Doa Minta Hujan Lengkap dan Artinya - IBTimes.ID
Doa

Doa Minta Hujan Lengkap dan Artinya

1 Mins read

Cuaca sedang panas-panasnya dan jarang hujan dalam kemarau panjang? Atau sudah musim hujan namun jarang hujan? Tentu kita mengharapkan hujan yang membawa kesegaran, kehidupan, dan berkah. Lalu, bagaimanakah doa minta hujan lengkap dan artinya?

Doa Minta Hujan Lengkap dan Artinya

Hujan merupakan proses panjang dari daur air di bumi. Manusia secara umum dengan teknologi yang ada sekarang dapat merekayasa hujan, namun tentunya membutuhkan biaya yang sangat mahal dan proses yang belum tentu dapat berhasil. Maka, hujan adalah rahmat Allah yang dianugerahkan pada makhluknya. Terlebih lagi setiap makhluk di muka bumi juga mengandalkan hujan sebagai sumber air yang jadi syarat mutlak untuk kehidupan.

Namun, di sisi lain, hujan yang terlalu banyak juga bisa menimbulkan rangkaian bencana. Bencana banjir dan tanah longsor yang dapat memakan banyak korban identik dengan hujan, selain itu, hujan juga erat kaitannya dengan angin ribut. Maka meskipun makhluk hidup senang jika mendapatkan hujan, namun hujan yang dimaksud adalah hujan yang menyegarkan dan menyuburkan, bukan hujan yang merusak dan membahayakan.

Berikut lafal doa minta hujan lengkap beserta artinya:

 اَللَّهُمَّ أَسْقِنَا غَيْثًا مُغِيْثًا مَرِيْئًا مَرِيْعًا، نَافِعًا غَيْرَ ضَارٍّ، عَاجِلاً غَيْرَ آجِلٍ

Allahumma asqinaa ghaytsan, mu’iitsan, marii an marii’a, naafi’an ghayra dhoorrii, ‘aajilan ghayra aajilin

Artinya: “Ya Allah! Berilah kami hujan yang merata, menyegarkan tubuh dan menyuburkan tanaman, bermanfaat, tidak membahayakan. Kami mohon hujan secepatnya, tidak ditunda-tunda.”

***

Demikian doa minta hujan yang dapat kami sajikan. Semoga bermanfaat dan kita senantiasa diberikan hujan yang menyegarkan dan menghidupkan oleh Allah SWT. Doa-doa lain dapat ditemukan di rubrik doa situs web IBTimes.ID.

Editor: Nabhan

Baca Juga  Doa Sebelum dan Sesudah Wudhu Serta Artinya
Redaksi
198 posts

About author
IBTimes.ID - Cerdas Berislam. Media Islam Wasathiyah yang mencerahkan
Articles
Related posts
Doa

Doa untuk Orang Meninggal Laki-Laki dan Perempuan

2 Mins read
Ketika seorang muslim meninggal, baik laki-laki maupun perempuan, kita hendaknya berbicara yang baik dan mendoakannya. Lalu, bagaimanakan doa untuk orang meninggal laki-laki…
Doa

Empat Doa Melancarkan Rezeki

1 Mins read
Sebelum membahas doa melancarkan rezeki/doa rezeki lancar, kita perlu memahami konsep rezeki terlebih dahulu. Rezeki adalah hal yang dinanti oleh siapapun. Ia…
Doa

Doa Shalat Dhuha dan Artinya

1 Mins read
Doa shalat dhuha yang digunakan seorang muslim dan muslimah setelah mengerjakan shalat dhuha. Adapun bacaan doa shalat dhuha dan artinya sebagai berikut….

Tinggalkan Balasan

Mari Kolaborasi
Mari Berkolaborasi bersama kami "IBTimes.ID - Cerdas Berislam" dan para kontributor lainnya untuk memproduksi narasi Islam yang mencerahkan.
Donasi dapat melalui Bank Mandiri 137-00-5556665-3 a.n Litera Cahaya Bangsa