Doa Qunut Subuh Lengkap dan Artinya - IBTimes.ID
Doa

Doa Qunut Subuh Lengkap dan Artinya

1 Mins read

Qunut adalah bagian dari salat yang lazim dilakukan sebagian umat Islam sedunia. Biasanya, qunut dibaca saat salat subuh setelah iktidal dengan doa tertentu di dalamnya.

Qunut Subuh

Mengenai hukum membaca doa qunut subuh lengkap, para ulama berbeda pendapat mengenainya terus menerus. Imam Abu Hanifah menyimpulkan bahwa doa qunut subuh itu tidak ada.

Imam Malik dan Imam Syafi’i berpendapat qunut subuh hukumnya sunah. Sedangkan Imam Ahmad menyimpulkan, qunut subuh berlaku saat ada masalah besar dan perlu mendoakan, yakni qunut nazilah.

Doa Qunut Subuh Lengkap dan Artinya

Berikut adalah bacaan doa qunut subuh lengkap sebagaimana dalam kitab Al-Adzkar oleh Imam Al-Nawawi:

اَللّهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَقِنِيْ شَرَّمَا قَضَيْتَ فَاِ نَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Bacaan latinnya: “Allahummahdini fî man hadait, wa ‘âfini fî man ‘âfait, wa tawallanî fî man tawallait, wa bâriklî fî mâ a‘thait, wa qinî syarra mâ qadhait, fa innaka taqdhî wa lâ yuqdhâ ‘alaik, wa innahû lâ yazillu man wâlait, wa lâ ya‘izzu man ‘âdait, tabârakta rabbanâ wa ta‘âlait, fa lakal hamdu a’lâ mâ qadhait, wa astagfiruka wa atûbu ilaik, wa shallallâhu ‘alâ sayyidinâ muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘alâ âlihi wa shahbihi wa sallam.”

Artinya: “Ya Allah tunjukkanlah akan daku sebagaiman mereka yang telah Engkau tunjukkan. Dan berilah kesehatan kepadaku sebagaimana mereka yang Engkau telah berikan kesehatan. Dan jagalah aku sebagaimana orang yang telah Engkau jaga. Dan berilah keberkatan bagiku pada apa-apa yang telah Engkau karuniakan. Dan selamatkan aku dari bahaya kejahatan yang Engkau telah tentukan. Maka sesungguhnya Engkaulah yang menghukum dan bukan kena hukum. Maka sesungguhnya tidak hina orang yang Engkau pimpin. Dan tidak mulia orang yang Engkau memusuhinya. Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Maha tinggi Engkau. Maha bagi Engkau segala pujian di atas yang Engkau hukumkan. Ku memohon ampun dari Engkau dan aku bertaubat kepada Engkau. (Dan semoga Allah) mencurahkan rahmat dan sejahtera ke atas junjungan kami Nabi Muhammad, keluarga dan sahabatnya.”

Demikian semoga artikel ini bermanfaat dalam menambah pengetahuan kita tentang khazanah keislaman. Semoga juga dapat meningkatkan kualitas ibadah kita, terutama salat dan lebih spesifik lagi salat subuh.

Baca Juga  Ramai Virus Corona, Inilah Doa Agar Terhindar dari Penyakit Menular!

Editor: Yahya FR/Nabhan

Redaksi
99 posts

About author
IBTimes.ID - Kanal Moderasi Islam. Sebuah media online yang berprinsip pada wasathiyah Islam dengan memadukan doktrin keislaman, perkembangan sains mutakhir, dan nilai keindonesiaan.
Articles
    Related posts
    Doa

    Doa Keluar Rumah dan Artinya

    1 Mins read
    Dari masa ke masa, manusia adalah makhluk yang berevolusi soal rumah. Dahulu, manusia purba tinggal di goa, seiring berjalannya waktu dan adanya…
    Doa

    Doa Shalat Istikharah Lengkap dan Artinya

    1 Mins read
    Pernahkah anda berada dalam keadaan yang membingungkan dan dilematis untuk memilih satu pilihan? Keadaan ini mungkin kita jumpai saat berada di antara…
    Doa

    Doa Minta Hujan Lengkap dan Artinya

    1 Mins read
    Cuaca sedang panas-panasnya dan jarang hujan dalam kemarau panjang? Atau sudah musim hujan namun jarang hujan? Tentu kita mengharapkan hujan yang membawa…

    Tinggalkan Balasan