Doa

Doa Supaya Hati dan Pikiran Menjadi Tenang

1 Mins read

Dalam menjalani hidup, salah satu yang perlu kita rawat dan jaga adalah hati dan pikiran. Menjaga hati dan pikiran kita bisa berdampak baik ketika melakukan segala aktivitas-aktivitas keseharian kita, seperti bekerja, berjualan, berdagang, bertani dan lainnya. Bahkan, ketika menuntut ilmu sekalipun hati dan pikiran kita harus dalam keadaan tenang.

Jika hati dan pikiran kita selalu merasa galau, gelisah, resah, hendaklah kita memohon kepada Allah Swt. Salah satunya dengan membaca doa supaya hati dan pikiran kita tenang. Bagaimana bunyi doanya?

Doa Hati dan Pikiran Tenang

Salah satu doa yang bisa kita lafadzkan kala hati dan pikiran tidak aman, nyaman dan resah. Sebagaimana doa yang diriwayatkan oleh Imam Thabrani dari Abu Umamah:

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ نَفْسًا بِكَ مُطْمَئِنَّةً، تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ، وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ، وَتَقْنَعُ بِعَطَائِكَ

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepadaMu jiwa yang merasa tenang kepadaMu, yang yakin akan bertemu denganMu, yang ridho dengan ketetapanMu, dan yang merasa cukup dengan pemberianMu.”

Terkadang banyak faktor yang menyebabkan hati maupun pikiran kita tidak tenang, bisa saja dari internal (diri kita sendiri) maupun dari eksternal (orang lain). Misalnya, merasa tidak cukup dengan nikmat yang kita terima, dan merasa iri dengan banyaknya nikmat orang lain. Sehingga hati dan pikiran kita pun merasa tidak nyaman, tentram dan kepikiran akan hal itu. Dan masih banyak faktor yang lainnya.

Penutup Doa

Adapun untuk berbagai faktor penyebab hati dan pikiran tidak tenang, itu semua kembali kepada diri kita masing-masing. Sejauh mana usaha dan ikhtiar kita dalam menghindari faktor tersebut, sehingga akhirnya mendatangkan ketenangan hati dan pikiran dalam diri kita.

Baca Juga  Doa Ketika Memakai Celana dan Artinya

Sebagaimana firman Allah dalam Al-Qur’an surah ar-Rad ayat 11:

اِنَّ اللّٰهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتّٰى يُغَيِّرُوْا مَا بِاَنْفُسِهِمْۗ

Artinya: “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri”.

Itulah doa ketenangan hati dan pikiran yang bisa kita amalkan, doa yang lain bisa diakses di rubrik doa pada website IBTimes.ID. Semoga bermanfaat.

Editor: Soleh

Print Friendly, PDF & Email
862 posts

About author
IBTimes.ID - Cerdas Berislam. Media Islam Wasathiyah yang mencerahkan
Articles
Related posts
Doa

Inilah Doa Pengganti Sedekah yang Bisa Kamu Baca

1 Mins read
Facebook Telegram Twitter Linkedin email Kadang sedekah seseorang tidak mampu kita bayar dengan sedekah. Mungkin karena keterbatasan materi atau finansial yang kita…
Doa

Baca Doa Ini Saat Memasuki Shaf Shalat Berjemaah

1 Mins read
Facebook Telegram Twitter Linkedin email Salah satu hal penting yang selalu diingatkan oleh seorang imam adalah meluruskan dan merapatkan shaf sebelum shalat…
Doa

Doa Supaya Kamu Terhindar dari Rasa Was-was dan Artinya

1 Mins read
Facebook Telegram Twitter Linkedin email Dalam menjalani segala bentuk aktivitas sehari-hari, tak jarang kita didatangi dan dihantui rasa was-was. Islam dalam mengatasi…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *