Doa

Doa Berlindung dari Tiga Keburukan: Akhlak, Amal dan Hawa Nafsu

1 Mins read

Setiap manusia tentu memiliki hawa nafsu, namun terkadang hawa nafsu pada dirinya tidak mampu terkendali. Ketika keinginan dan amalan sudah dibarengi oleh hawa nafsu, maka segala cara pun akan dilakukan untuk mewujudkannya, bahkan dengan cara atau perbuatan yang dilarang oleh syariat agama sekalipun. Sehingga dari situlah kita perlu berlindung dari tiga keburukan; akhlak, amal dan hawa nafsu.

Doa Berlindung Tiga Keburukan: Akhlak, Amal dan Hawa Nafsu

Sebagaimana doa yang terdapat dalam hadis Rasulullah Saw berikut ini:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ مُنْكَرَاتِ الأَخْلاَقِ وَالأَعْمَالِ وَالأَهْوَاءِ

Allahumma inni a’udzu bika min munkarotil akhlaaqi wal a’maali wal ahwaa’

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepadamu dari akhlaq, amal dan hawa nafsu yang mungkar.” (HR. Tirmidzi no. 3591, shahih)

Doa di atas adalah doa yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi dalam no hadis 3591. Menurut beberapa ulama juga, yaitu Hafidz Abu Thahir dan Syekh Salim bin ‘Ied Al-Hilaliy mengatakan bahwa hadis tersebut shahih.

Selain mengucapkan doa di atas, hendaknya segala bentuk prilaku kita kepada sesama manusia dan amalan kita selalu dilandasi dengan rasa keinginan, kasih sayang, kemanusiaan, keikhlasan, terkhusus niat kita kepada Allah Swt. Singkatnya, apapun yang kita lakukan itu haruslah berlandaskan al-Qur’an dan Sunnah, bukan karena hawa nafsu yang buruk.

Penutup Doa

Sebagai penutup, hendaklah segala keburukan akhlak, amal dan hawa nafsu harus kita hindari. Mohonlah selalu penjagaan dan perlindungan kepada Allah Swt dalam hidup ini.

Sebagaimana firman Allah Swt:

لَهٗ مُعَقِّبٰتٌ مِّنْۢ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهٖ يَحْفَظُوْنَهٗ مِنْ اَمْرِ اللّٰهِ ۗاِنَّ اللّٰهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتّٰى يُغَيِّرُوْا مَا بِاَنْفُسِهِمْۗ وَاِذَآ اَرَادَ اللّٰهُ بِقَوْمٍ سُوْۤءًا فَلَا مَرَدَّ لَهٗ ۚوَمَا لَهُمْ مِّنْ دُوْنِهٖ مِنْ وَّالٍ

Baca Juga  Doa dalam Perjalanan Jauh, Lancar dan Selamat Sampai Tujuan

Artinya: Baginya (manusia) ada malaikat-malaikat yang selalu menjaganya bergiliran, dari depan dan belakangnya. Mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia.”  (QS, Ar-Rad: 11)

Demikianlah doa sehari-hari dari IBTimes.ID, doa-doa yang lain bisa diakses di rubrik doa. Semoga bermanfaat.

Editor: Soleh

Print Friendly, PDF & Email
188 posts

About author
IBTimes.ID - Kanal Moderasi Islam. Sebuah kanal media online yang mempunyai prinsip moderasi Islam’ (Wasathiyah) yang memadukan doktrin keislaman, perkembangan keilmuan (sains), dan nilai keindonesiaan.
Articles
Related posts
Doa

Doa untuk Menjaga Kesehatan Mental dari Rasulullah Saw

1 Mins read
Facebook Telegram Twitter Linkedin email Kita sering mendengar istilah orang tidak sehat mental atau mengalami gangguan mental. Banyak sekali teori-teori yang menjelaskan…
Doa

Doa untuk Para Relawan Musibah dan Bencana Alam

1 Mins read
Facebook Telegram Twitter Linkedin email Musibah dan bencana alam bisa datang kapan saja. Indonesia saat ini sedang dilanda oleh berbagai macam musibah…
Doa

Doa Supaya Rezeki Tetap Lancar di Usia Tua

1 Mins read
Facebook Telegram Twitter Linkedin email Kala saat orang sudah menginjak usia tua, banyak aktivitas ataupun pekerjaan yang harus mereka tinggalkan karena kondisi…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *