Data Populasi Penduduk Muslim 2020: Indonesia Terbesar di Dunia - IBTimes.ID
News

Data Populasi Penduduk Muslim 2020: Indonesia Terbesar di Dunia

1 Mins read

IBTimes.ID – Sebagai agama dengan pemeluk terbesar kedua di dunia, umat Islam adalah orang-orang yang percaya dan hidup sesuai dengan ajaran-ajaran Islam yang diyakini. Ada lebih dari dua miliar muslim di seluruh dunia, tetapi bagaimana perbandingan jumlah populasi umat Islam antar negara-negara?

Populasi Muslim Dunia 2020

Sebelum kita melihat angka-angka, mari kita telaah rekap singkat Muslim versus Islam karena cenderung ada beberapa istilah yang bertumpang tindih. Islam adalah agama, sedangkan Muslim adalah pengikut agama Islam.

Cara lain untuk merujuk pada orang-orang yang mengidentifikasi sebagai Muslim adalah dengan menyebut mereka pengikut Islam. Kesalahan umum dalam ungkapan adalah merujuk orang sebagai individu Islam, tetapi Islam adalah agama. Sehingga lebih akurat untuk mengatakan Muslim, bukan Islam.

Di negara-negara tertentu, ada populasi Muslim. Kemudian, populasi-populasi itu di masing-masing negara, akan dibandingkan dengan populasi global Muslim. Kami hanya akan melihat masing-masing negara dan melaporkan populasi Muslim yang ada saat ini agar lebih mudah.

Ada sekitar 1,9 miliar Muslim di dunia, yang mana menjadikan Islam sebagai agama terbesar kedua di dunia setelah agama Kristen. Populasi Islam sebagian besar terbagi antara 1,5 miliar Muslim Sunni dan 240-340 juta Muslim Syiah. Sebagian lainnya termasuk dalam denominasi yang lebih kecil.

Indonesia: Negara dengan Populasi Muslim Terbesar di Dunia

Negara Muslim terbesar adalah Indonesia, di mana diperkirakan 229 juta Muslim berada di sana. Ini adalah 87,2% dari populasi penduduka Indonesia yang berjumlah 263 juta jiwa. Atau sekitar 13% dari populasi Muslim dunia.

Muslim di Indonesia terdiri dari 99% Sunni, 0,5% Syiah, dan 0,3% Ahmadiyah. Islam di Indonesia dapat dikategorikan secara luas sebagai “modernisme,”/Islam modern. Yang artinya mengikuti teologi ortodoks sambil merangkul pembelajaran modern. Atau juga bisa dikatakan  “tradisionalisme,” mengikuti interpretasi para pemimpin agama setempat.

Baca Juga  Atasi Pandemi Covid-19: MCCC Perkuat Ketahanan Pangan Keluarga

Islam adalah agama dominan di beberapa negara, termasuk Afghanistan, Pakistan, Sahara Barat, Iran dan banyak lagi. Negara-negara dengan jumlah Muslim yang tinggi cenderung berada di Afrika, Timur Tengah, dan Asia.

Editor: Yahya FR
Selengkapnya, klik di sini
Avatar
1023 posts

About author
IBTimes.ID - Cerdas Berislam. Media Islam Wasathiyah yang mencerahkan
Articles
Related posts
News

TRIbute to Live Jadi Tema 35 Tahun Komunikasi UMM

1 Mins read
IBTimes.ID, Malang – Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) memasuki usia 35 tahun. Memperingati miladnya, Prodi Komunikasi membuka rangkaian acara…
News

Meski Pandemi, SMP Muhammadiyah PK Kottabarat Tetap Raih Prestasi

2 Mins read
IBTimes.ID – Awal tahun ajaran 2021/2022 baru bergulir, meskipun wabah covid-19 masih mengharuskan anak-anak belajar dari rumah, tetapi SMP Muhammadiyah PK (Program…
News

MAARIF Institute dan ID-COP Gelar Perayaan Hari Anak Nasional

3 Mins read
IBTimes.ID – Keceriaan dan kebahagiaan anak-anak Indonesia pada masa pandemi terasa berbeda dibanding dengan masa-masa sebelum pandemi. Kebahagiaan dan keceriaan saat berangkat…

Tinggalkan Balasan