Doa Supaya Terhindar dari Penyakit Hati - IBTimes.ID
Doa

Doa Supaya Terhindar dari Penyakit Hati

1 Mins read

Doa Supaya Terhindar dari Penyakit Hati—Setiap orang tentu memiliki sifat yang berbeda-beda. Memiliki hati bersih tentu keinginan setiap orang agar terhindar dari sifat tercela. Namun sayangnya, hati tidak selamanya bersih. Banyak penyakit yang kerap menghinggapi hati manusia seperti iri, dengki, dendam, sombong, dan sebagainya. Hati yang terkena penyakit dapat mengarahkan manusia untuk berbuat nista. Bahkan dapat mendatangkan bahaya.

Hati merupakan pusat dari seluruh anggota tubuh manusia. Jika hati ini baik, maka seluruhnya akan baik pula. Sebaliknya, jika hati itu rusak, penyakit hati menjangkiti, maka rusak juga seluruh anggota.

Sebagaimana yang Nabi sabdakan:

أَلاَ وَإِنَّ فِي الْجَسَدِ مُضْغَةً، إِذَا صَلَحَتْ صَلَحَ الْجَسَدُ كُلُّهُ، وَإِذَا فَسَدَتْ فَسَدَ الْجَسَدُ كُلُّهُ، أَلاَ وَهِيَ الْقَلْبُ

“Ketahuilah, sesungguhnya di dalam tubuh terdapat segumpal daging. Jika segumpal daging itu baik, maka baiklah seluruh tubuhnya, dan jika segumpal daging tersebut buruk, maka) buruklah seluruh tubuhnya. Ketahuilah, segumpal daging itu adalah hati”. (HR al Bukhari dan Muslim)

Kerusakan hati merupakan suatu hal yang fatal, karena penyakit hati lebih rumit untuk diobati daripada penyakit yang terjadi secara zahir, karena penyakit hati merupakan penyakit batin. Di antara penyakit hati yaitu ‘Ujub, Takabbur, Sum’ah, dan Hasud.

Doa Supaya Terhindar dari Penyakit Hati

Rasulullah Muhammad SAW mengajarkan sebuah doa untuk membersihkan hati. Doa ini tercantum dalam hadis riwayat Muslim dari Zaid bin Arqam Radliyallahu ‘Anha. Berikut doanya.

أللهم آت نفسي تقواها, و زكها أنت خير من زكّاها, أنت وليها, أللهم إنّي أعوذ بك من علم لا ينفع, و من قلب لا يخشع, و من نفس لا تشبع, و من دعوة لا يستجاب لها

Allahumma ati takwaha wa zakkiha anta khoiru man zakkaha anta waliyyuha wa maulaha. Allahumma inni a’uzubika min ‘ilmin la yanfa’u wa min qolbin la yakhsya’u wa min nafsin la tasyba’u wa min da’watin la yustabu laha.

Artinya:

Baca Juga  Doa Ditolak? Introspeksi Dulu Yuk!

“Ya Allah, karuniakan ketakwaan pada jiwaku. Sucikanlah ia, sesungguhnya Engkaulah sebaik-baik yang mensucikannya, Engkau-lah yang menjaga serta melindunginya. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak manfaat, hati yang tidak khusyuk, dan doa yang tidak dikabulkan.”

Admin
116 posts

About author
IBTimes.ID - Kanal Moderasi Islam. Sebuah kanal media online yang mempunyai prinsip moderasi Islam’ (Wasathiyah) yang memadukan doktrin keislaman, perkembangan keilmuan (sains), dan nilai keindonesiaan.
Articles
Related posts
Doa

Doa Keluar Rumah dan Artinya

1 Mins read
Dari masa ke masa, manusia adalah makhluk yang berevolusi soal rumah. Dahulu, manusia purba tinggal di goa, seiring berjalannya waktu dan adanya…
Doa

Doa Shalat Istikharah Lengkap dan Artinya

1 Mins read
Pernahkah anda berada dalam keadaan yang membingungkan dan dilematis untuk memilih satu pilihan? Keadaan ini mungkin kita jumpai saat berada di antara…
Doa

Doa Minta Hujan Lengkap dan Artinya

1 Mins read
Cuaca sedang panas-panasnya dan jarang hujan dalam kemarau panjang? Atau sudah musim hujan namun jarang hujan? Tentu kita mengharapkan hujan yang membawa…

Tinggalkan Balasan