Doa

Inilah Doa Rutin Nabi Isa di Waktu Pagi Hari

1 Mins read

Saat menyambut pagi hari, dengan segala keindahan dan keberkahan yang mengiringinya. Salah satu Nabi yang rutin membaca doa di pagi hari adalah Nabi Isa. Tentu doa yang selalu dipanjatkan oleh beliau juga bagus dan baik untuk kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari. Lalu, bagaimanakah bunyi doanya?

Doa Nabi Isa Pagi Hari

Sebagaimana doa yang disebutkan dalam kitab Ihya Ulumuddin, Imam Al-Ghazali pernah menyebutkan akan adanya doa yang senantiasa dibaca oleh Nabi Isa di waktu pagi hari. Berikut bunyi doanya:

اللَّهُمَّ إنِّي أَصْبَحْتُ لَا أَسْتَطِيْعُ دَفْعَ مَا أَكْرَهُ ، وَلَا أَمْلِكُ نَفْعَ مَا أَرْجُوْ ، وَأَصْبَحَ الْأَمْرُ بِيَدِ غَيْرِي ، وَأَصْبَحْتُ مُرْتَهَناً بِعَمَلِي فَلَا فَقِيْرَ أَفْقَرُ مِنِّي. اللَّهُمَّ لَا تُشْمِتْ بِي عَدُوِّي ، وَلَا تَسُؤْ بِي صَدِيْقِي ، وَلَا تَجْعَلْ مُصِيْبَتِي فِي دِيْنِي ، وَلَا تَجْعَلِ الدُّنْيَا أَكْبَرَ هَمِّي ، وَلَا تُسَلِّطْ عَلَيَّ مَنْ لَا يَرْحَمُنِي ، يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ.

Allohumma inni ashabahtu la astathi’u daf’a ma akrohu wa la amliku naf’a ma arju wa ashbahal amru biyadi ghairi wa ashbahtu murtahanan bi a’amali fala faqiro afaqaru minni. Allohumma la tusymit bi ‘aduwwi wala tasu’ bi shodiqi wala taj’al mushibati fi dini wala taj’alid dunya akbaro hammi wala tusalith ‘alayya man la yarhamuni ya hayyu ya qoyyum.

Artinya: ”Ya Allah, setiap pagi saya tak mampu menghindar dari apa yang saya benci, saya pun tak kuasa mendapatkan apa yang saya inginkan. Segala urusan ada di luar kekuasaan saya, diri saya tergadaikan dengan perbuatan saya, maka tidak ada yang lebih miskin dari saya. Jangan Engkau beri kegembiraan musuh di atas penderitaan saya. Jangan Engkau jadikan cobaan saya dalam agama saya. Jangan Engkau jadikan urusan dunia sebagai kesusahan terbesar saya. Jangan Engkau jadikan orang yang tak mengasihani saya sebagai pemimpin saya. Ya Allah yang Maha Hidup dan Mengurus Segala Sesuatu.”

Penutup Doa

Selain doa di atas yang dibaca oleh Nabi Isa. Masih banyak amalan dan doa-doa lain yang bisa kita baca dan amalkan di waktu pagi hari. Semuanya sudah tercantum dalam Al-Qur’an dan hadis. Mari diamalkan dengan ikhlas sehingga berdampak baik bagi diri kita sendiri.

Baca Juga  Doa Shalat Dhuha dan Artinya

Perhatikan firman Allah Swt di bawah ini:

لَهٗ مُعَقِّبٰتٌ مِّنْۢ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهٖ يَحْفَظُوْنَهٗ مِنْ اَمْرِ اللّٰهِ ۗاِنَّ اللّٰهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتّٰى يُغَيِّرُوْا مَا بِاَنْفُسِهِمْۗ وَاِذَآ اَرَادَ اللّٰهُ بِقَوْمٍ سُوْۤءًا فَلَا مَرَدَّ لَهٗ ۚوَمَا لَهُمْ مِّنْ دُوْنِهٖ مِنْ وَّالٍ

Artinya: “Baginya (manusia) ada malaikat-malaikat yang selalu menjaganya bergiliran, dari depan dan belakangnya. Mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia” (QS. Ar-Rad: 11)

Sekian doa Nabi Isa pagi hari dari IBTimes.ID. Semoga bermanfaat.

Editor: Soleh

Print Friendly, PDF & Email
871 posts

About author
IBTimes.ID - Cerdas Berislam. Media Islam Wasathiyah yang mencerahkan
Articles
Related posts
Doa

Bacaan Doa Saat Melihat Hilal Beserta Artinya

1 Mins read
Facebook Telegram Twitter Linkedin email Pertanda akan masuknya awal bulan Ramadhan adalah terlihatnya hilal. Bulan Ramadhan adalah bulan sangat mulia dan agung…
Doa

Doa untuk Menjaga Kesehatan Mental dari Rasulullah Saw

1 Mins read
Facebook Telegram Twitter Linkedin email Kita sering mendengar istilah orang tidak sehat mental atau mengalami gangguan mental. Banyak sekali teori-teori yang menjelaskan…
Doa

Doa untuk Para Relawan Musibah dan Bencana Alam

1 Mins read
Facebook Telegram Twitter Linkedin email Musibah dan bencana alam bisa datang kapan saja. Indonesia saat ini sedang dilanda oleh berbagai macam musibah…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *