Doa Ketika Mendengar Petir dan Artinya - IBTimes.ID
Doa

Doa Ketika Mendengar Petir dan Artinya

1 Mins read

Sebelum rintik hujan turun dengan derasnya, gemuruh petir selalu mendahului. Dalam artian, petir selalu menandakan akan turunnya hujan. Terkadang juga, hujan turun pun disertai halilintar yang menyambar. Ketika kita mendengar petir, hendaknya kita berdoa kepada Allah SWT. Bagaimana doa ketika mendengar petir dalam Islam?

Sebelum masuk pada lafadz doa, pada AlQur’an surah ArRa’d ayat 12-13, juga dijelaskan tentang fenomena petir. Sebagaimana arti dari ayat tersebut:

Artinya: “Dialah yang memperlihatkan kilat kepadamu, yang menimbulkan ketakutan dan harapan, dan Dia menjadikan mendung. Dan guruh bertasbih memuji-Nya (demikian pula) para malaikat karena takut kepada-Nya, dan Allah melepaskan halilintar, lalu menimpakan kepada siapa yang Dia kehendaki, sementara mereka berbantah-bantahan tentang Allah, dan Dia Maha Keras siksaan-Nya”.

Doa Ketika Mendengar Petir

Dalam Islam juga menganjurkan umatnya untuk membaca doa ketika mendengar petir. Berikut bunyi doanya:

سُبْحَانَ الَّذِيْ يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمِدِهِ وَالْمَلاَئِكَةُ مِنْ خِيْفَتِهِ

Subhaanalladzi yusabbihur ra’du bihamdihi wal malaaikatu min khiifatihi

Artinya: “Maha Suci Allah yang halilintar bertasbih dengan memuji-Nya, begitu juga para malaikat, karena takut kepadaNya” (HR. Imam Malik: 1576)

Doa lain juga datang dari Ikrimah, ia mengatakan bahwa Ibnu Abbas Radhiyallahu Anhuma tatkala mendengar petir, beliau mengucapkan ini:

سُبْحَانَالَّذِي سَبَّحَتْ لَهُ

Artinya: “ Maha suci Allah yang petir bertasbih kepada-Nya”

Itulah doa yang bisa dilafadzkan ketika mendengar petir, yang bisa kita gunakan sesuai waktu dan tempatnya. Sejatinya, petir menjadi pengingat sekaligus peringatan terhadap manusia dalam mengingat Allah SWT. Sehingga dirinya terus berbenah diri dalam segala aspek kehidupan.

Sebagaimana Allah SWT berfirman:

لَهٗ مُعَقِّبٰتٌ مِّنْۢ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهٖ يَحْفَظُوْنَهٗ مِنْ اَمْرِ اللّٰهِ ۗاِنَّ اللّٰهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتّٰى يُغَيِّرُوْا مَا بِاَنْفُسِهِمْۗ وَاِذَآ اَرَادَ اللّٰهُ بِقَوْمٍ سُوْۤءًا فَلَا مَرَدَّ لَهٗ ۚوَمَا لَهُمْ مِّنْ دُوْنِهٖ مِنْ وَّالٍ

Baca Juga  Doa Sujud Tilawah dan Artinya

Artinya: “Baginya (manusia) ada malaikat-malaikat yang selalu menjaganya bergiliran, dari depan dan belakangnya. Mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia.” (QS. Ar-Ra’d: 11)

Demikianlah doa ketika mendengar petir, doa yang lain bisa diakses di rubrik doa pada website IBTimes.ID. Semoga bermanfaat.

Editor: Saleh

Print Friendly, PDF & Email
Admin
165 posts

About author
IBTimes.ID - Kanal Moderasi Islam. Sebuah kanal media online yang mempunyai prinsip moderasi Islam’ (Wasathiyah) yang memadukan doktrin keislaman, perkembangan keilmuan (sains), dan nilai keindonesiaan.
Articles
Related posts
Doa

Doa Agar Terhindar dari Sifat Iri dan Dengki Beserta Artinya

1 Mins read
Diantara banyaknya sifat yang tidak disukai oleh Allah SWT dan dilarang dalam Islam, salah satunya adalah sifat iri dan dengki pada diri…
Doa

Doa Agar Senantiasa Tawakal Pada Allah

1 Mins read
Bertawakal sering kita artikan dengan berserah/pasrah diri kepada Allah SWT. Tawakal mungkin menjadi solusi terakhir ketika seseorang kebingungan atau mengalami jalan buntu…
Doa

Doa Berlindung dari Sifat Malas dan Artinya

1 Mins read
Pernahkah Anda merasa malas? Malas kuliah, malas sekolah, malas belajar, malas beribadah, malas bekerja dan rasa malas lainnya. Berbagai faktor juga menyebabkan…

Tinggalkan Balasan