Doa

Doa Ketika Menyambut Datangnya Pagi Hari

1 Mins read

Saat menyambut datangnya pagi hari, hendaklah kita mengawalinya dengan selalu senantiasa memuji dan memanjatkan doa kepada Allah Swt dengan segala nikmat yang telah diberikan kepada kita sekalian. Rasulullah Saw pun juga menganjurkan untuk selalu membaca doa di kala waktu pagi.

Pagi hari yang datang dengan segala keindahannya, tentu menambah rasa syukur di hati para hamba yang beriman. Lebih dari itu, untuk melengkapi keindahan itu, hendaknya dilengkapi dengan rasa aman, nyaman dan tenang di dalam hati.

Doa Menyambut Pagi Hari

Adapun doa yang biasa dipanjatkan oleh Rasulullah di waktu pagi, begini bunyinya:

اَللَّهُمَّ بِكَ أَصْبَحْنَا وَبِكَ أَمْسَيْنَا، وَبِكَ نَحْيَا، وَبِكَ نَمُوْتُ، وَإِلَيْكَ النُّشُوْرُ

Allāhumma bika ashbahnā, wa bika amsainā, wa bika nahyā, wa bika namūtu, wa ilaikan nusyūru.

Artinya: “Ya Allah, dengan-Mu aku berpagi hari, dengan-Mu aku bersore hari, dengan-Mu kami hidup, dengan-Mu kami mati. Hanya kepada-Mu (kami) kembali,” (HR Abu Dawud, At-Tirmidzi, Ibnu Majah, dan lainnya).

Doa itu adalah sejumlah doa yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah yang senantiasa diamalkan oleh Rasulullah Saw kala waktu pagi hari. Kemudian dikutip oleh Imam An-Nawawi dalam kitabnya Al-Adzkar (Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 63.)

Adapun doa lain yang diriwayatkan oleh Ibnu Mas’ud dalam Shahih Muslim di bawah ini:

أَصْبَحْنَا وَأَصْبَحَ الملْكُ للهِ، وَالحَمْدُ للهِ، لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ لَهُ الملْكُ وَلَهُ الحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ، رَبِّ أَسْأَلُكَ خَيْرَ مَا فِي هَذِهِ اللَّيْلَةِ وَخَيْرَ مَا بَعْدَهَا وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا فِي هَذِهِ اللَيْلَةِ وَشَرِّ مَا بَعْدَهَا، رَبِّ أَعُوذُ بِكَ مِنَ الكَسْلِ وَسُوْءِ الكِبَرِ، أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابٍ فِي النَّارِ وَعَذَابٍ فِي القَبْرِ

Baca Juga  Doa Saat Melihat Orang Lain Memakai Pakaian Baru

Artinya: “Kami dan kuasa Allah berpagi hari. Segala puji bagi Allah. Tiada tuhan selain Allah yang maha esa, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kuasa dan puji. Dia kuasa atas segala sesuatu. Tuhanku, aku memohon kepada-Mu kebaikan malam ini dan malam sesudahnya. Aku memohon perlindungan-Mu kejahatan malam ini dan malam sesudahnya. Tuhanku, aku memohon perlindungan-Mu dari kemalasan dan kedaifan masa tua. Aku memohon perlindungan-Mu dari siksa neraka dan siksa kubur,”

Banyak cara dalam kita menyambut pagi hari, yaitu dengan berolahraga, membaca al-Qur’an, membaca buku, dan aktivitas-aktivitas yang lainnya. Namun, sebelum melakukan semua itu, hendaklah kita senantiasa berdoa terlebih dahulu sesuai dengan doa dari Rasulullah Saw.

Penutup Doa

Sebagai penutup, sejenak kita renungkanlah firman Allah di bawah ini:

لَهٗ مُعَقِّبٰتٌ مِّنْۢ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهٖ يَحْفَظُوْنَهٗ مِنْ اَمْرِ اللّٰهِ ۗاِنَّ اللّٰهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتّٰى يُغَيِّرُوْا مَا بِاَنْفُسِهِمْۗ وَاِذَآ اَرَادَ اللّٰهُ بِقَوْمٍ سُوْۤءًا فَلَا مَرَدَّ لَهٗ ۚوَمَا لَهُمْ مِّنْ دُوْنِهٖ مِنْ وَّالٍ

Artinya: “Baginya (manusia) ada malaikat-malaikat yang selalu menjaganya bergiliran, dari depan dan belakangnya. Mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia.” (Ar-Rad: 11)

Demikianlah doa menyambut pagi hari, doa-doa yang lain bisa diakses di rubrik doa pada website IBTimes.ID. Semoga bermanfaat.

Editor: Soleh

Print Friendly, PDF & Email
188 posts

About author
IBTimes.ID - Kanal Moderasi Islam. Sebuah kanal media online yang mempunyai prinsip moderasi Islam’ (Wasathiyah) yang memadukan doktrin keislaman, perkembangan keilmuan (sains), dan nilai keindonesiaan.
Articles
Related posts
Doa

Bacaan Doa Saat Melihat Hilal Beserta Artinya

1 Mins read
Facebook Telegram Twitter Linkedin email Pertanda akan masuknya awal bulan Ramadhan adalah terlihatnya hilal. Bulan Ramadhan adalah bulan sangat mulia dan agung…
Doa

Doa untuk Menjaga Kesehatan Mental dari Rasulullah Saw

1 Mins read
Facebook Telegram Twitter Linkedin email Kita sering mendengar istilah orang tidak sehat mental atau mengalami gangguan mental. Banyak sekali teori-teori yang menjelaskan…
Doa

Doa untuk Para Relawan Musibah dan Bencana Alam

1 Mins read
Facebook Telegram Twitter Linkedin email Musibah dan bencana alam bisa datang kapan saja. Indonesia saat ini sedang dilanda oleh berbagai macam musibah…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *