Perspektif

Sebuah Upaya Mewujudkan Moderasi Beragama di Indonesia

4 Mins read

Globalisasi mempengaruhi hampir semua aspek yang ada pada masyarakat, termasuk diantaranya aspek kearifan lokal. Pada era globalisasi, budaya-budaya dunia saling berbagi dan berebut pengaruh. Sehingga terjadi dengan sangat cepat dan mudah, seperti melipat kertas dalam istilah Yasraf Amir Piliang. Mengingat globalisasi adalah sebuah keniscayaan yang tidak dapat dihindari, yang harus dilakukan menurut Qodri Azizy, adalah respon, bukan lari menjauhi.

Di era globalisasi, masyarakat dihadapkan pada tantangan yang lebih kompleks, seperti mempertahankan kearifan lokalnya. Betapa pengaruh globalisasi sangat cepat. Secara fundamental dengan mengacak-acak pola tatanan lama dan mendorong munculnya tatanan baru akibat kemajuan teknologi informasi dan komunikasi.

Menjaga Jati Diri Bangsa

Masyarakat Indonesia jangan sampai tergerus jati dirinya, sebagai bagian dari jati diri bangsa Indonesia yang berkearifan lokal. Hal ini karena jati diri sebuah bangsa amat menentukan sejauh mana eksistensi sebuah bangsa mampu bertahan. Maka yang diperlukan di zaman globalisasi ini adalah membangun bangsa sekaligus karakternya (nation and character building). Keduanya, yaitu membangun bangsa dan membangun karakter. Ibarat satu koin dengan dua sisi yang menyatu, tidak bisa dipisahkan antara satu dengan yang lain.

Membangun bangsa harus disertai dengan membangun karakternya, dan demikian pula sebaliknya. Membangun karakter juga berarti merawat kearifan lokal sebagai bagian dari jati diri bangsa. Salah satu tantangan masyarakat Indonesia dalam bidang keberagaman (religiosity) adalah kondisi yang berhadap-hadapan antara radikalisme religius dengan radikalisme sekuler di tengah kehidupan beragama yang sejatinya bersifat moderat.

Tradisi asli masyarakat Indonesia sejatinya bersifat ramah dengan kearifan lokal (local wisdom) yang akomodatif.  Hal tersebut antara lain dapat dilihat dari kesan umum bahwa masyarakat negeri ini pada dasarnya adalah masyarakat yang ramah dan santun. Pada saat yang sama masyarakat negeri ini memiliki kearifan lokal (local wisdom yang akomodatif dan terbuka.

Baca Juga  Festival HAM 2023: Merayakan HAM, Inklusivitas, dan Toleransi

***

Sejarah membuktikan bahwa banyak manusia, dengan ras yang berbeda, masuk ke Indonesia sebelum menggemanya globalisasi, dengan selamat dan disambut dengan gembira oleh masyarakat negeri ini. Dapat dicatat di antaranya, orang Arab, Eropa, Cina, Persia, dan sesama orang Asia Tenggara. Meskipun berikutnya orang Eropa, Portugis, Belanda, Inggris, dan Jepang melakukan kolonialisme ratusan tahun.

Dengan kenyataan itu dapat diketahui bahwa sebenarnya radikalisme religius dan radikalisme sekuler merupakan paham import. Sementara corak keberagamaan yang asli masyarakat Indonesia adalah moderat. Corak beragama moderat yang sejatinya dimiliki masyarakat Indonesia itu bersifat substantif, genuine, dan natural. 

Hal tersebut tentu saja karena masyarakat Indonesia memiliki watak ramah dan lembut serta kearifan yang akomodatif, seperti disebut di muka. Sehingga pada etnis dan wilayah tertentu solusi bagi akulturasi  terhadap kedatangan agama disambut dengan semangat sinkretisme sebagaimana terlihat pada sebagian  masyarakat Jawa, masyarakat Batak, masyarakat Aceh, dan lain-lain.

Pada umumnya masyarakat beragama di Indonesia, khususnya masyarakat Islam yang dianut mayoritas penduduk memiliki komitmen yang kuat pada agama. Bahkan dalam tingkat tertentu memiliki fanatisme keagamaan yang tinggi. Namun pada saat yang sama, penduduknya memiliki komitmen yang kuat pada tradisi dan adat istiadatnya.

Kearifan Lokal sebagai Benteng Moderasi Beragama

Dalam kaitannya dengan kearifan lokal dan keberagamaan, masyarakat Indonesia memiliki tiga kondisi yang khas. Pertama, masyarakat Indonesia, khususnya di pedesaan adalah masyarakat yang berpegang teguh pada tradisi dan adat istiadat yang telah lama diturunkan oleh nenek moyang mereka.

Kedua, masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang taat pada ajaran agama mereka. Hal tersebut antara lain terlihat pada perumusan negara yang merupakan prestasi anak-anak negeri memadukan antara demokrasi dengan agama, seperti terlihat pada falsafah dan konstitusi negara.

Baca Juga  Lima Jalan Pencerahan Hidup Buya Syafii

Ketiga, masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang  memiliki relasi yang luas, baik antar budaya masyarakat yang ada di Indonesia, maupun antara masyarakat Indonesia dengan masyarakat dunia akibat kelancaran komunikasi dan transportasi, serta relasi disebabkan kegiatan ekonomi dan pendidikan.

Namun relasi dan pengalaman berkomunikasi dengan masyarakat lain ternyata menjadi pintu masuk bagi corak pemahaman agama dan budaya lain. Meskipun daerah ini memiliki kearifan lokal yang menyebabkan penduduknya bersikap ramah dan akomodatif, namun sangat dimungkinkan bila sikap ramah dan akomodatif tersebut tergerus akibat gempuran kecenderungan keberagamaan yang bersifat radikal bisa jadi tradisi masyarakat tersebut dapat menyebabkan munculnya radikalisme liberal.

***

Kecenderungan terhadap hal itu dapat dilihat dalam berbagai kasus radikalisme dalam hubungan antar agama. Sebagian diantaranya adalah terjadinya peristiwa pembakaran Gereja di Aceh Singkil beberapa tahun yang lalu. Di samping itu, dapat pula terlihat pada sejumlah keberatan masyarakat terhadap upacara keagamaan Hindu yang dilakukan di Candi Bahal Portibi Padang Lawas Utara Sumatera Utara, dan lain-lain.

Pada sisi lain, terjadi pula berbagai penistaan terhadap agama di berbagai tempat. Di antaranya di Jakarta, di Tanjung Balai Sumatera Utara, dan tempat-tempat lain. Demikian pula terjadinya berbagai kesulitan dalam pendirian rumah ibadah di berbagai tempat di Indonesia.

Meskipun tidak dapat disimpulkan bahwa peristiwa itu dilatarbelakangi oleh ekstrimisme dan radikalisme beragama serta radikalisme sekuler, namun dalam upaya pencegahan terhadap radikalisme beragama maka  kajian mengenainya menjadi sangat penting.

Akan tetapi, fenomena radikalisme dan ekstrimisme beragama tidak sampai mengoyak kesatuan bangsa Indonesia. Karena selain nilai-nilai kerukunan yang diajarkan oleh agama-agama yang ada, juga karena nilai-nilai kearifan lokal yang dimiliki bangsa Indonesia.

Baca Juga  Demokrasi Indonesia di Titik Nadir

Jalan Mewujudkan Moderasi Beragama

Jika diyakini atau diduga keras bahwa salah satu faktor penting dalam sikap moderat beragama adalah adat istiadat dan kearifan lokal (local wisdom), maka adalah keniscayaan untuk mengetahui kontribusi kearifan lokal sebagai faktor yang mendorong dan menjadi jalan terwujudnya moderasi beragama di Indonesia.

Upaya mewujudkan moderasi beragama melalui kearifan lokal tidak terlepas dari faktor penghambat dan penunjang. Faktor penghambat moderasi beragama selain warisan politik penjajah juga fanatisme dangkal. Adanya sikap kurang bersahabat, cara-cara agresif dalam dakwah agama yang ditujukan kepada orang yang telah beragama, pelarangan pendirian tempat ibadah tanpa mengindahkan peraturan perundang-undangan yang berlaku, dan pengaburan nilai-nilai ajaran agama antara suatu agama dengan agama lain.

Faktor-faktor pendukung dalam upaya kerukunan hidup beragama antara lain adanya sifat bangsa Indonesia yang religius. Adanya nilai-nilai luhur budaya yang telah berakar dalam masyarakat seperti gotong royong, saling hormat menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai dengan agamanya, kerjasama di kalangan internal umat beragama, antar umat beragama dan antar umat beragama dengan pemerintah.

Editor: Soleh

Ahmad Muhajir
6 posts

About author
Dosen Departemen Sejarah, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas.
Articles
Related posts
Perspektif

Moderasi Hilirisasi Haji

3 Mins read
Dalam beberapa tahun terakhir, hilirisasi haji telah menjadi sorotan penting di Indonesia. Berangkat dari visi untuk memberikan pelayanan haji yang berkualitas dan…
Perspektif

AI dan Masa Depan Studi Astronomi Islam

4 Mins read
Kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) merupakan program komputer yang dirancang dan dihadirkan untuk dapat meniru kecerdasan manusia, termasuk kemampuan pengambilan keputusan,…
Perspektif

Pendidikan sebagai Dasar Pembentuk Nilai Hidup

3 Mins read
“Pendidikan (opvoeding) dan pengajaran (onderwijs) merupakan usaha persiapan dan persediaan untuk segala kepentingan hidup manusia, baik dalam hidup bermasyarakat maupun hidup berbudaya…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This will close in 0 seconds