News

Seminar Pra Muktamar di UMY: Kemandirian Ekonomi Berbasis Filantropi

1 Mins read

Yogyakarta, IBTimes.Id. Sampai saat ini, arsitektur dan ekosistem filantropi yang dapat menjadi pengembang ekonomi Muhammadiyah belum dioptimalkan pelaksanaannya. Muhammadiyah hingga kini belum memiliki skema yang kuat dan komprehensif bagaimana merumuskan Kemandirian Ekonomi warga yang berbasis Filantropi Islam. Atas dasar inilah, Pimpinan Pusat Muhammadiyah menggelar Seminar Nasional Pra Muktamar pada hari ini (Sabtu, 15/2) di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Ekonomi Berbasis Filantropi

Dalam rilis yang diedarkan panitia disebutkan bahwa Muhammadiyah adalah organisasi masyarakat sipil yang memliki potensi filantropi dan ekonomi yang cukup besar. Potensi filantropi dapat digali dari jamaah dan para simpatisan Muhammadiyah serta dari para pegawai yang bekerja di ribuan Amal Usaha Muhammadiyah, mulai dari rumah sakit, sekolah, perguruan tinggi, dan kantor-kantor lainnya milik Muhammadiyah.

Tak hanya itu, potensi ekonomi juga datang dari praktik wakaf yang saat ini menjadi salah satu fondasi gerakan Persyarikatan Muhammadiyah. Namun demikian, hingga saat ini, arsitektur dan ekosistem filantropi yang dapat menjadi pengembangan ekonomi Muhammadiyah belum dioptimalkan pelaksanaannya.

Dalam sepuluh tahun terakhir ini, kesadaran untuk mendorong lembaga filantropi agar berperan lebih besar dalam penguatan ekonomi semakin menguat. Harapan masyarakat pun semakin tinggi agar lembaga filantropi Islam betul-betul menjadi jembatan antara kelompok kelas menegah (aspiring middle-class) atau menegah atas (upper middle-class) dengan kelompok masyarakat kurang mampu yang jumlahnya masih besar dan tersebar di mana-mana.

Lembaga filantropi Islam diharapkan dapat lebih mudah diakses untuk membantu memenuhi sebagai kebutuhan masyarakat, khususnya di kalangan keluarga berpenghasilan rendah. Seminar Pra Muktamar kali ini ingin merekomendasikan penguatan konsep “Kemandirian Ekonomi Berbasis Filantropi.”

Seminar Pra Muktamar

Seminar Nasional Pra Muktamar diselenggarakan pada hari Sabtu, 15 Februari 2020, pukul 07.30 sampai selesai di Gedung AR Fachruddin A Lt.3 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Tema yang diangkat, “Kemandirian Ekonomi Berbasis Filantropi: Ekosistem Filantropi dan Arsitektur Ekonomi Muhammadiyah.”

Baca Juga  Launching Jurnal Maarif: Etos Gerakan dan Strategi Aksi Muhammadiyah

Keynote speakers disampaikan oleh Rektor UMY Dr Ir Gunawan Budiyanto, M.P, IPM dan Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Dr H Anwar Abbas. Adapun selaku para pembicara seminar adalah: Prof Dr Bambang Sudibyo, Prof Dr Amelia Fauzia, Dr Aries Muftie, SE, SH, MH, Prof Dr. Hilman Latief, Prof dr Dian Masyita, dan Dr Lilies Setiartiti, SE, MSi.

Reporter: Nabhan

Editor: Arif

Avatar
1005 posts

About author
IBTimes.ID - Cerdas Berislam. Media Islam Wasathiyah yang mencerahkan
Articles
Related posts
News

Ecofeminism: Upaya GCWRI Dorong Kepemimpinan Pemuda dan Perempuan untuk Menggerakkan Perdamaian dan Kelestarian Alam

4 Mins read
IBTimes.ID – Global Conference on Women’s Rights in Islam (GCWRI) di Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) yang berlangsung pada 14 – 16 Mei…
News

Global Santri Fest 2024 Sukses Digelar, Peluang Pendidikan ke Amerika untuk Santri Indonesia Kian Terbuka

3 Mins read
IBTimes.ID, Jakarta, 12 Mei 2024 – USAID TEMAN LPDP bekerjasama dengan Santri Mengglobal sukses menyelenggarakan Global Santri Fest 2024, sebuah acara yang menjadi wasilah penting dalam membuka peluang pendidikan…
News

Perkenalkan Jargon Perempuan Berkemajuan Pada Dunia, Muhammadiyah-'Aisyiyah Adakan Konferensi Global Hak-Hak Perempuan dalam Islam

1 Mins read
IBTimes.ID, Yogyakarta – Muhammadiyah melalui Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah menjalin kerjasama dengan Universitas Al-Azhar dan Faith to Action Network (F2A) adakan Gender Conference…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *