Data Populasi Penduduk Muslim 2020: Indonesia Terbesar di Dunia - IBTimes.ID
News

Data Populasi Penduduk Muslim 2020: Indonesia Terbesar di Dunia

1 Mins read

IBTimes.ID – Sebagai agama dengan pemeluk terbesar kedua di dunia, umat Islam adalah orang-orang yang percaya dan hidup sesuai dengan ajaran-ajaran Islam yang diyakini. Ada lebih dari dua miliar muslim di seluruh dunia, tetapi bagaimana perbandingan jumlah populasi umat Islam antar negara-negara?

Populasi Muslim Dunia 2020

Sebelum kita melihat angka-angka, mari kita telaah rekap singkat Muslim versus Islam karena cenderung ada beberapa istilah yang bertumpang tindih. Islam adalah agama, sedangkan Muslim adalah pengikut agama Islam.

Cara lain untuk merujuk pada orang-orang yang mengidentifikasi sebagai Muslim adalah dengan menyebut mereka pengikut Islam. Kesalahan umum dalam ungkapan adalah merujuk orang sebagai individu Islam, tetapi Islam adalah agama. Sehingga lebih akurat untuk mengatakan Muslim, bukan Islam.

Di negara-negara tertentu, ada populasi Muslim. Kemudian, populasi-populasi itu di masing-masing negara, akan dibandingkan dengan populasi global Muslim. Kami hanya akan melihat masing-masing negara dan melaporkan populasi Muslim yang ada saat ini agar lebih mudah.

Ada sekitar 1,9 miliar Muslim di dunia, yang mana menjadikan Islam sebagai agama terbesar kedua di dunia setelah agama Kristen. Populasi Islam sebagian besar terbagi antara 1,5 miliar Muslim Sunni dan 240-340 juta Muslim Syiah. Sebagian lainnya termasuk dalam denominasi yang lebih kecil.

Indonesia: Negara dengan Populasi Muslim Terbesar di Dunia

Negara Muslim terbesar adalah Indonesia, di mana diperkirakan 229 juta Muslim berada di sana. Ini adalah 87,2% dari populasi penduduka Indonesia yang berjumlah 263 juta jiwa. Atau sekitar 13% dari populasi Muslim dunia.

Muslim di Indonesia terdiri dari 99% Sunni, 0,5% Syiah, dan 0,3% Ahmadiyah. Islam di Indonesia dapat dikategorikan secara luas sebagai “modernisme,”/Islam modern. Yang artinya mengikuti teologi ortodoks sambil merangkul pembelajaran modern. Atau juga bisa dikatakan  “tradisionalisme,” mengikuti interpretasi para pemimpin agama setempat.

Baca Juga  Lazismu Raih Penghargaan Baznas Award untuk Ketiga Kalinya

Islam adalah agama dominan di beberapa negara, termasuk Afghanistan, Pakistan, Sahara Barat, Iran dan banyak lagi. Negara-negara dengan jumlah Muslim yang tinggi cenderung berada di Afrika, Timur Tengah, dan Asia.

Editor: Yahya FR
Selengkapnya, klik di sini
Avatar
1023 posts

About author
IBTimes.ID - Cerdas Berislam. Media Islam Wasathiyah yang mencerahkan
Articles
Related posts
News

Menag Yaqut: Hukum Penista Agama Apapun di Indonesia!

1 Mins read
IBTimes.ID – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyerukan menghukum penista agama apapun di Indonesia. Hukuman penista agama diminta tidak pandang bulu. Gus Yaqut mendorong polisi…
News

3 Program Utama Lazismu di Ramadhan 1442 H

2 Mins read
IBTimes.ID – Ramadhan adalah bulan suci yang penuh berkah, di dalamnya terdapat energi positif untuk meningkatkan spiritual umat dalam melaksanakan berbagai kegiatan…
News

Diresmikan Benyamin Davnie, Kantor Layanan LazisMu Tangsel Siap Beroperasi

1 Mins read
Lazismu Berikan Sumbangsih yang Nyata IBTimes.ID, Tangerang Selatan – Sejak didirikan oleh PP Muhammadiyah tahun 2002, LAZISMU telah menjadi salah satu lembaga…

Tinggalkan Balasan