rasulullah Soal Cinta Tanah Air

4 Mins read
Cinta tanah air adalah naluri di dalam diri manusia, berdetak di hatinya, dan mengalir di dalam darahnya. Meskipun tanah air itu kering…
Akhlak

Bagaimana Islam Memandang Bulliying?

4 Mins read
Dalam hidup, bagi sebagian orang bercanda atau senda gurau adalah sesuatu yang biasa dan wajar-wajar saja. Ada juga yang mengatakan bercanda itu…
Akhlak

7 Cara Mengingat Kematian

4 Mins read
Makna Kematian “Tiap-tiap jiwa akan merasakan kematian dan sesungguhnya pada hari kiamatlah akan disempurnakan pahalamu, barangsiapa yang dijauhkan dari neraka dan dimasukkan…

Tinggalkan Balasan