RS PKU Muhammadiyah Gamping Bersertifikat SIRSMA - IBTimes.ID
News

RS PKU Muhammadiyah Gamping Bersertifikat SIRSMA

1 Mins read

Yogyakarta, IBTimes.Id.RS PKU Muhammadiyah Gamping telah tersertifikasi Standar Islami Rumah Sakit Muhammadiyah Aisyiyah (SIRSMA) pada tahun 2019. Salah satu komponen yang harus terpenuhi adalah membentuk dan memberikan layanan kepada masyarakat luas berupa Klinik Keluarga Sakinah,” demikian disampaikan  dr H Ahmad Faesol, SpRad, MKes, MMR, Direktur Utama RS PKU Muhammadiyah Gamping, dalam acara peresmian Klinik Keluarga Sakinah belum lama ini (17/2).  

“Klinik milik RS PKU Muhammadiyah Gamping ini dibangun dengan  tujuan  untuk  memfasilitasi kebutuhan anak dan ibu dalam satu pintu, agar lebih nyaman. Upaya pengerjaan dan persiapannya cukup singkat, supaya bisa dapat difungsikan segera sehingga bila terdapat hal-hal yang belum sempurna, maka akan disempurnakan secara bertahap,” katanya Ahmad Faesol.

Sertifikasi SIRSMA

Dalam penjelasannya, Ahmad Faesol mengemukakan bahwa RS PKU Muhammadiyah Gamping telah tersertifikasi Standar Islami Rumah Sakit Muhammadiyah Aisyiyah. Salah satu komponen yang harus terpenuhi adalah membentuk dan memberikan layanan kepada masyarakat luas berupa Klinik Keluarga Sakinah.

Klinik Keluarga Sakinah ini, jelas Faesol, memberikan pelayanan dalam beberapa hal, di antaranya yaitu, pertama: pelayanan kesehatan pada ibu hamil. Kedua, mempersiapkan pembentukan keluarga atau mengawali pernikahan dengan memberikan layanan konsultasi memasuki kehidupan berkeluarga secara baik dan sehat bagi calon pengantin, konsultasi imunisasi bagi calon ibu. Sedangkan untuk layanan kesehatan bagi bayi adalah dengan memantau kesehatan bayi sejak dalam kandungan, memberikan imunisasi untuk kekebalan tubuh, memantau perkembangan tumbuh kembang bayi yang didasari dengan ilmu-ilmu medis yang bisa dipertanggungjawabkan.

Faesol juga menambahkan, dalam menjaga hubungan yang baik antara ibu dan bayinya, Klinik Keluarga Sakinah memberikan layanan pendampingan bagi ibu yang baru mempunyai pengalaman pertama dengan bayinya. Memberikan layanan konsultasi terkait dengan fikih ibadah, permasalahan perempuan  mengenai haid, nifas, menyusui, dan lain-lain. “Harapannya, kita berkeinginan bisa membantu permasalahan yang ada di masyarakat sekitar, terutama yang dialami oleh pasien-pasien kita agar mempunyai solusi yang selaras sesuai dengan tuntunan agama Islam,” pungkasnya.

Baca Juga  Rapat Pleno Online, PP Muhammadiyah Putuskan Tunda Muktamar 2020

Milad RS PKU Muhammadiyah Gamping

Peresmian Klinik Keluarga Sakinah pada hari ini Senin, 17 Februari adalah serangkaian kegiatan milad ke-11 RS PKU Gamping yang berada di Jalan Wates Km 5,5 Ambarketawang, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Peresmian dibuka  dengan pemotongan pita oleh H Budi Setiawan, ST selaku Badan Pembina Harian RS PKU Muhammadiyah Gamping yang disaksikan  jajaran direksi, para pejabat struktural, dokter, serta civitas hospitalia RS PKU Muhammadiyah Gamping.

Reporter: Ratna Purwiyati

Editor: Arif

Avatar
1023 posts

About author
IBTimes.ID - Cerdas Berislam. Media Islam Wasathiyah yang mencerahkan
Articles
Related posts
News

Ketua MTA Ahmad Sukina Meninggal Dunia

1 Mins read
IBTimes.ID – Ketua Umum Majelis Tafsir Al-Quran (MTA) Ahmad Sukina meninggal dunia, Kamis (25/2/2021), di RSUD dr. Moewardi Solo. “Innalillahi wainna ilaihi…
News

Sejak Tahun 2019, Sekolah di Arab Saudi Mulai Ajarkan Filsafat dan Critical Thinking!

1 Mins read
Departemen Pendidikan Arab Saudi mulai menerapkan kurikulum baru yang memuat filsafat dan critical thinking sebagai mata pelajaran yang bakal diajarkan di sekolah menengah atas…
News

Magelang Punya Kajian Dialektika

2 Mins read
IBTimes.ID – “Membaca Magelang, Membaca Untuk Indonesia” adalah tema yang dibahas dalam kajian kedua “Dialektika” ini (13/02/2021) di Pendopo Sudirman Satu, Jl….

Tinggalkan Balasan

Mari Kolaborasi
Mari Berkolabari bersama kami "IBTimes.ID - Cerdas Berislam" dan para kontributor lainnya untuk memproduksi narasi Islam yang mencerahkan.
Donasi dapat melalui Bank Mandiri 137-00-5556665-3 a.n Litera Cahaya Bangsa