IBTimes.ID – Hyung-Jun Kim Guru Besar Antropologi Kangwon National University Korea Selatan menilai bahwa, begitu minimnya kader Muhammadiyah yang berani tampil di dunia maya dengan membawa identitas Muhammadiyah. Salah satu penyebab utamanya adalah kuatnya kultur organisasi dalam menjaga marwah persyarikatan.
Hal ini disampaikan oleh Hyung-Jun Kim dalam forum diskusi MPKSDI Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur bertema ”Citra Muhammadiyah di Dunia Maya: Amatan dari Korea” pada (7/8/23).
“Jadi di Muhammadiyah, aktivisnya susah melontarkan sebuah opini atau gerakan atas nama persyarikatan karena citra organisasi yang terlalu kuat. Sehingga mereka tidak berani bersuara di media sosial atas nama Muhammadiyah tanpa izin atau perintah struktural,” kata Hyung-Jun Kim.
Menurutnya, kebebasan berkreasi adalah kunci menaikkan popularitas di media sosial/dunia maya. Kultur Muhammadiyah yang akademik dan serius juga bisa menjadi hambatan untuk iklim dunia maya yang lebih mengedepankan kejenakaan. Hal ini sangat perlu disadari oleh persyarikatan.
“Ini penting dan sangat perlu dipahami. Muhammadiyah harus mendukung individu-individu yang mau bergerak di dunia maya/ Social Networking Service (SNS) secara struktur. Berikan mereka kebebasan, kreativitas, dan mau menerima apa yang dilakukan oleh aktivis tersebut di dunia maya,” tutur Hyung-Jun Kim.
Muhammadiyah memiliki basis massa yang besar dan Amal Usaha yang banyak dengan varian kegiatan sosial yang beragam dan terus ada. Modal kegiatan sosial ini harusnya bisa menjadi daya tarik besar untuk menaikkan popularitas Muhammadiyah di dunia maya.
Hal ini perlu dipahami oleh Muhammadiyah sebagai upaya adaptasi diri dalam dunia maya. Sebab mengingat rata-rata penggunaan internet warga Indonesia lebih tinggi daripada warga dunia.
Hyung-Jun Kim menyampaikan, bahwa citra Muhammadiyah di media sosial masih kurang kuat jika dibandingkan dengan gerakan nyata yang telah dilakukan di masyarakat pada umumnya.
“Menurut saya orang Muhammadiyah harus menyadari bahwa dunia maya itu sungguh-sungguh penting untuk digunakan dalam berdakwah. Dulu 100 tahun Muhammadiyah lahir dan menyesuaikan diri dengan perkembangan zamannya, maka sekarang juga demikian. Muhammadiyah harus mengikuti arus zaman yang terus berkembang saat ini,” jelasnya.
Hyung-Jun Kim mengatakan, minimnya pesohor dan sosok influencer menyebabkan jangkauan dan citra atau popularitas Muhammadiyah di dunia maya tidak begitu tinggi. Jikalau pun ada kader yang menjadi influencer atau pesohor media sosial, mereka tampil sebagai individu masing-masing yang tidak membawa identitas organisasi.
(Soleh)