Doa Setelah Kamu Mengalami Mimpi Buruk - IBTimes.ID
Doa

Doa Setelah Kamu Mengalami Mimpi Buruk

1 Mins read

Pernahkah Anda mimpi buruk? Lalu terbangun dan merasa bahwa itu benar-benar terjadi? Bagaimana perasaan Anda ketika bangun, yang ternyata itu hanya mimpi? Semoga Anda tetap mencoba bersikap tenang dan memperbanyak istigfhar kepada Allah Swt. Selain itu, ada doa yang dianjurkan untuk dibaca saat mengalami mimpi buruk dari Rasulullah Saw.

Doa Setelah Mimpi Buruk

Tak jarang mimpi buruk itu membuat kita terbangun dari tempat tidur, sehingga tidur pun terganggu dan membuat hati tidak tenang. Maka dari itu, adapun doa yang dapat dibaca yaitu:

هُوَ اللهُ ، اَللهُ رَبِّيْ لَا شَرِيْكَ لَهُ. أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّةِ مِنْ غَضَبِهِ وَمِنْ شَرِّ عِبَادِهِ وَمِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِيْنِ وَأَنْ يَحْضُرُوْنِ

Huwallahu, allahu rabbi, la syarika lahu. A’udzu bikalimatillahit tammati min ghadhabihi wa min syarri ibadihi wamin hamazatis syayatini wa an yahdhuruni.

Artinya: “Dialah Allah. Allah Tuhanku. Tiada sekutu bagi-Nya. Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari murka-Nya, kejahatan para hamba-Nya, dan godaan setan. Aku pun berlindung kepada-Nya dari kepungan setan itu.” (HR. Ibnu Sunni, Abdu Dawud, dan at-Tirmidzi)

Adapun doa lain yang bisa dibaca juga:

أَللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَمَلِ الشَّيْطَان وَسَيِّئاَتِ اْلأَحْلاَمِ

Allohumma inni a’zubika min ‘amalis syaithoni wa sayyi-atil ahlam.

Artinya: “Yaa Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari perbuatan setan dan dari mimpi-mimpi buruk”

Selain membaca doa di atas, ada juga beberapa usaha atau ikhtiar yang bisa kita lakukan. Adapun diantaranya; Pertama, berusaha tenang dan memperbanyak istighfar. Kedua, membaca/melafadzkan doa mimpi buruk yang dianjurkan oleh Rasulullah Saw sebagaimana doa di atas.

Ketiga, berpindah tempat tidur ke tempat yang lain. Sebagaimana yang dijelaskan oleh Ibnu Hajar al-‘Asqalani; “Adapun berpindah posisi dari tempat tidur karena bertujuan tafa’ul (mengharap kebaikan) dengan berpindah keadaan yang sedang dialaminya. (Fath al-Bari juz 12 hal.371). Keempat, melaksanakan ibadah shalat dan memohon penjagaan/perlindungan kepada Allah Swt serta menambah pahala di sisi-Nya.

Baca Juga  Baca Doa Ini Agar Segala Keinginan Cepat Tercapai

Penutup Doa

Allah akan selalu menjaga hamba-hambanya yang selalu membutuhkan penjagaan dan perlindungan. Sebagaimana firman Allah berikut ini:

لَهٗ مُعَقِّبٰتٌ مِّنْۢ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهٖ يَحْفَظُوْنَهٗ مِنْ اَمْرِ اللّٰهِ ۗاِنَّ اللّٰهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتّٰى يُغَيِّرُوْا مَا بِاَنْفُسِهِمْۗ وَاِذَآ اَرَادَ اللّٰهُ بِقَوْمٍ سُوْۤءًا فَلَا مَرَدَّ لَهٗ ۚوَمَا لَهُمْ مِّنْ دُوْنِهٖ مِنْ وَّالٍ

Artinya: “Baginya (manusia) ada malaikat-malaikat yang selalu menjaganya bergiliran, dari depan dan belakangnya. Mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia.”  (QS. Ar-Rad: 11)

Demikianlah doa mimpi buruk, doa-doa yang lain bisa diakses di rubrik doa pada website IBTimes.ID. Selamat mengamalkan.

Editor: Saleh

Print Friendly, PDF & Email
Redaksi
573 posts

About author
IBTimes.ID - Cerdas Berislam. Media Islam Wasathiyah yang mencerahkan
Articles
Related posts
Doa

Doa Memotong Kuku dan Artinya

1 Mins read
Islam adalah agama yang sangat cinta akan kebersihan dan keindahan. Apabila saat hendak beribadah, dimulai dari badan hingga pakaian harus dalam keadaan…
Doa

Inilah Bacaan Doa Penghapus Dosa

1 Mins read
Tidak ada satupun dari kita yang hidup tanpa salah dan dosa. Namun, hidup dengan banyak dosa tentu membuat tidak tenang dan nyaman….
Doa

Doa Ketika Dipuji Orang Lain dan Artinya

2 Mins read
Mungkin kita senang memuji orang lain atau orang lain juga senang memuji kita, tapi pasti kita pernah merasakan di dua sisi tersebut….

Tinggalkan Balasan