Lakukan ini Saat Menyambut Bulan Ramadhan! - IBTimes.ID
Akhlak

Lakukan ini Saat Menyambut Bulan Ramadhan!

2 Mins read

Menyambut Ramadhan

Jika kita sebagai hamba selalu memohon untuk terus dipertemukan dengan bulan suci Ramadhan di setiap tahunnya, maka kita juga harus mempersiapkan diri lahir dan batin untuk bertemu dengan bulan tersebut, jangan siap-siap waktu mau ketemu pacar saja ya.

Sesuai firman Allah SWT, agar kita bisa sungguh-sungguh mempersiapkan diri seperti layaknya berkompetisi apalagi untuk hal ibadah seperti puasa Ramadhan ini.

وَفِي ذَلِكَ فَلْيَتَنَافَسِ الْمُتَنَافِسُونَ

 (المطففين: 26)

“Dan untuk yang demikian itu hendaknya orang berloma-lomba.” (QS. Al-Muthaffifiin:26)

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan kita sebagai umat muslim untuk persiapan menjelang datangnya bulan suci Ramadhan. Tidak hanya persiapan pribadi, ternyata ada pula persiapan lain yang perlu dilakukan. Berikut adalah 5 hal yang perlu dilakukan menjelang datangnya bulan suci Ramadhan beserta ulasannya:

1. Meningkatkan Iman dan Takwa

Sebelum memasuki bulan suci Ramadhan, kita diharuskan untuk mengganti puasa yang kita tinggalkan pada bulan Ramadhan sebelumnya. Jika memungkinkan, sebelum bulan Sya’ban harus selesai.

Selain itu, kita bertaubat atas dosa-dosa yang telah diperbuat. Terutama pada saat malam nisfu sya’ban, yakni malam yang memiliki beberapa keistimewaan. Di mana pada malam tersebut, Allah SWT akan memberikan ampunan kepada para hambanya.

Selain itu, malam nisfu sya’ban juga merupakan salah satu waktu yang mustajab untuk berdoa meminta kepada Allah SWT. Dan keistimewaan yang paling dahsyat adalah tersebarnya banyak pahala pada malam tersebut.

Maka dari itu, banyak orang berlomba-lomba mendekatkan diri dengan beribadah, berzikir, dan berdoa di malam nisfu sya’ban. Bahkan, ada yang melaksanakan puasa sunnahnya.

Pada malam tersebut, kita dianjurkan untuk mendekatkan diri kepada Allah dengan berzikir kemudian mengucapkan banyak-banyak istighfar dan berdoa dengan tekun kepada Allah SWT.

Baca Juga  Spiritualitas “Mekanik” di Era Industrialisasi

2. Menyiapkan Fisik dan Mental yang Sehat

Kesehatan fisik maupun mental merupakan hal yang sangat penting dipersiapkan agar ibadah puasa yang sedang dijalani dapat lancar sampai waktu berbuka puasa.

Cara agar kondisi fisik sehat di antaranya adalah dengan berolahraga dan memakan makanan yang bergizi seimbang. Sedangkan untuk mempersiapkan kondisi mental yang sehat, salah satunya adalah dengan mendekatkan diri kita kepada sang pencipta dan menghindari diri dari hal-hal yang membuat stres atau jenuh. Jika kondisi fisik dan mental sehat, maka penyakit tidak akan datang mengganggu aktivitas kita dalam beribadah.

3. Menyediakan Stok Makanan dan Minuman Bergizi

Bahan pangan merupakan kebutuhan primer bagi setiap manusia. Ketersediaan bahan pangan juga berdampak pada aktivitas manusia dalam. Salah satu makanan yang paling hits saat bulan Ramadhan adalah takjil yaitu makanan yang memiliki rasa manis untuk berbuka puasa biasa dijual atau dibagikan di pinggir seperti kolak.

Kurma juga menjadi makanan yang dianjurkan oleh nabi Muhammad Saw saat buka puasa. Bahkan, kurma dijadikan sebagai makanan yang sunah dikonsumsi dalam ibadah puasa.

Sedangkan untuk minuman seperti yang kita ketahui minuman yang paling baik dan menyehatkan adalah air putih. Selain mudah didapatkan air putih juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan insyaallah akan menguatkan kita dalam menjalankan ibadah puasa.

4. Membersihkan dan Merapikan Lingkungan Tempat Tinggal

Kebersihan juga merupakan salah satu hal yang perlu dipersiapkan untuk setiap aktivitas ibadah yang akan kita lakukan. Di dalam hadis, juga telah disebutkan bahwa Allah SWT sangat menyukai kebersihan dan kebersihan juga merupakan sebagian dari iman.  

5. Menyambut dengan Hati yang Gembira

Hal yang paling penting menjelang datangnya bulan Ramadhan adalah menyambutnya dengan perasaan yang gembira tanpa merasa tegang apalagi khawatir seperti saat akan ulangan di kelas.

Baca Juga  Pandemi saat Ramadhan: Sindiran Allah Kepada Hambanya

Bulan Ramadhan adalah bulan suci umat Islam yang dipenuhi dengan berbagai kemuliaan serta kenikmatan. Oleh karenanya, sebagai umat muslim, tidak patut rasanya jika tidak bahagia saat akan bertemu dengan bulan Ramadhan kembali. Justru bulan Ramadhan itu akan sangat dinanti dan didambakan oleh setiap umat muslim.

Allah SWT berfirman,

“Katakanlah: ‘Dengan kurnia Allah dan rahmatNya, hendaklah dengan itu mereka bergembira. Karunia Allah dan rahmat-Nya itu adalah lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan,”(QS. Yunus [10]: 58).

Banyak orang yang berharap agar bisa terus bertemu kembali dengan bulan Ramadhan. Jika kita telah diberi kesempatan untuk itu, maka tidak ada perasaan selain bahagia karena bersyukur bisa kembali bersua dengan bulan Ramadhan.

Editor: Yahya FR

Nurul Fauziyah
2 posts

About author
Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Articles
Related posts
Akhlak

Idulfitri untuk Mengembalikan Autentisitas Diri

3 Mins read
Idulfitri: Mengembalikan Autentisitas Diri Gema takbir malam Idulfitri dari lembah, ngarai, pegunungan di daerah pedusunan, hingga rumah mewah dan gedung mencakar langit…
Akhlak

Berhati-hatilah dalam Memberi Persepsi

3 Mins read
Manusia: Makhluk yang Suka Memberi Persepsi Saat manusia berinteraksi dengan manusia yang lainnya, persepsinya akan ikut menyertai dalam interaksinya. Tentu ada banyak…
Akhlak

Ramadhan, Momentum Gembleng Kesalehan Sosial

3 Mins read
Ramadhan dan Kesalehan Sosial Bulan Ramadhan adalah momen atau kesempatan untuk menyucikan diri, hati dan pikiran. Waktu untuk muhasabah tentang apa saja…

Tinggalkan Balasan