IBTimes.ID – Kementerian Agama (Kemenag) meluncukan kanal pengaduan bagi jemaah haji yang diberi nama “Jemaah Lapor Gus Men”.
Hal ini disampaikan oleh Tenaga Ahli Menteri Agama Mahmud Syaltout di Madinah pada Minggu (11/6/23).
Kanal ini bertujuan untuk memudahkan jemaah haji menyampaikan permasalahannya selama menjalani prosesi ibadah haji di Arab Saudi.
Dalam kanal tersebut jemaah akan mengisi biodata dan beberapa poin pertanyaan “jemaah bisa lapor kalau ada masalah, bentuknya online. Nanti laporan itu bisa dibaca langsung di dahsboard. Jadi ketahuan titik masalahya di mana, untuk selanjutnya dicarikan solusi,” ujar Syaltout.
Mahmud Syaltout mengatakan, Gus Men telah menegaskan kepada para jemaah agar tidak sungkan melapor ke petugas haji jika menemukan masalah. “Jadi, jemaah tidak perlu khawatir laporannya tidak direspon. Nanti jika sudah tertangani, kita WhatsApp karena di kanal pengaduan itu tercantum nomor telepon pelapor,” tambahnya.
Selain itu, tambah Syaltout, seluruh laporan yang masuk ke kanal pengaduan nantinya akan dipilah terlebih dahulu. “kita lihat mana yang menjadi prioritas untuk segera ditangani,” tegasnya.
Syaltout menyebutkan, apabila laporan tidak tertangani, pihaknya akan memangil pihak-pihak terkait dengan masalah tersebut. “Kalau belum tertangani kita panggil, seperti tahun lalu. Awalnya jemaah yang dilaporkan ketakutan, tapi akhirnya bisa diselesaikan,” ungkapnya.
Bahkan Kemenag memberikan reward atau penghargaan sebesar 100 riyal kepada jemaah haji tersebut. “Kalau jemaah yang melaporkan masalah ternyata tidak ada dalam laporan sektor, berarti kan genuine. Kita berikan penghargaan,” tandasnya.
Sumber: MCH 2023
Editor: Soleh