Doa

Doa Setelah Makan Makanan Syubhat yang Bisa Dibaca

1 Mins read

Bila sewaktu waktu kita secara tidak sadar mengkomsumsi atau makan makanan syubhat, yaitu makanan yang belum jelas dan pasti secara kehalalannya. Maka hendaklah kita membaca doa ini. Sebuah doa khusus setelah makan makanan yang syubhat. Bagaimanakah bunyinya?

Doa Setelah Makan Makanan Syubhat

Adapun doa setelah makan makanan syubhat yang bisa kita baca yaitu:

اَلْحَمْدُ للهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ اَللَّهُمَّ لاَ تَجْعَلْهُ لَنَا قُوَّةً عَلَى مَعْصِيَتِكَ

“Alhamdu lillaahi ‘alaa kuli haalin. Allohumma laa taj’alhu lanaa quwwatan ‘alaa ma’shiatika”

Artinya: “Segala puji bagi Allah atas segala hal. Ya Allah, jangan jadikan makanan ini pada kami sebagai kekuatan untuk bermaksiat kepada-Mu.

Doa itu disebutkan dalam kitab Ihya Ulumuddin karya Imam Al-Ghazali di bawah ini:

وان اكل شبهة فليقل: اَلْحَمْدُ للهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ اَللَّهُمَّ لاَ تَجْعَلْهُ لَنَا قُوَّةً عَلَى مَعْصِيَتِكَ

Jika seseorang makan makanan syubhat, maka hendaknya dia mengatakan; Alhamdu lillaahi ‘alaa kuli haalin. Allohumma laa taj’alhu lanaa quwwatan ‘alaa ma’shiatika (Segala puji bagi Allah atas segala hal. Ya Allah, jangan jadikan makanan ini pada kami sebagai kekuatan untuk bermaksiat kepada-Mu).

Penutup Doa

Dalam Islam, salah satu aspek penting untuk diperhatikan dalam memilih makanan yang hendak dikomsumsi adalah aspek kehalalan dan kebaikan. Tidak hanya makanan yang menambah energi semata. Dalam Al-Qur’an dan hadis telah disebutkan bagaimana kriteria makanan halal dan baik itu. Tinggal bagaimana kita mau mengikuti dan menaatinya.

Sebagaiamana firman Allah Swt:

لَهٗ مُعَقِّبٰتٌ مِّنْۢ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهٖ يَحْفَظُوْنَهٗ مِنْ اَمْرِ اللّٰهِ ۗاِنَّ اللّٰهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتّٰى يُغَيِّرُوْا مَا بِاَنْفُسِهِمْۗ وَاِذَآ اَرَادَ اللّٰهُ بِقَوْمٍ سُوْۤءًا فَلَا مَرَدَّ لَهٗ ۚوَمَا لَهُمْ مِّنْ دُوْنِهٖ مِنْ وَّالٍ

Baca Juga  Bacaan Doa Setelah Melempar Jumrah dan Artinya

Artinya: “Baginya (manusia) ada malaikatmalaikat yang selalu menjaganya bergiliran, dari depan dan belakangnya. Mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia.(QS. Ar-Rad: 11)

Sekian doa ketika makan makanan syubhat, doa doa yang lain seperti doa supaya terhindar dari keracunan makanan bisa kalian akses di situs IBTimes.ID. Semoga bermanfaat.

Editor: Soleh

Print Friendly, PDF & Email
870 posts

About author
IBTimes.ID - Cerdas Berislam. Media Islam Wasathiyah yang mencerahkan
Articles
Related posts
Doa

Doa untuk Menjaga Kesehatan Mental dari Rasulullah Saw

1 Mins read
Facebook Telegram Twitter Linkedin email Kita sering mendengar istilah orang tidak sehat mental atau mengalami gangguan mental. Banyak sekali teori-teori yang menjelaskan…
Doa

Doa untuk Para Relawan Musibah dan Bencana Alam

1 Mins read
Facebook Telegram Twitter Linkedin email Musibah dan bencana alam bisa datang kapan saja. Indonesia saat ini sedang dilanda oleh berbagai macam musibah…
Doa

Doa Supaya Rezeki Tetap Lancar di Usia Tua

1 Mins read
Facebook Telegram Twitter Linkedin email Kala saat orang sudah menginjak usia tua, banyak aktivitas ataupun pekerjaan yang harus mereka tinggalkan karena kondisi…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *