Report

Muhammadiyah: Modernisasi Tanpa Liberalisasi

4 Mins read

IBTimes.ID – Muhammadiyah sejak awal dikenal secara luas sebagai organisasi dan gerakan Islam yang modern (modernist moslem movement). Menurut Dubes LBBP RI untuk Lebanon Hajriyanto Y Thohari, tidak pasti sejak kapan Muhammadiyah disebut modernis dan siapa yang pertama kali menyebutnya demikian. Namun, dalam teori klaim memang dikatakan siapa yang pertama kali membuat klaim maka akan memenangkannya. Artinya, orang akan cenderung menerima dan mengikuti klaim pertama tersebut. Jadi siapa yang pertama membuat klaim maka dia akan memenangkannya.

Lihat saja PDIP dengan klaimnya “Partai Wong Cilik”, Amerika dengan klaimnya “kampium Demokrasi”. Pernah ada kelompok yang iri predikat kemodernan Muhammadiyah tersebut sampai memviralkan sebuah foto tentang dua orang tokoh: yang satu tokoh Muhammadiyah lama yang kebetulan mengenakan sarung dan sorban yang dikerumuni jamaahnya dan diciumi tangannya; yang satunya foto seorang tokoh yang mengenakan setelan jas lengkap dengan dasinya dari salah satu organisasi yang selama ini disebut oleh para sarjana sebagai tradisional. Di bawah foto yang disandingkan itu dibuat captionyang berbunyi: “Siapa yang modern, siapa yang tradisional?”.

“Tentu pembaca maklum apa maksud postingan tersebut. Meski sempat viral, foto tersebut tidak mengubah konstelasi. Sungguh bisa dimengerti jika ada orang luar yang iri hati dengan predikat kemodernan Muhammadiyah itu. Lantas mereka dengan penuh semangat menolak dan atau menggugat klaim tersebut. Tetapi akhirnya mereka menyerah juga dan tidak berdaya untuk membatalkan klaim kemodernan Muhammadiyah tersebut,” tulis Hajri dalam Majalah Suara Muhammadiyah, 12/106.

Pasalnya, menurut Hajri, klaim kemodernan Muhammadiyah itu sudah berurat dan berakar, serta bukan hanya didukung oleh kalangan yang lebih netral, bahkan malah diajukan oleh kalangan ilmuwan sosial dan humaniora. Baik dari dalam maupun luar negeri yang selama ini dikenal dan terkenal memiliki reputasi sebagi Indonesianis dan Islamis yang baik.

Maka agak mengherankan jika akhir-akhir ini ada indikasi beberapa kalangan di Muhammadiyah sendiri yang lupa atau bahkan menolak bahwa Muhammadiyah mempunyai klaim historis sebagai gerakan Islam modern (modernisme Islam) tersebut. Ada orang Muhammadiyah yang menolak atau mulai sungkan (reluctant) dengan modernisme Muhammadiyah yang nota bene diklaim dengan semangat oleh para founding fathers (al-sabiqun l-awwalun) Muhammadiyah sendiri.

Baca Juga  Semangat Keilmuan dan Keterbukaan Membawa Islam Menjadi Peradaban yang Maju

Tentu perkembangan itu, jika benar, perlu dicermati. Pasalnya, imbuh Hajri, organisasi-organisasi Islam yang lain justru terus bergerak semakin maju dan modern. Nahdlatul Ulama (NU), saudara muda Muhammadiyah, dalam empat dasawarsa terakhir ini telah bergerak menjadi modern dan progresif.

Herbert Feith dan Lance Castle dalam Kata Pengantarnya untuk buku Indonesian Political Thinking 1945-1965 edisi bahasa Indonesia, menegaskan bahwa “Dengan terpilihnya Abdurrahman Wahid sebagai Ketua Umum Pengurus Besar (PB NU) pada tahun 1984, NU dapat dikatakan telah memperoleh wajah modern”.

Apalagi setelah tahun 1999, Abdurrahman Wahid terpilih menjadi Presiden Republik Indonesia keempat. Laksana lokomotif, Gus Dur menarik dengan cepat sekali gerbong NU menjadi sangat modern. Lihat saja sekarang, NU bukan hanya mulai membangun rumah-rumah sakit dan universitas-universitas seperti halnya Muhammadiyah, melainkan juga secara politik dan sosial memiliki 30 JUNi 2021 pandangan-pandangan yang sangat progresif.

Muhammadiyah: Modernisasi Tanpa Liberalisasi

“Sangat meyakinkan sejak awal Ahmad Dahlan tampak sekali memiliki pandangan-pandangan keislaman yang maju dan modern. Pengalaman hidupnya di tengah-tengah bangsanya yang terjajah dan terbelakang, kemudian belajar Islam di Mekkah dan menyelami kehidupan sosial di sana yang sangat tradisional dan terbelakang, membuat jiwa Dahlan risau dan gelisah,” papar Hajri.

Di Arab Saudi dan sekitarnya, Dahlan melihat Islam yang pernah menjadi mercusuar kemajuan peradaban dunia itu telah menjadi dekaden, jumud dan beku. Sementara di tanah airnya sendiri dia menyaksikan kolonialisme dan imperialism yang laksana monster benar-benar berwajah bengis, opresif, represif dan eksploitatif.

Rakyat yang mayoritas beragama Islam alih-alih memiliki posisi sosial yang terhormat dan bermartabat sebagaimana layaknya agama unggulan, sebaliknya berada di lapisan paling bawah dalam stratifikasi sosial yang ditandai dengan kemiskinan, kebodohan dan keterbelakangan.

Baca Juga  Jika Ada, Kita Perlu Ikut Tes Wawasan Kemuhammadiyahan (TWK)

Kerisauan dan kegelisahan tersebut menemukan jalan keluar setelah kontak-kontaknya dengan pemikiran reformisme dan modernisme Islam yang dicanangkan oleh Mohammad Abduh, Mohammad Rasyid Ridho, dan lain-lainnya. Dahlan akhirnya sampailah pada keyakinan bahwa umat Islam harus dibikin berkemajuan.

Menurut pria kelahiran Karanganyar, Jawa Tengah tersebut, dalam konteks situasi seperti itu dari Langgar kecil di Kauman Yogyakarta Dahlan mulai membangun peradaban yang berkemajuan. Kata “maju”, “berkemajuan”, atau “kemajengan” (Bahasa Jawa), sangat mungkin sekali digunakan pertama kali di Nusantara adalah oleh Ahmad Dahlan.

Tegasnya, Dahlan adalah orang Indonesia pertama, setidaknya salah satu yang pertama, yang menggunakan kata “maju” atau “berkemajuan” untuk menggambarkan arah yang harus dituju oleh umat Islam dalam suatu perubahan sosial yang direncanakan.

Pasalnya, Dahlan pernah bertutur sebagai berikut: “Awit miturut paugeraning agama kito Islam sarta cocok kaliyan pikajenganipun jaman kemajengan” (SM No. 2, 1915). Artinya, kira-kira, “karena mengikuti kaidah Agama Islam, serta sesuai dengan harapan zaman kemajuan.”

Hajri menyebut Frase tersebut dalam bahasa Indonesia lengkapnya adalah “Kalian hendaknya menjadi orang-orang Islam yang berkemajuan, yang dapat mendorong dan mengikuti perkembangan zaman tetapi tetap taat pada ajaran agama Islam”. Dahlan menyampaikan kata-kata itu pada tahun 1913, hanya beberapa waktu setelah mendirikan sebuah organisasi yang modern, Muhammadiyah.

“Dahlan meyakini bahwa seorang Muslim dengan Islam saja sangat bisa menjadi maju dan modern. Asal saja pemahamannya tentang agama Islam itu otentik dan benar. Pasalnya, berbeda dengan agama yang lain, Islam adalah agama yang mengajarkan hidup berkemajuan, modern atau progresif,” imbuhnya.

Berbeda dengan orang Barat, jika orang Barat untuk modern harus melalui tahap sekularisasi dan liberalisasi, maka mereka harus memisahkan agama dari ilmu pengetahuan, atau bahkan harus menyingkirkan agama dari wilayah publik. Sebaliknya, Islam dalam pandangan Dahlan tidak perlu demikian. Pasalnya, Islam itu sendiri mengajarkan keharusan pembaruan dan kemajuan.

“Jangankan kehidupan dunia dan Lembaga-lembaga keduniaan, bahkan Agama Islam yang diciptakan Tuhan saja, dikatakan dalam hadits, kepadanya setiap tahun dikirim oleh-Nya “orang” yang akan memperbarui perkara-perkara agamanya itu (Riwayat Abu Dawud, no 4291). Walhasil, Islam dan umat Islam mestinya selalu lebih rileks (relax) dalam menghadapi pembaruan dan perubahan. Dan itulah inti dari modernisme itu!” tegas Hajri.

Baca Juga  Rapat Darurat OKI, Menlu Retno: Kekerasan Harus Dihentikan

Muhammadiyah adalah gerakan yang amat menghormati akal (rasio) dan sains, serta menempatkannya sebagai penyelesai persoalan duniawi. Ketika Muhammadiyah dalam masa pandemi Covid-19 ini memutuskan meniadakan shalat Jum’at, Tarawih, shalat Ied, dan shalat jamaah di masjid, dan juga menunda Muktamarnya yang sangat penting itu, sepenuhnya berdasarkan pertimbangan-pertimbangan ilmu pengetahuan dan sains, itu semua adalah modern. Artinya, keputusan-keputusan yang sangat saintifik itu menunjukkan Muhammadiyah adalah gerakan Islam modern.

Menurut Hajri, dalam konteks dan perspektif seperti tersebut di atas, Muhammadiyah harus tetap tampil penuh percaya diri sebagai gerakan Islam yang modern. Muhammadiyah harus konsisten menjadi gerakan Islam yang berkemajuan, progresif dan modern di seluruh bidang kehidupan. Muhammadiyah harus tetap merasa aman dan nyaman berada di dalam mata rantai gerakan pembaruan dalam Islam (the guild of Islamic reform). Bahkan bagian penting dari the guild of modernist moslems!

Ia berpesan agar Muhammadiyah harus kembali seperti dulu: senantiasa meninjau bobot ketajdidannya dalam setiap keputusan, langkah, pandangan, dan tafsirnya. Benar, Muhammadiyah kembali kepada Al-Qur’an dan Sunnah, tetapi diletakkan dalam konteks ke masa depan. Bukan untuk kembali ke masa lalu. Glorifikasi masa lalu yang puritanistik telah terbukti menyandera psikologi sebagian umat sehingga alih-alih produktif, melainkan justru seringkali negatif dan reaktif terhadap modernitas.

“Sependek pengetahuan saya interpretasi-interpretasi teologis yang puritanistik bukanlah jati diri Muhamadiyah pada masa-masa formasi gerakan. Alih-alih sebaliknya: Muhammadiyah adalah gerakan modern yang sangat mengutamakan tajdid. Ruh atau spirit tajdid mutlak harus terus digelorakan dalam Muhammadiyah. Pasalnya, Muhammadiyah adalah organisasinya kaum modernis yang selalu tampil modern dalam setiap gerak dan langkahnya. Semoga!” tutup Hajri.

Reporter: Yusuf

Avatar
1344 posts

About author
IBTimes.ID - Rujukan Muslim Modern. Media Islam yang membawa risalah pencerahan untuk masyarakat modern.
Articles
Related posts
Report

Savic Ali: Muhammadiyah Lebih Menderita karena Salafi Ketimbang NU

2 Mins read
IBTimes.ID – Memasuki era reformasi, Indonesia mengalami perubahan yang signifikan. Lahirnya ruang keterbukaan yang melebar dan lapangan yang terbuka luas, nampaknya menjadi…
Report

Haedar Nashir: dari Sosiolog Menjadi Begawan Moderasi

2 Mins read
IBTimes.ID – Perjalanannya sebagai seorang mahasiswa S2 dan S3 Sosiologi Universitas Gadjah Mada hingga beliau menulis pidato Guru Besar Sosiologi di Universitas…
Report

Siti Ruhaini Dzuhayatin: Haedar Nashir adalah Sosok yang Moderat

1 Mins read
IBTimes.ID – Siti Ruhaini Dzuhayatin Guru Besar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menyebut, bahwa Haedar Nashir adalah sosok yang moderat. Hal itu terlihat…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *