Kedaulatan Bukan Tujuan, Quran Sebagai Petunjuk Hidup

 Kedaulatan Bukan Tujuan, Quran Sebagai Petunjuk Hidup

Oleh: Prof. Dr. Mr. Kasman Singodimedjo

Pada ayat 23 Surat asy-Syura kita baca: ”Karunia itulah yang disampaikan Allah sebagai berita gembira kepada hamba-hamba-Nya yang beriman dan mengerjakan perbuatan baik. Katakanlah (Hai Muhammad): ”untuk ajakan itu, Aku tidak meminta upah (bayaran) kepada kamu; hanya yang Kupinta kasih sayang dalam kekeluargaan.” Dan siapa yang mengerjakan perbuatan baik, Kami berikan tambahan kebaikan. Sesungguhnya, Allah itu Maha Pengampun Pembalas Kebaikan.”

Karunia Allah untuk Umat Manusia

Perlu dicatat di sini bahwa yang dimaksud oleh Allah dengan ”manusia”itu adalah ”semua manusia,” tanpa terkecuali. Bahkan dengan arti yang luas dari manusia itu adalah ”umat” atau ”bangsa.” Sebab, umat atau bangsa itu toh terdiri dari manusiawi dengan cirinya masing-masing. Antara satu dengan yang lain selalu perlu dan memerlukan.

Lebih tegas, hal ini dapat dibaca dalam Surat al-Baqarah ayat 213: ”Manusia ini adalah umat/bangsa yang satu. Lalu diutus oleh Allah Nabi-nabi, pembawa berita gembira dan yang menyampaikan peringatan, dan diturunkan-Nya bersama mereka Kitab dengan sebenarnya, supaya (Nabi) dapat memberi keputusan bagi manusia dalam perkara yang diperselisihkan. Tetapi yang berselisih itu hanyalah orang-orang yang diberi Kitab dan sesudah datang kepada mereka keterangan yang nyata, karena iri hati antara sesamanya saja, dan Allah dengan kemauan-Nya memimpin orang-orang yang beriman dalam perkara yang mereka pertikaikan itu ke jalan yang benar, dan Allah memimpin siapa yang disukai-Nya ke jalan yang lurus.”

Kedaulatan Bukan Tujuan

Jika kini akan diambil kesimpulan mengenai ”kedaulatan rakyat” atau ”kedaulatan umat,” maka sesungguhnya rakyat atau umat itu tidak dapat dikatakan berdaulat di dalam arti berkuasa penuh. Apalagi rakyat/umat itu tetap saja terdiri dari manusia yang dhaifatau lemah sebagai makhluk. Tetapi tidak saja manusia perorangan, bahkan juga unit manusia yang namanya kaum, umat atau rakyat, diberi kesempatan dan petunjuk untuk menjadi jaya, kuat, sejahtera, dan bahagia di dunia dan di akhirat. Tinggal lagi manusia dan umatnya, mau apa tidak? Sanggup apa tidak?

Tujuan hidup tohbukan berdaulat atau berkuasanya, tapi kebahagiaan/kesejahteraan itulah. Paling-paling kedaulatan/kekuasaan itu hanya alat atau sarana belaka untuk mencapai tujuan tersebut, yaitu kebahagiaan fiddunya wal akhirah. Apa arti berdaulat, tapi tidak berbahagia? Dan akhirnya kebahagiaan itu dapat dipinta kepada dan diterima dari Allah, asal imannya kepada Allah itu mantap dan diisi/dibuktikan dengan amalan yang baik (aamanuu wa ’amilush-shaalihah).

Quran Petunjuk Hidup

Amalan yang baik itu mempunyai segi positif dan segi negatif. Yakni, melaksanakan segala perintah Allah dan menghindari segala larangan Allah. Satu dan lain sesuai dengan kemampuan dan kekuatan yang ada pada diri masing-masing.

Dan petunjuk untuk pengamalan termaksud (positif ataupun negatif) telah pula disediakan/disajikan oleh Allah, betapapun tidak diminta oleh manusia. Bahkan seperti sudah disediakan dan dihidangkan oleh Allah sebagai ”lekker kost zonder onkost” kepada semua manusia dalam bentuk al-Quran yang serba lengkap itu. Masih pula dikirimkan Nabi Muhammad SAW untuk menjadi suri teladan bagi pengamalan Quran dan penjelasan-penjelasannya.

Sumber: artikel “Hal Kedaulatan” ditulis oleh Prof. Dr. Mr. Kasman Singodimedjo dimuat di SM no. 4/Th. Ke-58/1978. Pemuatan kembali di www.ibtimes.idsecara berseri dengan penyuntingan

Editor: Arif


IBTimes.ID - Dihidupi oleh jaringan penulis dan editor yang memerlukan dukungan untuk bisa menerbitkan tulisan secara berkala. Agar kami bisa terus memproduksi artikel-artikel keislaman yang mencerahkan, silakan sisihkan sedikit donasi untuk keberlangsungan kami.

Transfer Donasi ke
Mandiri 137-00-5556665-3
A.n Litera Cahaya Bangsa

Avatar

RedaksiIB

IBTimes.ID - Kanal Moderasi Islam

Related post

3 Comments

    Avatar
  • I just want to tell you that I’m newbie to blogs and absolutely enjoyed your blog site. Very likely I’m planning to bookmark your website . You amazingly come with great well written articles. Appreciate it for revealing your web site.

  • Avatar
  • Your location is valueble for me. Thanks !?

  • Avatar
  • I really got into this article. I found it to be interesting and loaded with unique points of interest. I like to read material that makes me think. Thank you for writing this great content.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.