Doa

Baca Doa Ini Supaya Lancar dan Cepat Selesai Skripsi!

2 Mins read

Salah satu tujuan dari doa adalah memberikan segala kemudahan, kelancaran dan terhindarnya seseorang dari sesuatu yang menyulitkan dalam menjalani hidup. Termasuk meminta doa supaya diberi kemudahan ketika hendak mengerjakan/menyelesaikan skripsi bagi mahasiswa yang sedang berjuang mendapatkan gelar sarjana (S1).

Bagi seluruh mahasiswa semester akhir, mengejarkan atau menyelesaikan skripsi adalah sebuah kewajiban yang wajib ditunaikan. Namun, dalam penyusunan/pembuatan skripsi banyak kemudian mahasiswa yang merasa kesulitan. Bahkan, sebagian mahasiswa harus mengorbankan segala tenaga, usaha dan kerja keras dan lainnya.

Tak heran juga, bila kemudian skripsi justru menjadi sosok momok yang menakutkan sekaligus menyeramkan. Paradigma atau cara pandangan seperti itu muncul akibat beberapa kendala/kesulitan ketika hendak menyelesaikannya. Misalnya, ketika melakukan penelitian, mengumpulkan teori/referensi, menghadap dosen pembimbing bahkan hingga sidang skripsi hendak berlansung.

Bagaimana bunyi doa yang dianjurkan oleh Islam, agar lancar dan cepat selesai dalam skripsi?

Doa Ketika Menghadap Dosen Pembimbing

Terkadang kita sering dihadapkan dengan suasana yang kurang siap, sehingga presentasi kita pun kurang maksimal hasilnya. Akibatnya pun kita mengulang berkali kali.

Supaya tidak grogi atau kurang siap. Anda bisa menghafal dan membaca doa ini ketika hendak bertemu/menghadap dosen pembimbing:

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii

Artinya: “Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.” (QS. Thaha: 25-28).

Doa di atas adalah doa yang dipanjatkan oleh Nabi Musa ketika menghadapi Fir’aun dalam berdakwah. Doa ini mengandung arti dan makna yang sangat bagus, sehingga sangat relevan untuk dibaca setiap saat dalam kehidupan sehari hari.

Baca Juga  Doa Agar Dijauhkan dari Sifat Kikir dan Artinya

Doa Sebelum Sidang Skripsi

Supaya tidak tegang dalam menghadapi sidang skripsi, Anda (Mahasiswa) bisa membaca doa ini terlebih dahulu. Berikut bunyi doanya:

اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Allahumma laa sahla illaa maa ja’altahu sahlan wa anta taj’alul haznaa idzaa syi’ta sahlan

Artinya: ”Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau jadikan mudah. Sedang yang susah bisa Engkau jadikan mudah, apabila engkau menghendakinya.” (Shahih Ibnu Hibban no. 2427).

Doa di atas sebagai salah satu dari ikhtiar yang bisa dilakukan oleh manusia, terkhusus bagi mahasiswa yang sedang dan akan menyelesaikan sidang skripsi. Perintah berikhtiar pun tercermin dalam firman Allah berikut ini:

لَهٗ مُعَقِّبٰتٌ مِّنْۢ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهٖ يَحْفَظُوْنَهٗ مِنْ اَمْرِ اللّٰهِ ۗاِنَّ اللّٰهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتّٰى يُغَيِّرُوْا مَا بِاَنْفُسِهِمْۗ وَاِذَآ اَرَادَ اللّٰهُ بِقَوْمٍ سُوْۤءًا فَلَا مَرَدَّ لَهٗ ۚوَمَا لَهُمْ مِّنْ دُوْنِهٖ مِنْ وَّالٍ

Artinya: “Baginya (manusia) ada malaikat-malaikat yang selalu menjaganya bergiliran, dari depan dan belakangnya. Mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia.” (QS. Ar Ra’d: 11)

Demikianlah doa sehari hari dari IBTimes.ID, semoga bermanfaat dan selalu istiqamah untuk diamalkan.

Editor: Saleh

Print Friendly, PDF & Email
188 posts

About author
IBTimes.ID - Kanal Moderasi Islam. Sebuah kanal media online yang mempunyai prinsip moderasi Islam’ (Wasathiyah) yang memadukan doktrin keislaman, perkembangan keilmuan (sains), dan nilai keindonesiaan.
Articles
Related posts
Doa

Baca Doa Ini Saat Memasuki Shaf Shalat Berjemaah

1 Mins read
Facebook Telegram Twitter Linkedin email Salah satu hal penting yang selalu diingatkan oleh seorang imam adalah meluruskan dan merapatkan shaf sebelum shalat…
Doa

Doa Supaya Kamu Terhindar dari Rasa Was-was dan Artinya

1 Mins read
Facebook Telegram Twitter Linkedin email Dalam menjalani segala bentuk aktivitas sehari-hari, tak jarang kita didatangi dan dihantui rasa was-was. Islam dalam mengatasi…
Doa

Bacaan Doa Nabi Nuh Setelah Buang Air Besar atau Kecil

1 Mins read
Facebook Telegram Twitter Linkedin email Salah satu aktivitas sehari-hari yang kita lakukan adalah buang air besar atau kecil. Hal itu menandakan bahwa…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *