Doa Ketika Bercermin dan Artinya - IBTimes.ID
Doa

Doa Ketika Bercermin dan Artinya

1 Mins read

Ketika Anda hendak berpergian, apa yang akan Anda perhatikan terlebih dahulu? Mungkinkah Anda akan pergi dalam keadaan yang kotor, berantakan dan berpenampilan tidak karuan?. Singkatnya adalah Anda akan selalu menomorsatukan penampilan Anda, entah dari ujung rambut sampai ujung kaki. Lalu, bagaimana doa ketika bercermin dalam Islam? Mari coba kita bahas.

Aktivitas bercermin adalah aktivitas yang pasti kita lakukan setiap hari. Bahkan, di rumah sekalipun kita akan selalu memperhatikan penampilan. Hal ini terjadi bukan saja karena sebuah rutinitas biasa, tetapi juga dianjurkan dalam Islam, yakni untuk selalu bernampilan bersih dan indah.

Selain itu, bercermin juga seharusnya menjadi ruang untuk kita merenung kembali akan indah dan sempurnanya ciptaan Tuhan, yakni manusia. Hal ini tercermin dalam sebuah firman Allah surah AtTin ayat 4, yang berbunyi:

لَقَدْ خَلَقْنَا الْاِنْسَانَ فِيْٓ اَحْسَنِ تَقْوِيْمٍۖ

Artinya: Sungguh, Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya,

Ayat di atas menyiratkan tentang kesempurnaan ciptaan Tuhan pada diri manusia, yang tidak terdapat pada makhluk ciptaan yang lainnya. Sehingga itulah yang sangat perlu untuk kita syukuri.

Terkadang kata bercermin itu identik sekali dengan mereka kaum hawa (perempuan). Terlihat bagaimana detail dan telitinya mereka ketika merias diri atau berdandan, mungkin saja bisa memakan waktu puluhan menit bahkan berjam jam.

Namun, apakah aktivitas bercermin ini hanya dilakukan oleh perempuan? Tentu saja tidak, kaum adam (laki laki) juga cukup teliti dalam menata penampilan mereka. Sehingga doa ketika bercermin diperuntukan untuk laki laki dan perempuan.

Doa Ketika Bercermin

Inilah doa ketika bercermin dalam Islam yang bisa kita baca:

اَللّٰهُمَّ كَمَا حَسَّـنْتَ خَلْقِـيْ فَحَسِّـنْ خُلُقِـيْ

Baca Juga  Setiap Doa Pasti Dikabulkan

Allohumma kamaa hassanta kholqii fahassin khuluqii

Artinya: “Ya Allah sebagaimana Engkau telah ciptakan aku dengan baik, maka perbaikilah akhlakku.” (HR. Ahmad)

Doa di atas sebagai bentuk memohon perlindungan, agar Allah SWT selalu menjaga akhlak yang baik. Sehingga sebagus apapun penampilan kita, kita tidak akan menjadi orang yang sombong di mata orang lain.

Akhirnya, tidak akan ada sebuah perubahan kecuali manusia itu sendiri yang memulainya. Perhatikanlah firman Allah di bawah ini:

لَهٗ مُعَقِّبٰتٌ مِّنْۢ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهٖ يَحْفَظُوْنَهٗ مِنْ اَمْرِ اللّٰهِ ۗاِنَّ اللّٰهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتّٰى يُغَيِّرُوْا مَا بِاَنْفُسِهِمْۗ وَاِذَآ اَرَادَ اللّٰهُ بِقَوْمٍ سُوْۤءًا فَلَا مَرَدَّ لَهٗ ۚوَمَا لَهُمْ مِّنْ دُوْنِهٖ مِنْ وَّالٍ

Artinya: “Baginya (manusia) ada malaikat-malaikat yang selalu menjaganya bergiliran, dari depan dan belakangnya. Mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia.” (Ar Ra’d: 11)

Demikianlah doa sehari sehari, untuk doa yang lain bisa diakses di rubrik doa pada website IBTimes.ID, semoga bermanfaat.

Editor: Saleh

Print Friendly, PDF & Email
Admin
165 posts

About author
IBTimes.ID - Kanal Moderasi Islam. Sebuah kanal media online yang mempunyai prinsip moderasi Islam’ (Wasathiyah) yang memadukan doktrin keislaman, perkembangan keilmuan (sains), dan nilai keindonesiaan.
Articles
Related posts
Doa

Doa Agar Terhindar dari Sifat Iri dan Dengki Beserta Artinya

1 Mins read
Diantara banyaknya sifat yang tidak disukai oleh Allah SWT dan dilarang dalam Islam, salah satunya adalah sifat iri dan dengki pada diri…
Doa

Doa Agar Senantiasa Tawakal Pada Allah

1 Mins read
Bertawakal sering kita artikan dengan berserah/pasrah diri kepada Allah SWT. Tawakal mungkin menjadi solusi terakhir ketika seseorang kebingungan atau mengalami jalan buntu…
Doa

Doa Berlindung dari Sifat Malas dan Artinya

1 Mins read
Pernahkah Anda merasa malas? Malas kuliah, malas sekolah, malas belajar, malas beribadah, malas bekerja dan rasa malas lainnya. Berbagai faktor juga menyebabkan…

Tinggalkan Balasan