Doa Sebelum Minum Susu dari Rasulullah Saw - IBTimes.ID
Doa

Doa Sebelum Minum Susu dari Rasulullah Saw

1 Mins read

Susu adalah salah satu jenis minuman yang sangat bagus dan sehat untuk kesehatan badan kita. Dari mulai bayi hingga beranjak remaja bahkan dewasa, susu selalu menjadi minuman tervavorit bagi manusia. Bahkan, susu menjadi minuman yang paling disukai Rasulullah. Ada juga doa khusus sebelum minum susu dari Rasulullah Saw. Bagaimana bunyi doanya?

Doa Sebelum Minum Susu

Untuk meraih manfaat dan keberkahan dari susu, sebelum diminum Rasulullah Saw membaca doa di bawah ini:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيهِ وَزِدْنَا مِنْهُ  وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

“Allahumma barik lana fihi wa zidna minhu wa qina adzaban nar”

Artinya: “Ya Allah, berkahilah minuman kami dan tambahkanlah darinya (rezeki) pada kami. Dan lindungilah kami dari api neraka.”

Doa di atas sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadis riwayat Imam Thirmidzi dari Ibnu Abbas, ia berkata bahwa Muhammmad Saw bersabda:

وَمَنْ سَقَاهُ اللَّهُ لَبَنًا فَلْيَقُلِ اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيهِ وَزِدْنَا مِنْهُ

Artinya: “Barangsiapa diberi minuman susu oleh Allah, maka hendaknya dia berdoa: “Allaahumma barik lana fihi wa zidna minhu” (Ya Allah, berkahilah minuman kami dan tambahkanlah darinya (rezeki) pada kami).”

Penutup Doa

Dalam Al-Qur’an dan hadis sudah banyak sekali menyebutkan betapa istimewanya minuman susu dan sangat bagus bagi kesehatan badan. Tentu juga sudah disebutkan bagaimana adab dan etika saat minum dan makan, supaya kita memperoleh manfaat dan berkahnya.

Semoga apa yang kita makan dan minum memberikan manfaat yang baik bagi tubuh kita dan keberkahan di dalamnya. Renungkanlah firman Allah Swt dalam Al-Qur’an surah Ar-Rad ayat 11 ini:

لَهٗ مُعَقِّبٰتٌ مِّنْۢ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهٖ يَحْفَظُوْنَهٗ مِنْ اَمْرِ اللّٰهِ ۗاِنَّ اللّٰهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتّٰى يُغَيِّرُوْا مَا بِاَنْفُسِهِمْۗ وَاِذَآ اَرَادَ اللّٰهُ بِقَوْمٍ سُوْۤءًا فَلَا مَرَدَّ لَهٗ ۚوَمَا لَهُمْ مِّنْ دُوْنِهٖ مِنْ وَّالٍ

Baca Juga  Doa Masuk Masjid dan Artinya

Artinya: Baginya (manusia) ada malaikat-malaikat yang selalu menjaganya bergiliran, dari depan dan belakangnya. Mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia.”

Itulah doa sebelum minum susu dari Rasulullah Saw, doa yang lain bisa kalian akses di rubrik doa pada situs IBTimes.ID. Yuk amalkan.

Editor: Soleh

Print Friendly, PDF & Email
778 posts

About author
IBTimes.ID - Cerdas Berislam. Media Islam Wasathiyah yang mencerahkan
Articles
Related posts
Doa

Baca Doa Ini Supaya Terhindar dari Sifat Rakus

1 Mins read
Diantara banyaknya penyakit hati yang harus kita hindari, salah satunya adalah penyakit tamak atau rakus terhadap harta kekayaan. Penyakit rakus akan selalu…
Doa

Inilah Doa untuk Menolak Segala Firasat Buruk

1 Mins read
Sebagai manusia, tentu pernah dihampiri atau merasakan yang namanya firasat buruk. Entah itu berkenaan dengan diri kita maupun keluarga kita. Tentu adanya…
Doa

Doa Saat Hendak Memulai Perjalanan Mudik

1 Mins read
Bila tiba waktunya untuk pulang kampung atau mudik, perasaan rindu akan keluarga akan segera terbayarkan. Apalagi mereka yang sedang menuntut ilmu atau…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.