M Wirsyan Hasan, Pendiri IPM Tutup Usia - IBTimes.ID
News

M Wirsyan Hasan, Pendiri IPM Tutup Usia

1 Mins read

IBTimes.ID – Muhammad Wirsyan Hasan, pendiri sekaligus Sekretaris Umum pertama Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) meninggal dunia pada hari Sabtu (20/3) pukul 21.15 WIB di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Ia meninggal dalam usia 78 tahun.

Di periode pertama IPM, almarhum menjabat sebagai Sekretaris Umum dengan ketua Helmi Farid Ma’ruf. Sedangkan di periode kedua almarhum menggantikan Helmi menjadi Ketua Umum.

Menurut keterangan Sukriyanto AR, cucu Kiai Haji Ahmad Dahlan ini juga pemilik ide lambang IPM dan memilih Surat Al-Qolam ayat 1 sebagai semboyan IPM. Lambang dan semboyan IPM dari usulan Wirsyan inilah yang masih dipakai hingga sekarang.

“Mas Wirsyan Hasan itu yang menggagas lambang IPM, beliau juga yang memunculkan motto “nun wal qalami wa ma yasthurun” lewat diskusi yang panjang, akhirnya diterima. Semoga menjadi amal kebaikannya,” ujar Sukriyanto.

Selama di IPM, ia adalah seorang administrator handal yang tidak banyak bicara. Menurut Ketua MDMC PP Muhammadiyah Budi Setiawan, ia adalah pribadi tekun.

“Mendirikan organisasi pada masa itu tentu bukan hal yang mudah, apalagi bagi seorang sekretaris. Tapi ia tekun menggerakkan roda organisasi di masa awal,” ujar Budi ketika dihubungi IBTimes.

Selain itu, menurut Budi, Wirsyan adalah pribadi yang santun sekalipun tidak banyak bicara.

Ia menikah dengan almarhumah Ibu Wasim dan menghasilkan 5 orang putra. Antara lain Nafian, Inayati, Maya Husna, Iwan, dan Adrian.

Ia bekerja sebagai PNS di Yogyakarta, namun kemudian pindah ke Jakarta. Setelah pensiun dari PNS, ia kembali ke kampung halaman di Yogyakarta.

Reporter: Yusuf

Baca Juga  Fikih Muhammadiyah, Apa Bedanya dengan yang Lain?
Redaksi
221 posts

About author
IBTimes.ID - Cerdas Berislam. Media Islam Wasathiyah yang mencerahkan
Articles
Related posts
News

Menag Yaqut: Hukum Penista Agama Apapun di Indonesia!

1 Mins read
IBTimes.ID – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyerukan menghukum penista agama apapun di Indonesia. Hukuman penista agama diminta tidak pandang bulu. Gus Yaqut mendorong polisi…
News

3 Program Utama Lazismu di Ramadhan 1442 H

2 Mins read
IBTimes.ID – Ramadhan adalah bulan suci yang penuh berkah, di dalamnya terdapat energi positif untuk meningkatkan spiritual umat dalam melaksanakan berbagai kegiatan…
News

Diresmikan Benyamin Davnie, Kantor Layanan LazisMu Tangsel Siap Beroperasi

1 Mins read
Lazismu Berikan Sumbangsih yang Nyata IBTimes.ID, Tangerang Selatan – Sejak didirikan oleh PP Muhammadiyah tahun 2002, LAZISMU telah menjadi salah satu lembaga…

Tinggalkan Balasan

Mari Kolaborasi
Mari Berkolaborasi bersama kami "IBTimes.ID - Cerdas Berislam" dan para kontributor lainnya untuk memproduksi narasi Islam yang mencerahkan.
Donasi dapat melalui Bank Mandiri 137-00-5556665-3 a.n Litera Cahaya Bangsa