Perspektif

Dialog tentang Terminilogi Kafir: Non Muslim Ternyata Memaklumi

3 Mins read

Oleh: Shamsi Ali

“Kenapa kami non Muslim dilabel kafir?” Sebenarnya, pertanyaan ini bukan sesuatu yang baru. Juga pernah ditanyakan kepada banyak orang lain. Bahkan, ulama-ulama besar dunia seperti Sheikh Thonthowi dari Mesir juga pernah mendapatkan pertanyaan yang sama.

Hanya saja diakui atau tidak, audience yang mempertanyakan itu memiliki latar belakang dan motif yang berbeda. Karenanya, target pertanyaan itupun tentu juga berbeda. Ada pertanyaan yang dilatarbelakangi oleh dorongan kepentingan politik. Sehingga jawabannya juga kerap kali berujung kepada respon dan pandangan politik. Tapi tidak jarang memang karena sebuah kejujuran dan keingin tahuan tentang masalah ini. Masalah yang jika disalahpahami, atau dipahami untuk tujuan yang salah, akan berujung pada sebuah kesalahpahaman yang super sensitif.

Bagaimana tidak! Masyarakat awam yang sesungguhnya tidak tahu, bahkan tidak terlalu peduli, dibombardir dengan hujan sentimen seolah diserang, dihina dan direndahkan. Pada akhirnya, terjadi polemik tajam, bahkan perpecahan dalam masyarakat agama dan antar agama. Padahal, jika saja masalah ini dipahami secara benar dan proporsional, maka tidak perlu terjadi polemik itu. Apalagi permusuhan, kebencian, dan perpecahan. Hanya memang diperlukan kejujuran dalam memahaminya serta menempatkannya pada posisi yang sesuai.

Empat Kesan Terminilogi Kafir

Baru-baru ini, di salah satu acara selama perjalanan saya ke beberapa negara di Eropa, saya kembali ditanya dengan pertanyaan yang sama. Penanya adalah seorang Professor di salah satu universitas terkenal di Jerman. Pertanyaan klasik itu adalah: “Kenapa kami non Muslim dilabel kafir?”

Pertanyaan ini sejatinya bagi saya penting. Karena dengannya saya menemukan kesempatan untuk menjelaskan sebuah terminologi yang disebutkan secara baku dalam Al-Quran. Kata “kafir” adalah kata “baku” dalam Al-Quran. Maka mengingkarinya sekaligus mengingkari sesuatu yang baku dalam Al-Quran. Hanya saja pertanyaan itu bagi saya sekaligus mengandung beberapa konotasi negatif, bahkan pada tingkatan tertentu mengandung tuduhan-tuduhan kepada agama dan umat ini.

Baca Juga  Urgent, Inilah Etika Politik yang Diajarkan Al-Qur’an!

Pertama, seolah Al-Quran itu memecah belah manusia. Ada Mukmin dan ada Kafir. Al-Quran dengan sendirinya negatif dalam membangun kedamaian dan harmoni antar manusia.

Kedua, Islam itu merendahkan manusia yang tidak mengimaninya dengan istilah seperti kafir ini. Seolah pengistilahan ini bentuk “penghinaan” kepada non Muslim.

Ketiga, seolah dengan kata ini orang Islam membenci non Muslim. Maklum kata “kafir” diterjemahkan dengan “infidel” yang sangat tidak pas. Islam sesungguhnya tidak mengenal kata “infidel.” Justru kata itu dipopulerkan oleh umat Kristiani dengan konotasi permusuhan dan kekerasan.

Keempat, dengan istilah ini pengikut agama Islam itu mengingkari hak orang lain untuk masuk ke surga. Dengan kata ini, seolah Islam telah memutuskan siapa ahli surga dan siapa ahli neraka di antara manusia.

Dialog dengan Seorang Professor

Sejatinya, pengistilahan tersebut tidak perlu dikonotasikan dengan penafsiran-penafsiran yang negatif di atas. Karena sesungguhnya Umat Islam yang paham agamanya tidak akan merendahkan orang lain dengan kata ini. Tidak akan menyombongkan diri, apalagi memutuskan tentang siapa yang masuk surga dan siapa yang tidak.

Kembali ke pertanyaan tadi. Dalam merespon ke professor tersebut saya melakukannya dalam bentuk dialog singkat, serius tapi santai. Dialog itupun terjadi seperti berikut:

Professor: “Kenapa kami non Muslim dilabel kafir atau infidel?”

Saya: “Terima kasih. Apakah anda mengimani agama anda?”

Professor: “Iya benar.”

Saya: “Lalu siapa yang anda sebut “orang-orang beriman” kepada agama anda? Bukankah yang mengimani dasar-dasar akidah agama itu?”

Professor: “Pasti demikian.”

Saya: “Lalu bagaimana dengan yang tidak mengimani dasar-dasar akidah agama anda? Tidakkah anda menyebutnya dalam bahasa Inggris “unbeliever”?

Professor: (sang Professor terdiam sejenak, lalu melihat saya dan berkata): “ooh iya benar…”

Baca Juga  Apakah Penyelenggara Pemilu Juga Termasuk Jihad?

Saya kemudian diam sejenak, tersenyum padanya dan lanjut: “prof, sesungguhnya orang-orang yang kami panggil mukmin (beriman) adalah mereka yang mengimani dasar-dasar agama kami; Allah, Al-Quran, Muhammad, dan seterusnya. Sementara yang tidak mengimani semua itu dan secara sempurna disebut “kafir” oleh Kitab Suci kami Al-Quran.”

Saya kemudian tanya: “apakah tuan Professor beriman dengan semua dasar-dasar agama kamu? Beriman kepada Allah, Al-Quran, Muhammad, dan lain-lain? Jika iya, maka tuan Professor adalah seorang Muslim.”

Sang professor tertawa dan berkata: “tentunya tidak!”

Saya kemudian menegaskan kembali: “sesungguhnya dalam semua agama itu ada ketegori seperti itu. Dalam agama yang anda anut pastinya anda mengingkari keimanan mereka yang mengingkari dasar-dasar agama anda. Apakah dalam pandangan anda saya mengimani agama anda ketika saya menginkari dasar-dasarnya?”

“Sebagai Kristen, apakah anda menganggap saya orang beriman kepada Kristiani di saat saya mengingkari ketuhanan Yesus atau dosa asal (origina sin)?”

Sang Professor sekali lagi tersenyum dan menjawab: “tentu tidak!”

Saya kemudian menegaskan sekali lagi kepadanya: “orang yang tidak mengimani dasar-dasar keyakinan yang kami anut, itulah yang disebut “kafir.” Dan tentunya anda juga punya hak memanggil saya “kafir” dalam pandangan anda.”

Sang Professor tertawa lepas dan mengatakan: “oh, jika itu maknanya sebenarnya tidak perlu dipolemikkan. Apalagi menimbulkan permusuhan dan perpecahan.”

Bukan Penghinaan

Saya kemudian menjelaskan: “betul prof! Ada istilah-istilah atau terminologi-terminologi pada semua agama yang harusnya dipahami secara internal. Dan orang-orang di luar agama itu tidak perlu risau.” Saya kemudian melanjutkan: “kami tidak risau dilabeli ‘domba-domba sesat’ (the lost sheeps). Karena itu istilah yang dipakai oleh teman-teman Kristiani untuk menyebut mereka yang tidak mengimani prinsip-prinsip dasar agama mereka.”

Baca Juga  Koruptor itu Kafir: Telaah Pandangan Fikih NU-Muhammadiyah

Saya kemudian tutup Dialog itu, lalu secara Khusus menyampaikan kepada Umat Islam. Bahwa kata kafir bukan dasar untuk menghina, merendahkan apalagi membenci orang. Justru kata itu harusnya dipakai sebagai penyemangat untuk berbagi (berdakwah). Sebagaimana teman-teman Kristiani menjadikan kata “domba-domba tersesat” dijadikan penyemangat membawa “berita gembira ke mana-mana.”

Kata kafir juga jangan dipakai sebagai palu keputusan “neraka” bagi manusia. Karena sesungguhnya hingga setiap orang menghembuskan nafas terakhirnya masih memiilki kemungkinan untuk diampuni dan masuk ke dalam surge-Nya Tuhan.

Dengan demikian, kalau saja kita paham arti kata itu dan siap menerima perbedaan di antara kita secara dewasa, pastinya tidak perlu heboh. Apalagi saling menyalahkan dan bermusuhan. Sebuah terminologi memang sering menjadi biang kerok perpecahan!

* Presiden Nusantara Foundation

Editor: Arif

Avatar
48 posts

About author
Direktur Jamaica Muslim Center NY/ Presiden Nusantara Foundation
Articles
Related posts
Perspektif

Kejumudan Beragama: Refleksi atas Bahtsul Masail Pesantren NU yang Kurang Relevan

3 Mins read
Bahtsul Masail, tradisi intelektual khas pesantren Nahdlatul Ulama (NU), adalah salah satu warisan berharga dalam khazanah keilmuan Islam di Indonesia. Forum ini…
Perspektif

Menjadi Guru Hebat!

3 Mins read
Peringatan Hari Guru Nasional (25 November) tahun ini mengangkat tema, “Guru Hebat, Indonesia Kuat”. Tema ini menarik untuk dielaborasi lebih jauh mengingat…
Perspektif

Mengapa Masih Ada Praktik Beragama yang Intoleran?

3 Mins read
Dalam masyarakat yang religius, kesalihan ritual sering dianggap sebagai indikator utama dari keimanan seseorang. Aktivitas ibadah seperti salat, puasa, dan zikir menjadi…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This will close in 0 seconds