Doa

Doa Taubat untuk Diri Sendiri dan Artinya

1 Mins read

Taubat artinya kita berusaha merenung dan merefleksikan segala bentuk aktivitas atau perbuatan yang telah kita lakukan selama hidup di dunia dibarengi dengan penyelesalan dalam diri dan bermaksud untuk menjadi lebih baik. Dalam Islam, ada doa yang dapat kita amalkan ketika hendak melakukan taubat.

Banyak juga ayat-ayat al-qur’an ataupun hadits yang menjelaskan tentang taubat. Sejatinya, manusia tidak akan bisa luput dari berbuat salah dan dosa akan dirinya sendiri ataupun terhadap orang lain. Sehingga taubat adalah jalan yang pas untuk kita memohon ampun kepada Allah dan berbenah diri sendiri.

Doa Taubat dalam Al-Qur’an dan Hadits

Ketika hendak melaksanakan taubat kepada Allah, terdapat doa yang dianjurkan untuk dibaca. Bunyinya di bawah ini:

رَبِّ إِنِّي ظَلَمْتُ نَفْسِي فَاغْفِرْ لِي

“Ya Tuhanku, sesungguhnya aku telah menganiaya diriku sendiri karena itu ampunilah aku”.

Doa di atas adalah doa Nabi Musa AS yang termaktub dalam al-Qur’an surah Al-Qashash ayat 16. Sebagaimana doa tersebut dilafadzkan oleh Nabi Musa kala memohon ampun kepada Allah Swt.

Selain doa dari Al-Qur’an di atas, doa lain yang dapat dibaca berdasarkan hadits Bukhari dan Muslim yaitu:

اللَّهُمَّ إِنِّي ظَلَمْتُ نَفْسِي ظُلْمًا كَثِيرًا، وَلاَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ أَنْتَ فَاغْفِرْ لِي مَغْفِرَةً مِنْ عِنْدِكَ، وَارْحَمْنِي،إِنَّكَ أَنْتَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ

Artinya: “Ya Allah, sungguh aku telah menzhalimi diriku sendiri dengan kezhaliman yang banyak, sedangkan tidak ada yang dapat mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau. Maka itu ampunilah aku dengan suatu pengampunan dari sisi-Mu, dan rahmatilah aku. Sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Tentu bertaubat tidak hanya sebatas kita memohon ampun kepada Allah, namun bagaimana menjadikan diri kita menjadi lebih baik dari yang sebelumnya. Dan itu semua tidak terlepas dari segala usaha dan ikhtiar kita.

Baca Juga  Usai Diturunkan dari Surga, Ini Doa Nabi Adam AS

Renungkan firman Allah di bawah ini:

اِنَّ اللّٰهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتّٰى يُغَيِّرُوْا مَا بِاَنْفُسِهِمْۗ

Artinya: Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri.”  (QS. Ar-Rad: 11)

Demikianlah doa taubat, doa yang lain bisa diakses di rubrik doa pada situs web IBTimes.ID. Mari amalkan.

Editor: Soleh

Print Friendly, PDF & Email
869 posts

About author
IBTimes.ID - Cerdas Berislam. Media Islam Wasathiyah yang mencerahkan
Articles
Related posts
Doa

Doa untuk Para Relawan Musibah dan Bencana Alam

1 Mins read
Facebook Telegram Twitter Linkedin email Musibah dan bencana alam bisa datang kapan saja. Indonesia saat ini sedang dilanda oleh berbagai macam musibah…
Doa

Doa Supaya Rezeki Tetap Lancar di Usia Tua

1 Mins read
Facebook Telegram Twitter Linkedin email Kala saat orang sudah menginjak usia tua, banyak aktivitas ataupun pekerjaan yang harus mereka tinggalkan karena kondisi…
Doa

Bacaan Doa Kala Meminta Tambahan Nikmat dan Artinya

1 Mins read
Facebook Telegram Twitter Linkedin email Segala bentuk kebaikan dan nikmat adalah datangnya dari Allah Swt. Kita patut mengucapkan rasa syukur atas anugerah…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *