Doa Keluar Kamar Mandi dan Artinya - IBTimes.ID
Doa

Doa Keluar Kamar Mandi dan Artinya

1 Mins read

Mungkin Anda pernah atau sering mendengar perkataan seperti ini “Islam adalah Agama yang Menyukai Kebersihan/Keindahan”. Kata yang selalu populer di kalangan masyarakat luas. Sejatinya, Islam pun senantiasa memerintahkan kepada pemeluknya untuk hidup bersih dan sehat. Tentu dengan segala ajaran/tuntunan yang ada, salah satunya adalah membaca doa ketika hendak keluar kamar mandi.

Setelah menunaikan hajat di kamar mandi, entah itu membuang air besar ataupun kecil, kita kembali dianjurkan untuk membaca doa keluar kamar mandi.

Coba kita bayangkan, apabila kita tidak diberikan kemudahan dalam membuang air besar maupun kecil. Akankah kita merasa hidup nyaman dan enak, terus berapa besar biaya yang akan kita keluarkan ketika hendak mengusahakan operasi?. Sehingga, nikmat kelancaran buang air besar/kecil adalah sebagian nikmat kecil yang perlu dan patut kita syukuri.

Doa Keluar Kamar Mandi

Berikut doa keluar kamar mandi yang dianjurkan oleh Islam, yang mudah untuk dibaca dan dihapal:

الْحَمْدُ لِلهِ الذي أَذْهَبَ عَنِّيْ الْأَذَى وَعَافَانِيْ

Bahasa Latin: Alhamdulillahi alladzi adzhaba ‘anni al-adza wa ‘aafaani

Artinya: Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan penyakitku dan menyehatkanku”

Doa keluar kamar mandi di atas sebagai bentuk rasa syukur, atas segala kelancaran urusan yang diberikan Allah SWT selama kita membuang besar atau kecil di dalam kamar mandi.

Tentunya masih banyak etika/adab yang dianjurkan dalam Islam ketika hendak masuk dan keluar kamar mandi. Tinggal bagaimana kemauan kita untuk membaca dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari hari.

Mulailah mengamalkan ajaran Islam dari yang sifatnya mendasar, salah satunya adalah doa. Sehingga Islam akan terus menjadi panduan dalam menjalani kehidupan di bumi ini.

Di akhir doa ini, mari coba kita renungkan kembali firman Allah surah ArRa’d ayat 11:

Baca Juga  Istighfar, Taubat, Doa, dan Kunut Agar Pandemi Segera Berlalu

لَهٗ مُعَقِّبٰتٌ مِّنْۢ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهٖ يَحْفَظُوْنَهٗ مِنْ اَمْرِ اللّٰهِ ۗاِنَّ اللّٰهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتّٰى يُغَيِّرُوْا مَا بِاَنْفُسِهِمْۗ وَاِذَآ اَرَادَ اللّٰهُ بِقَوْمٍ سُوْۤءًا فَلَا مَرَدَّ لَهٗ ۚوَمَا لَهُمْ مِّنْ دُوْنِهٖ مِنْ وَّالٍ

Artinya: “Baginya (manusia) ada malaikat-malaikat yang selalu menjaganya bergiliran, dari depan dan belakangnya. Mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia.”

Demikianlah doa seharihari pendek dan enak dihapal, yang disajikan oleh IBTimes.ID, semoga bermanfaat.

Editor: Saleh

Print Friendly, PDF & Email
Admin
165 posts

About author
IBTimes.ID - Kanal Moderasi Islam. Sebuah kanal media online yang mempunyai prinsip moderasi Islam’ (Wasathiyah) yang memadukan doktrin keislaman, perkembangan keilmuan (sains), dan nilai keindonesiaan.
Articles
Related posts
Doa

Doa Agar Terhindar dari Sifat Iri dan Dengki Beserta Artinya

1 Mins read
Diantara banyaknya sifat yang tidak disukai oleh Allah SWT dan dilarang dalam Islam, salah satunya adalah sifat iri dan dengki pada diri…
Doa

Doa Agar Senantiasa Tawakal Pada Allah

1 Mins read
Bertawakal sering kita artikan dengan berserah/pasrah diri kepada Allah SWT. Tawakal mungkin menjadi solusi terakhir ketika seseorang kebingungan atau mengalami jalan buntu…
Doa

Doa Berlindung dari Sifat Malas dan Artinya

1 Mins read
Pernahkah Anda merasa malas? Malas kuliah, malas sekolah, malas belajar, malas beribadah, malas bekerja dan rasa malas lainnya. Berbagai faktor juga menyebabkan…

Tinggalkan Balasan