Tafsir

Ketika Islam Bicara tentang Obat dan Kesehatan

2 Mins read

Setiap orang pasti pernah mengalami rasa sakit. Sudah tentu, sakit ini merupakan hal yang tidak disukai oleh semua orang.

Islam menjelaskan bahwa setiap penyakit tentu memiliki obat dan solusi. Hal ini disampaikan Rasulullah Saw jauh beberapa abad yang lampau. Dalam Shahih Muslim, di kitab salam, pada bab setiap penyakit ada obatnya diriwayatkan dari Jabir Ra dari Rasulullah Saw bersabda:

عَنْ جَابِرٍ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ لِكُلِّ دَاءٍ دَوَاءٌ فَإِذَا أُصِيبَ دَوَاءُ الدَّاءِ بَرَأَ بِإِذْنِ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ.  رواه مسلم

Dari Jabir Ra dari Rasulullah ﷺ, beliau bersabda, “Setiap penyakit ada obatnya. Apabila ditemukan obat yang tepat untuk suatu penyakit, maka akan sembuhlah penyakit itu dengan izin Allah ‘Azza wa Jalla.” HR. Muslim

Berdasarkan hadis ini, menjawab rasa penasaran setiap insan bahwa penyakit yang diderita seseorang pasti ada penyembuhnya. Namun hal yang masih menjadi pertanyaan, bagaimana Islam melakukan penyembuhan tersebut? Dan penyembuhan bagaimana yang dimaksud? Alangkah baiknya, pembahasan ini dikaji terlebih dahulu dari aspek linguistik.

Dalam KBBI Online kata “sakit”bermakna “rasa tidak nyaman dalam tubuh atau bagian tubuh karena menderita sesuatu (demam, flu, dan sebagainya)”.

Sementara dalam kitab AlMinhaj (Syarah Shahih Muslim) diawali dengan pengkajian secara linguistik. Paragraf pertama dalam syarah hadis berisi penjelasan kata اَلدَّوَاءُ dan ragam penyebutan lainnya.

Penyebutan pertama adalah اَلدَّوَاءُ. Hal ini yang dijadikan pendapat oleh jumhur ulama salaf dan mayoritas ulama kontemporer (khalaf).

Pendapat kedua penyebutannya dengan di baca kasrah اَلدِّوَاءُ. Hal ini yang diucapkan suku Kilab yang merupakan salah satu suku dari bangsa Quraisy. Namun, pendapat kedua dianggap syadz atau menyimpang dari biasanya.

Baca Juga  Toleransi Beragama dalam Membangun Keutuhan NKRI

(لِكُلِّ دَاءٍ دَوَاءٌ فَإِذَا أُصِيبَ دَوَاءُ الدَّاءِ بَرَأَ بِإِذْنِ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ) فهذا فيه بيان واضح؛ لأنه قد علم أن الأطباء يقولون: المرض هو خروج الجسم عن المجرى الطبيعي، والمداواة رده إليه، وحفظ الصحة بقاؤه عليه، فحفظها يكون بإصلاح الأغذية وغيرها، ورده يكون بالموافق من الأدوية المضادة. (المنهاج شرح صحيح مسلم).

Kalimat ini merupakan penggambaran yang jelas. Sebagaimana diketahui para dokter berkata: “Orang sakit itu orang yang dalam kondisi fisiknya keluar dari tabiat yang berjalan.”

Pengobatan merupakan wasilah untuk menolaknya. Sehingga, kesehatan akan tetap terjaga.

Adapun, menjaga kesehatan itu dengan baiknya asupan nutrisi dan hal-hal lain. Penangkal atau penolak rasa sakit itu sesuai obat dengan asupan nutrisi yang melawan rasa sakit.

Berdasarkan paragraf di atas dapat dipahami bahwa kondisi sakit yaitu kondisi fisik seseorang yang keluar dari tabiat yang berlaku. Hal ini sesuai yang dengan yang didefinisikam KBBI. Karena, ketika fisik berjalan dalam kondisi normal, maka tubuhnya dipastikan dalam kondisi sehat.

Islam menganjurkan melakukan pengobatan bagi seorang yang mengidap penyakit. Adapun rahasia agar kembali sehat yaitu ketika obat yang dikonsumsi disertai dengan makanan yang baik.

Makanan yang baik ini sudah tentu makanan yang halal dan thayyib. Jika makanan sudah dipastikan halal dan thayyib, sudah pasti makanan tersebut mengandung kesehatan yang baik.

Berkaitan dengan makanan yang halal dan baik, Allah berfirman dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah: 168 dengan redaksi sebagai berikut:

يٰٓأَيُّهَا النَّاسُ كُلُوا مِمَّا فِى الْأَرْضِ حَلٰلًا طَيِّبًا وَلَا تَتَّبِعُوا خُطُوٰتِ الشَّيْطٰنِ ۚ إِنَّهُۥ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِينٌ

Artinya: “Wahai manusia! Makanlah dari (makanan) yang halal dan baik yang terdapat di bumi dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan. Sungguh, setan itu musuh yang nyata bagimu.” (QS. Al-Baqarah 2: Ayat 168).

Baca Juga  Ketika Al-Qur'an Berbicara Soal Sastra

Hadis di atas juga menjelaskan rahasia agar kita tetap. Yaitu dengan cara menjaga kesehatan dengan makanan yang halal dan thayyib.

Setidaknya, unsur empat sehat dan lima sempurna itu terpenuhi dengan syarat harus halal dan thayyib.

Jika dikaji secara linguistik makna thayyib, maka makanan yang thayyib adalah makanan yang diperoleh dari hasil yang baik. Berasal dari harta yang halal, bukan harta yang haram.

Di samping itu, makanan yang baik dan halal dan thayyib menghasilkan energi dan aliran darah yang positif.

Makanan ini juga harus memenuhi kandungan gizi dan seimbang bila dikonsumsi. Contoh: Nasi disertai lauk, ada buah-buahan, dan dessert. Maka, gizi yang dibutuhkan seseorang akan terpenuhi.

Oleh karena itu, sebagai muslim yang baik harus mampu menjaga kondisi fisik di awal bulan suci Ramadhan ini. Tak lupa disertai kegiatan yang menambah amalan dan kedekatan diri kepada Allah seperti tadarrus untuk mendekatkan diri kepada Allah, agar bulan Ramadhan ini dilewati dengan penuh makna dan kesan yang baik.

Editor: Yahya FR

Aeger Kemal Mubarok
15 posts

About author
Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah
Articles
Related posts
Tafsir

Kontroversi Tafsir Ayat Pernikahan Anak dalam Qur’an

4 Mins read
Pernikahan, yang seharusnya menjadi lambang cinta dan komitmen, kerap kali terjebak dalam kontroversi. Salah satu kasus terbaru yang menarik perhatian publik adalah…
Tafsir

Sepintas Sejarah Gagasan Tafsir Modern di Indonesia

4 Mins read
Pada subbab yang ditulis oleh Abdullah Saeed berjudul “The Qur’an, Interpretation, and the Indonesian Context” merupakan bagian dari bukunya Saeed sendiri, yaitu…
Tafsir

Dekonstruksi Tafsir Jihad

3 Mins read
Hampir sebagian besar kesarjanaan modern menyoroti makna jihad sebatas pada dimensi legal-formal dari konsep ini dan karenanya menekankan pengertian militernya. Uraiannya mayoritas…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This will close in 0 seconds