Doa Menyelesaikan Segala Masalah - IBTimes.ID Doa
Doa

Doa Menyelesaikan Segala Masalah

1 Mins read

Setiap manusia pasti pernah menghadapi masalah. Manusia bahkan tidak bisa menghindar dari masalah. Namun, yang membedakan antara seseorang dengan yang lain adalah bagaimana cara menghadapi masalah. Ada seseorang yang lari dari masalah, menghindar, dan tidak bertanggungjawab. Ada juga yang mencoba menyelesaikan masalah baik-baik. Ada yang mengucapkan doa menyelesaikan segala masalah, ada yang mengutuk masalah.

Orang yang mencoba untuk menyelesaikan masalah terkadang merasa terlalu berat jika menyelesaikan sendirian. Padahal, sesuai janji Allah, seseorang tidak akan mendapatkan masalah yang ia tidak mampu menyelesaikannya. Artinya, masalah yang diujikan oleh Allah sudah pasti dapat diselesaikan oleh orang tersebut, asalkan ia mau berusaha dan yakin dengan janji Allah.

Doa Menyelesaikan Segala Masalah

Maka, semua orang membutuhkan doa yang dapat membantunya menyelesaikan masalah. Semua orang membutuhkan doa untuk melibatkan Allah pada masalah tersebut. Adapun doa tersebut adalah:


اللَّهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ العَفْوَ وَالعَافِيَةَ فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ، اللَّهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ العَفْوَ وَالعَافِيَةَ فِي دِينِي وَدُنْيَايَ وَأَهْلِي وَمَالِي، اللَّهُمَّ اسْتُرْ عَوْرَاتِي، وَآمِنْ رَوْعَاتِي، اللَّهُمَّ احْفَظْنِي مِنْ بَيْنَ يَدَيَّ، وَمِنْ خَلْفِي، وَعَنْ يَمِينِي، وَعَنْ شِمَالِي، وَمِنْ فَوْقِي، وَأَعُوذُ بِعَظَمَتِكَ أَنْ أُغْتَالَ مِنْ تَحْتِي

Allahumma innii as-alukal ‘afwa wal ‘aafiyah fid dun-yaa wal aakhirah. allahumma innii as-alukal ‘afwa wal ‘aafiyah fi diini wa dunyaa-ya wa ahlii wa maalii. allahummas-tur ‘au-raatii wa aamin rau-’aatii. allahummah-fadz-nii min baini yadayya wa min khalfii wa ‘an yami inii wa ‘an syimaalii wa min fauqii. wa a-’uudzu bi ‘adzmatika an-ughtaala min tahtii.

Artinya: “Ya Allah, Sesungguhnya aku memohon ampunan dan terbebas dari masalah di dunia dan akhirat. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon ampunan dan terbebas dari masalah dalam urusan agama, dunia, keluarga dan hartaku. Ya Allah, tutupilah auratku dan tenangkanlah aku dari rasa takut. Ya Allah! Jagalah aku dari arah muka, belakang, kanan, kiri dan dari atasku, dan aku berlindung dengan kebesaranMu, agar aku tidak dihancurkan dari bawahku.”

Adapun jika terlalu sulit menghafalkan atau sulit melafalkan doa yang panjang, ada juga doa menyelesaikan segala masalah yang pendek agar memudahkan orang yang berdoa, yang berbunyi:

Baca Juga  Kiat Sukses dengan Selalu Melibatkan Allah SWT

اَللَّهُمَّ لا سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَ أَنْتَ تَجْعَلُ الْحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Allahumma laa sahla illa maa ja’altahu sahla wa anta taj’alu al-hazna idza syi’ta sahla

Artinya: “Ya Allah tak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau jadikan mudah, dan yang sulit bisa Engkau permudah bila Engkau kehendaki mudah.”

Sedangkan, doa yang lebih sederhana lagi, yang bersifat umum berbunyi:

اَللّهُمَّ يَسِّرْ وَ لَا تُعَسِّر

Alloohumma yassir wa laa tu’assir

Artinya: “Ya Allah mudahkanlah dan jangan Engkau persulit.”

Demikian doa menyelesaikan segala masalah. Semoga dapat membantu menenangkan hati sekaligus memperlancar dalam menghadapi masalah.

Editor: Yusuf R Y/Nabhan

Avatar
1023 posts

About author
IBTimes.ID - Cerdas Berislam. Media Islam Wasathiyah yang mencerahkan
Articles
Related posts
Doa

Doa untuk Orang Meninggal Laki-Laki dan Perempuan

2 Mins read
Ketika seorang muslim meninggal, baik laki-laki maupun perempuan, kita hendaknya berbicara yang baik dan mendoakannya. Lalu, bagaimanakan doa untuk orang meninggal laki-laki…
Doa

Empat Doa Melancarkan Rezeki

1 Mins read
Sebelum membahas doa melancarkan rezeki/doa rezeki lancar, kita perlu memahami konsep rezeki terlebih dahulu. Rezeki adalah hal yang dinanti oleh siapapun. Ia…
Doa

Doa Shalat Dhuha dan Artinya

1 Mins read
Doa shalat dhuha yang digunakan seorang muslim dan muslimah setelah mengerjakan shalat dhuha. Adapun bacaan doa shalat dhuha dan artinya sebagai berikut….

Tinggalkan Balasan

Mari Kolaborasi
Mari Berkolaborasi bersama kami "IBTimes.ID - Cerdas Berislam" dan para kontributor lainnya untuk memproduksi narasi Islam yang mencerahkan.
Donasi dapat melalui Bank Mandiri 137-00-5556665-3 a.n Litera Cahaya Bangsa