Siapakah Orang Yang Paling Merugi di Akhirat Kelak

 Siapakah Orang Yang Paling Merugi di Akhirat Kelak

Ilustrasi. Sumber: TurnBackHoax

Di akhirat kelak, orang yang menzhalimi saudaranya, maka amal baiknya akan diberikan kepadanya. Kalau amal baiknya habis, maka dosa saudaranya yang akan dikasihkan kepadanya benarkah demikian?

Jawaban:

Benar. Hal ini berdasarkan pada hadis nabi berikut:

قَالُوا الْمُفْلِسُ فِينَا مَنْ لاَ دِرْهَمَ لَهُ وَلاَ مَتَاعَ، فَقَالَ إِنَّ الْمُفْلِسَ مِنْ أُمَّتِي يَأْتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ بِصَلاَةٍ وَصِيَامٍ وَزَكَاةٍ وَيَأْتِي قَدْ شَتَمَ هَذَا وَقَذَفَ هَذَا وَأَكَلَ مَالَ هَذَا وَسَفَكَ دَمَ هَذَا وَضَرَبَ هَذَا فَيُعْطَى هَذَا مِنْ حَسَنَاتِهِ وَهَذَا مِنْ حَسَنَاتِهِ فَإِنْ فَنِيَتْ حَسَنَاتُهُ قَبْلَ أَنْ يُقْضَى مَا عَلَيْهِ أُخِذَ مِنْ خَطَايَاهُمْ فَطُرِحَتْ عَلَيْهِ ثُمَّ طُرِحَ فِي النَّارِ – رواه مسلم

Dari Abu Hurairah ra berkata, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, ‘Tahukah kalian siapakah orang yang muflis (bangkrut) itu? Para sahabat menjawab, ‘Orang yang muflis (bangkrut) diantara kami adalah orang yang tidak punya dirham dan tidak punya harta.’ Rasulullah SAW bersabda, ‘Orang yang muflis (bankrut) dari umatku adalah orang yang datang pada hari kiamat dengan (pahala) melaksanakan shalat, menjalankan puasa dan menunaikan zakat, namun ia juga datang (membawa dosa) dengan mencela si ini, menuduh si ini, memakan harta ini dan menumpahkan darah si ini serta memukul si ini. Maka akan diberinya orang-orang tersebut dari kebaikan-kebaikannya. Dan jika kebaikannya telah habis sebelum ia menunaikan kewajibannya, diambillah keburukan dosa-dosa mereka, lalu dicampakkan padanya dan ia dilemparkan ke dalam neraka. (HR. Muslim, Turmudzi & Ahmad)

Jadi, orang yang menzhalimi saudaranya di dunia, kelak dia akan menjadi orang yang sangat rugi. amal baiknya bisa habis, dan bahkan ia bisa mendapatkan dosa saudaranya.

Wallahu a’lam

(Ustadz Wahyudi Abdurrahim, Lc., M.M)

Selengkapnya: Tanyajawabagama.com

Avatar

RedaksiIB

IBTimes.ID - Kanal Moderasi Islam

Related post

3 Comments

    Avatar
  • Mudah²an terhindar dari hal-hal yang demikian.

  • Avatar
  • I simply want to tell you that I am just newbie to blogs and honestly savored you’re page. Likely I’m likely to bookmark your website . You certainly have great writings. Cheers for sharing your website.

  • Avatar
  • When I originally commented I clicked the -Alert me when brand-new comments are added- checkbox and currently each time a comment is included I obtain four emails with the exact same remark. Is there any way you can remove me from that service? Thanks!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.