News

KKN UAD Gelar Pengajian Menyambut Hari Raya Idul Adha

1 Mins read

IBTimes.ID – Hari raya Idul Adha merupakan momentum yang sangat berharga dan paling ditunggu umat Islam selain hari raya Idul Fitri. Melalui perayaan ini kita dapat mengambil hikmah yang mendalam mengenai pendekatan diri kepada Allah Swt, pengorbanan dan keikhlasan, serta saling berbagi dengan sesama.

Dalam rangka menyambut hari besar ini, KKN Alternatif Unit II.C.2 Universitas Ahmad Dahlan bekerja sama dengan pengurus masjid Al-Furqon untuk menggelar pengajian dalam rangka menyambut hari raya Idul Adha. Acara ini bertujuan menyambut dan merayakan hari raya Idul Adha serta mempererat tali silaturrahim antar warga.

Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 11 Juni 2024, bertempat di Masjid Al-Furqon, RW 10, Bangunrejo, Kricak, Tegalrejo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan dimulai pada pukul 19.30. Diawali dengan pembukaan oleh Master of Ceremony, yaitu saudari Alfia Salsabila Ramdhani. Salah satu anggota dari KKN Alter Unit II.C.2 UAD. Kemudian dilanjutkan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh saudara Sena yang merupakan salah satu anak TPA masjid Al-Furqon. Acara dilanjutkan dengan sambutan-sambutan.

Sambutan yang pertama disampaikan oleh saudara Riko Prasetiyo selaku ketua unit KKN Alternatif unit II.C.2 UAD. Ia menyampaikan bahwa kegiatan yang kita hadiri di tempat yang suci ini merupakan acara dalam rangka menyambut hari raya Idul Adha.

“Saya dan teman-teman panitia lainnya berharap agar acara ini dapat membantu untuk mendekatkan diri kita kepada Allah SWT” ucapnya di akhir sambutan.

Kemudian sambutan yang kedua disampaikan oleh Takmir Masjid Al-Furqon/yang mewakili, yaitu Bapak Riyadi. Beliau memohon maaf yang sebesar-besarnya apabila terdapat kekurangan dalam acara ini, semoga segala acara dapat berjalan dengan lancar.  

Tibalah pada acara inti, yaitu pengajian dalam rangka menyambut hari raya Idul Adha. Kajian ini diisi oleh Ustadz Muhammad Bariyadi. Ia menyampaikan bahwa siapa saja yang berbuat baik pada bulan yang dimuliakan Allah SWT, maka akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

Baca Juga  Bersinergi dengan Puskesmas Pandak 1, KKN UAD Unit X.C.1 Gelar Penyuluhan Gizi Seimbang untuk Pencegahan Stunting di Pedukuhan Gesikan III

”Saat apakah moment tersebut? yaitu pada saat 10 hari terakhir bulan Ramadhan dan 10 hari awal bulan Dzulhijjah. Beribadah tidak hanya dilakukan disaat-saat tertentu saja, tetapi dilakukan setiap saat. Ibadah tidak hanya berupa shalat saja, tetapi bersekolah, mencari nafkah, dan kegiatan lain yang diniatkan karena Allah maka juga terhitung sebagai ibadah,” paparnya.

Dia menyebut, ibadah hendaknya dilakukan tidak hanya dari segi fisik, tetapi juga dari hati. Janganlah engkau berbuat maksiat, karena yang demikian itu akan menutup cahaya atau petunjuk dari Allah Swt.

Adapun total jamaah masjid Al-Furqon yang hadir dalam pengajian ini mencapai 67 orang.

(Inayah Sofiana Rohman)

Avatar
1404 posts

About author
IBTimes.ID - Rujukan Muslim Modern. Media Islam yang membawa risalah pencerahan untuk masyarakat modern.
Articles
Related posts
News

MAARIF House Edisi 4: Bincang Soal Agama, Kebudayaan, dan Moralitas Publik

2 Mins read
IBTimes.ID, Jakarta – MAARIF Institute kembali menggelar diskusi terbatas dengan tema “Agama, Kebudayaan, dan Moralitas Publik”. Acara yang diselenggarakan di kantor MAARIF,…
News

Kolaborasi Global untuk SDM Unggul: Cerita Perjalanan KKN PLUS 2024 ITB Ahmad Dahlan

2 Mins read
IBTimes.ID – Pengalaman mengikuti KKN PLUS 2024 di Pondok Pesantren Al Islamy Kebon Jambu adalah salah satu momen yang tidak hanya membuka…
News

Krisis Kemanusiaan dan Perubahan Iklim: Dua Poin Penting Deklarasi Istiqlal 2024

2 Mins read
IBTimes.ID – Paus Fransiskus mengunjungi Masjid Istiqlal, Jakarta pada Kamis (5/9/24). Kunjungan itu digelar dalam serangkaian prosesi acara, mulai dari dialog lintas…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This will close in 0 seconds