BPOM Terbitkan Izin Darurat Vaksin Sinovac, Berapa Tingkat Keampuhannya? - IBTimes.ID
News

BPOM Terbitkan Izin Darurat Vaksin Sinovac, Berapa Tingkat Keampuhannya?

1 Mins read

IBTimes.ID – Setelah 10 bulan terjadi, pandemi COVID-19 masih menjangkiti dunia. Karenanya, vaksin COVID-19 diharapkan menjadi awal dari penurunan penularan hingga pandemi selesai. Setelah penerapan fase uji klinis III di Bandung, Jawa Barat sejak Agustus 2020 lalu, akhirnya Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) terbitkan izin darurat vaksin Coronavax yang diproduksi oleh Sinovac Biotech pada Senin (11/1/2021). Lalu, berapakah efikasi atau tingkat keampuhannya?

BPOM Terbitkan Izin Darurat Vaksin Sinovac

Dikutip dari Kompas.com, Kepala BPOM Penny Lukito menyatakan keluarnya izin darurat atau emergency use authorization (EUA) pada 11 Januari 2021 melalui konferensi pers. “Pada hari ini, Senin tanggal 11 Januari 2021, Badan POM memberikan persetujuan penggunaan dalam kondisi emergency, emergency use authorization untuk vaksin Covid-19 yang pertama kali kepada vaksin Corona vax produksi Sinovac Biotech Incorporated yang bekerja sama dengan PT Bio Farma,” kata Penny dalam konferensi pers yang dilakukan secara daring.

Seperti diketahui sebelumnya, EUA ini dibutuhkan untuk penerapan vaksin di Indonesia. Dijadwalkan pada 13 Januari 2021 mendatang vaksinasi menggunakan vaksin produksi Sinovac mulai dilakukan. Presiden RI Joko Widodo pun menjadi orang pertama yang akan divaksin.

Sementara itu, dikutip dari CNN Indonesia, izin darurat ini diterbitkan setelah laporan sementara uji klinis tahap III keluar. Laporan itu menunjukkan efikasi atau tingkat keampuhan sebesar 65,3%.

“Hasil efikasi dari Bandung 65,3 persen,” kata Penny.

Angka efikasi vaksin Sinovac berdasarkan laporan sementara ini disebut-sebut tidak sebaik vaksin lain yang telah lebih dahulu diterapkan seperti Pfizer dan Moderna (keduanya di atas 90%). Tetapi, tetap memenuhi syarat karena berada di atas batas 50% yang ditentukan World Health Organization (WHO). Vaksin Sinovac pun memiliki keunggulan karena lebih mudah dalam transportasinya dibanding dua vaksin yang telah disebutkan.

Baca Juga  Kiat-kiat Menjadi Penyunting Naskah Profesional

Apakah Halal?

Salah satu isu yang terkait dengan vaksin adalah soal kehalalan vaksin. Sebelumnya, dilansir dari detik.com Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyatakan vaksin Sinovac ini “suci dan halal” pada Sabtu lalu (9/1). Sementara itu dukungan pun telah diberikan oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah terkait proses vaksinasi ini, tergambar pada saat Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin bersilaturahmi ke PP Muhammadiyah, Selasa pekan lalu (5/1).

Reporter: Nabhan

Redaksi
192 posts

About author
IBTimes.ID - Cerdas Berislam. Media Islam Wasathiyah yang mencerahkan
Articles
Related posts
News

Ketum PBNU Said Aqil Siradj Diangkat Sebagai Komisaris Utama PT KAI

1 Mins read
IBTimes.ID – Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Said Aqil Siradj diangkat sebagai Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen PT Kereta Api…
News

Ketua Umum PP Muhammadiyah dan PP Aisyiyah Divaksin

1 Mins read
IBTimes.ID – Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir Bersama Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Aisyiyah Siti Noordjannah Djohantini telah melaksanakan…
News

Pemerintah Jerman Tetapkan Muslim Salafi sebagai Kelompok Terlarang

1 Mins read
IBTimes.ID – Pemerintah Jerman menetapkan Muslim Salafi Berlin sebagai kelompok terlarang. Usai penetapan ini, aparat keamanan Jerman melakukan penggerebekan di beberapa lokasi…

Tinggalkan Balasan

Mari Kolaborasi
Mari Berkolaborasi bersama kami "IBTimes.ID - Cerdas Berislam" dan para kontributor lainnya untuk memproduksi narasi Islam yang mencerahkan.
Donasi dapat melalui Bank Mandiri 137-00-5556665-3 a.n Litera Cahaya Bangsa