Perspektif

Kenapa UAS sampai “Dicekal” di UGM?

3 Mins read

Oleh: M. Najib Azca, Guru Kecil di UGM

Mengapa UAS ‘dicekal’ berceramah di Kampus Biru UGM?

Beberapa waktu lalu beredar kabar ramai tentang ‘pencekalan’ acara Kuliah Umum yang sedianya akan diberikan oleh penceramah Ustad Abdul Somad (UAS) di kampus UGM. Beraneka ragam jawaban dan spekulasi muncul untuk pertanyaan sederhana itu.

Kita bisa mulai dari jawaban ringan (dan bergaya humor). Bahwa UAS ditolak di UGM karena saat ini waktunya UTS. Maksudnya: belum saatnya UAS (Ujian Akhir Semester) karena memang sekarang saatnya UTS (Ujian Tengah Semester). Hehehe.

Ada jawaban lebih rumit seperti yang disampaikan oleh Humas UGM. Pembatalan acara UAS di kampus UGM “dilakukan untuk menjaga keselarasan kegiatan akademik dan kegiatan nonakademik dengan jati diri UGM,” ujar Dr. Iva Ariani, Humas UGM, seperti dikutip CNN online (9/10/2019: 16.56). Tidak begitu terang yang dimaksudkan dosen Filsafat UGM tersebut ihwal ‘keselarasan akademik dan non-akademik’ dengan acara menghadirkan UAS itu.

Tapi tampaknya itu terkait dengan acara Kuliah Umum yang biasanya disampaikan oleh sosok akademisi bereputasi tinggi, namun kali ini disampaikan ‘hanya’ oleh seorang ustad. Bahkan Prof. Heddy Shri Ahimsa-putra, guru besar antropologi UGM penulis buku “Paradigma Profetik Islam: Epistemologi, Etos & Model” yang semula dipasangkan sebagai ‘panelis’ bersama UAS, belakangan mengundurkan diri.

Dalam sebuah pesan yang beredar, ia menyatakan bahwa pengunduran dirinya terkait dengan perubahan statusnya dalam acara itu; dari semula sebagai ‘panelis’ dalam seminar bertopik “Islam dan Ilmu Pengetahuan” ternyata digeser menjadi ‘pemberi prolog’ untuk tabligh akbar oleh UAS. Prof. Ahimsa menolak untuk diberi peran sebagai “band pembuka” (begitu istilah yang dipakainya).

Otoritas Keilmuan UAS?

Baca Juga  Al-Hikmah Al-Muta’âliyah, Gagasan Filosofis Mulla Sadra

Apakah tidak pantas UAS memberikan Kuliah Umum bertema “Islam dan Ilmu Pengetahuan” di kampus bereputasi internasional seperti UGM?

Ketua Badan Pengelola Masjid UGM, Drs. Mashuri Maschab, SU, menyatakan bahwa menurutnya UAS termasuk sosok yang memiliki kapasitas dan kompetensi untuk membicarakan hal tersebut. Orang tentu bisa mendebat pendapat tersebut, khususnya dalam topik “Islam dan Ilmu Pengetahuan”.

Ustadz Abdul Somad Batubara, Lc, MA, tak diragukan lagi seorang penceramah hebat. Acara ceramah di berbagai penjuru tanah air selalu dibanjiri oleh khalayak hingga berjumlah puluhan ribu. Lulusan S1 dari Universitas Al Azhar dan S2 dari Darul Hadits Al Hasaniyah Maroko ini memiliki kecakapan berpidato yang mampu memukau dan mempesona khalayak luas. Sejumlah ceramahnya di YouTube telah ditonton jutaan pemirsa. Meski secara kultural NU, namun UAS bisa diterima dan memiliki pengikut dari berbagai aliran Islam.

Namun, apakah itu jaminan bagi reputasi keilmuan UAS? Tampaknya tidak. Beberapa waktu lalu beredar petikan rekaman ceramahnya yang membahas hukum agama menggunakan parfum yang mengandung alcohol. Dalam rekaman video tersebut, UAS menyampaikan mengenai haramnya parfum yang sebagian besar berbahan dasar hewani, khususnya daging babi. Pendapat UAS tentang alcohol yang terbuat dari minyak babi ini tampaknya jauh dari basis ilmu pengetahuan dan lebih banyak berbasis prasangka semata.

Selain lemahnya kredibilitas keilmuan UAS, argument lain penolakan UAS terkait dengan sejumlah ceramahnya yang dianggap mengandung ‘ujaran kebencian’. Salah satu ceramahnya yang sempat viral berisi adanya ‘jin kafir’ yang bersembunyi di palang Salib dianggap sebentuk ‘penistaan’ terhadap agama lain. Nah, hal ini tampaknya dianggap tidak selaras dengan prinsip kebebasan akademik dan budaya toleransi yang dikembangkan oleh UGM.

Baca Juga  Dalam Beragama, Menghafal itu (Tidak) Penting?

Otoritas Kampus
Apakah hal tersebut cukup menjadi alasan untuk ‘mencekal’ UAS di kampus UGM? Nah, di sini saya kurang sepakat dengan urusan ‘cekal-mencekal’ di lingkungan kampus. Meski barangkali tidak tepat mengundang UAS untuk berbicara dalam acara bercorak akademik, tampaknya pimpinan UGM perlu menahan diri untuk mudah melakukan praktek pelarangan berbasis otoritas kampus.

Penggunaan otoritas pimpinan universitas untuk melarang dan membatasi kegiatan yang dilakukan civitas academica di lingkungan kampus bisa menjadi ‘pintu pembuka’ bagi menguatnya praktek otoriterisme di kampus. Hal yang mirip terjadi saat pimpinan UGM melakukan sensor terhadap media mahasiswa Balairung yang melakukan liputan kritis mengenai pemilikan tanah yang sewenang-wenang di Yogyakarta dan diduga melibatkan pihak Kraton Yogyakarta (Tempo, 19 Agustus 2019).

Sebaiknya, yang perlu dilakukan pimpinan UGM melakukan ‘intervensi’ untuk membuat acara di dalam kampus lebih berkarakter akademis, bukan sekadar pengumpulan massa besar namun minim refleksi dan diskusi kritis. Maka mari sandingkan UAS atau ulama lainnya dengan Gus Baha’ atau Ulil Abshar Abdalla atau Nadirsyah Hosen atau lainnya dalam sebuah forum diskusi akademik yang bermutu. Tampaknya itu lebih tepat dan bermartabat sebagai lembaga ilmiah.

Syukurlah, Humas UGM sudah menyatakan bahwa pimpinan UGM ‘tidak melarang UAS untuk masuk kampus’. Seperti diberitakan oleh detikcom (10/10/2019): “Batalkan Kuliah Umum, UGM Janji Akan Undang UAS di Kemudian Hari.” Artinya, bukan sosok UAS sebagai ceramah agama yang ‘masuk daftar cekal’ namun format acara yang lebih berwatak ilmiah lah yang dikehendaki untuk digelar di Kampus Biru. Jadi bukan event mobilisasi massa yang bercorak monolog ala tabligh akbar, melainkan event diskusi dan refleksi kritis yang sarat dialektika argumen dan opini.

Baca Juga  Ekologi Transendent: Eksposisi Islam Berbasis Ekologis

Atau ‘pencekalan’ UAS masih terkait dengan drama pasca Pilpres 2019? Entahlah. Tampaknya sih tidak—dan semoga memang tidak. Namun sejumlah tokoh di balik kontestasi politik keras dalam Pilpres 2019 tampaknya memang belum bisa ‘move on’ dan terus membaca dan merespon perkembangan terkini masih terkait dengan “perang badar” dalam Pilpres 2019 yang mungkin masih bakal berlanjut di palagan politik 2024.

Pimpinan UGM tampaknya memang perlu menyegarkan dan membebaskan pengelolaan kampus dan tempat ibadah agar imun dari ‘virus politik’ yang belum juga mampu hengkang dari narasi lama perseteruan ‘01’ versus ‘02’ atawa ‘cebong’ lawan kampret yang jelas jauh dari penggunaan akal sehat dan keadaban politik.

Jika tidak?

Selamat tinggal UGM sebagai kampus demokrasi, akal sehat dan keadaban politik.

Selengkapnya https://alif.id/read/na/mengapa-ustaz-abdul-somad-dicekal-ugm-b223714p/

1005 posts

About author
IBTimes.ID - Cerdas Berislam. Media Islam Wasathiyah yang mencerahkan
Articles
Related posts
Perspektif

Tiga Tipologi Aktualisasi Diri Anak Muda: Tentang Aktivisme dan Pendidikan

4 Mins read
Menjadi aktivis Muhammadiyah yang kuliah di kampus Muhammadiyah itu rasanya menyenangkan. Apalagi mendapatkan beasiswa penuh dari Muhammadiyah. Ditambah dengan bantuan dana ketika…
Perspektif

Indonesia Berkemakmuran, Kemakmuran untuk Semua

4 Mins read
Menyongsong Milad ke-112 tahun ini, Muhammadiyah mengambil tajuk “Menghadirkan Kemakmuran untuk Semua”, tema yang sama juga akan digunakan sebagai identitas acara Tanwir…
Perspektif

Refleksi Milad ke-112 Muhammadiyah: Sudahkah Dakwah Muhammadiyah Wujudkan Kemakmuran?

3 Mins read
Beberapa hari yang lalu, ketika ibadah Jumat, saya kembali menerima Buletin Jumat Kaffah. Hal ini membawa saya pada kenangan belasan tahun silam…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This will close in 0 seconds