Doa Ketika Marah dan Takut - IBTimes.ID
Doa

Doa Ketika Marah dan Takut

1 Mins read

Marah dan takut merupakan bagian dari emosi manusia. Keduanya sangat wajar terjadi, karena emosi memang salah satu yang erat kaitannya dengan manusia. Namun, yang perlu menjadi perhatian adalah bagaimana rasa marah dan takut tidak terlalu berlebihan dan tidak mengganggu diri sendiri maupun orang lain. Karenanya, salah satu pengendalian rasa marah dan takut yang bisa kita lakukan adalah dengan doa ketika marah dan takut.

Doa Ketika Marah dan Takut

Bagi umat beragama pada umumnya, doa menjadi salah satu media yang dapat memberikan pengaruh baik dalam diri kita. Jika kita berharap, menemukan sesuatu yang sulit, berjumpa dengan hal-hal baik, doa dapat menjadi jalan untuk mendukung keinginan kita selain ikhtiar/berusaha. Maka, jika kita ingin untuk tidak terlalu takut dan tidak berlebihan ketika marah, maka doa-doa berikut ini dapat kita lafalkan. Doa-doanya sangat sederhana dan begitu familiar dengan kehidupan kita.

Doa Ketika Marah

أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ

a’udzubillaahi mina sysyaithaanirrajiim
Artinya: “Aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk.”

Betul sekali, saat marah kita cukup melafalkan taawudz sebagai doa. Orang yang marah dalam agama Islam dipahami sebagai keadaan di mana terpengaruh sifat-sifat/godaan setan. Maka, dengan melafalkan doa ketika marah ini diharapkan saat kita sedang marah segera tersadarkan bahwa kita dekat dengan sifat-sifat setan dan harus segera menjauhinya.

Doa Ketika Takut

لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ

Laa ilaaha illallaah
Artinya: “Tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah.”

Tak kalah sederhana, doa ketika takut juga familiar dengan kita. Doa ini merupakan kalimat tahlil. Dengan doa ini, saat takut kita diharapkan untuk tidak terlalu berlarut-larut hingga takut pada sesuatu lebih dari Allah. Karena sejatinya tiada yang lebih berkuasa di alam semesta selain Allah, maka tidak sepantasnya kita takut secara berlebihan pada suatu makhluk di alam semesta ini.

Baca Juga  Doa untuk Orang Sakit

Demikian doa yang disadur dari situs web Muhammadiyah.or.id. Semoga bermanfaat dan kita senantiasa dapat mengendalikan emosi dengan baik.

Editor: Nabhan

Redaksi
221 posts

About author
IBTimes.ID - Cerdas Berislam. Media Islam Wasathiyah yang mencerahkan
Articles
Related posts
Doa

Doa untuk Orang Meninggal Laki-Laki dan Perempuan

2 Mins read
Ketika seorang muslim meninggal, baik laki-laki maupun perempuan, kita hendaknya berbicara yang baik dan mendoakannya. Lalu, bagaimanakan doa untuk orang meninggal laki-laki…
Doa

Empat Doa Melancarkan Rezeki

1 Mins read
Sebelum membahas doa melancarkan rezeki/doa rezeki lancar, kita perlu memahami konsep rezeki terlebih dahulu. Rezeki adalah hal yang dinanti oleh siapapun. Ia…
Doa

Doa Shalat Dhuha dan Artinya

1 Mins read
Doa shalat dhuha yang digunakan seorang muslim dan muslimah setelah mengerjakan shalat dhuha. Adapun bacaan doa shalat dhuha dan artinya sebagai berikut….

Tinggalkan Balasan

Mari Kolaborasi
Mari Berkolaborasi bersama kami "IBTimes.ID - Cerdas Berislam" dan para kontributor lainnya untuk memproduksi narasi Islam yang mencerahkan.
Donasi dapat melalui Bank Mandiri 137-00-5556665-3 a.n Litera Cahaya Bangsa