Doa Sebelum dan Sesudah Wudhu Serta Artinya - IBTimes.ID
Doa

Doa Sebelum dan Sesudah Wudhu Serta Artinya

1 Mins read

Wudhu merupakan salah satu syarat sah salat. Itu berarti jika wudhu tidak dilakukan maka salat tidak sah, sedangkan jika kesempurnaan wudhu diragukan, maka keabsahan salat diragukan. Sebaiknya, wudhu dilakukan didahului dan diakhiri dengan doa. Wudhu sebelum salat hukumnya wajib dilakukan, namun dapat pula menjadi sunnah dalam keadaan lain. Lalu, bagaimana doa sebelum dan sesudah wudhu serta artinya?

Doa Sebelum dan Sesudah Wudhu Serta Artinya

Doa sebelum wudhu cukup dengan mengucap lafadz basmalah (bismillah). Sementara itu setelah wudhu kita perlu mengucapkan syahadat. Amalan wudhu sejak niat dan doa sebelum wudhu. Doa ini dapat menjadi berkah bagi kita. Melalui doa-doa, terutama doa wudhu dan artinya ini kita dapat meluruskan niat serta mengulang syahadat yang perlu dilakukan dalam setiap hari di kehidupan kita.

Doa-doa yang dikutip dari situs Muhammadiyah.or.id ini sangat sederhana dan dapat dihafalkan dengan mudah. Teks doa sebelum dan setelah wudhu dapat dibaca di bawah ini:

Doa Sebelum Wudhu

بِسْمِ اللهِ

Bismillaah
Artinya: “Dengan nama Allah (aku berwudhu)”

Doa ini menjadi simbol bahwa wudhu yang kita lakukan untuk beribadah semata-mata dilakukan untuk Allah SWT. Hal ini menegaskan bahwa ibadah dan ritual-ritual yang kita lakukan ditujukan pada Sang Pencipta dan pengatur seluruh alam.

Doa Sesudah Wudhu

أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ

Asyhadu an laa ilaaha illallah wahdah laa syariika lah, wa asyhadu anna Muhammadan abduhu wa rasuuluh
Artinya: “Aku bersaksi, bahwa tiada Tuhan yang haq kecuali Allah, Yang Maha Esa dan tiada sekutu bagi-Nya. Aku bersaksi, bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya”

Demikian doa sebelum dan sesudah wudhu serta artinya, doa-doa lain dapat dibaca dalam rubrik Doa. Semoga bermanfaat.

Baca Juga  Doa untuk Menenangkan Bayi Menangis

Editor: Nabhan

Redaksi
221 posts

About author
IBTimes.ID - Cerdas Berislam. Media Islam Wasathiyah yang mencerahkan
Articles
Related posts
Doa

Doa untuk Orang Meninggal Laki-Laki dan Perempuan

2 Mins read
Ketika seorang muslim meninggal, baik laki-laki maupun perempuan, kita hendaknya berbicara yang baik dan mendoakannya. Lalu, bagaimanakan doa untuk orang meninggal laki-laki…
Doa

Empat Doa Melancarkan Rezeki

1 Mins read
Sebelum membahas doa melancarkan rezeki/doa rezeki lancar, kita perlu memahami konsep rezeki terlebih dahulu. Rezeki adalah hal yang dinanti oleh siapapun. Ia…
Doa

Doa Shalat Dhuha dan Artinya

1 Mins read
Doa shalat dhuha yang digunakan seorang muslim dan muslimah setelah mengerjakan shalat dhuha. Adapun bacaan doa shalat dhuha dan artinya sebagai berikut….

Tinggalkan Balasan

Mari Kolaborasi
Mari Berkolaborasi bersama kami "IBTimes.ID - Cerdas Berislam" dan para kontributor lainnya untuk memproduksi narasi Islam yang mencerahkan.
Donasi dapat melalui Bank Mandiri 137-00-5556665-3 a.n Litera Cahaya Bangsa