Harga Kedelai Meroket, Siswa SMAM 1 Gresik Tawarkan Tempe dari Kacang Merah - IBTimes.ID
News

Harga Kedelai Meroket, Siswa SMAM 1 Gresik Tawarkan Tempe dari Kacang Merah

1 Mins read

IBTimes.ID – Sepekan terakhir, beberapa daerah mengeluhkan harga kedelai meroket dan stoknya yang langka. Kelangkaan dan kenaikan harga tempe adalah imbas dari tak terpenuhinya pasokan impor bahan baku kedelai.

Di tengah keterbatasan itu tujuh siswa SMA Muhammadiyah 1 Gresik (SMAM 1 Gresik) melakukan aksi yang sangat berkemajuan dengan melakukan riset pembuatan tempe dengan bahan baku kacang merah.

“Produksi tempe kacang merah untuk memutus ketergantungan dengan kedelai impor,” kata Atiq Anggraini Nusyabani, salah satu siswa anggota tim penelitian pada Kamis (7/1).

Ditemani guru pembimbing, siswa-siswi SMA Muhammadiyah 1 Gresik ini berhasil membuat tempe berbahan baku kacang merah. Menurut mereka, proses pembuatan tempe kacang merah sama dengan tempe kedelai.

Proses pembuatan diawali dengan merendam kacang merah. Setelah itu, kacang direbus hingga matang dan ditiriskan hingga benar-benar tiris. Setelahnya, kacang hasil rebusan itu ditaburi ragi hingga rata, dimasukkan ke dalam kantong plastik yang dilubangi dengan tusuk gigi, dan ditutup dengan kain selama 2-3 hari.

Menurut Atiq, kacang merah selain pasokanya yang memadai oleh petani lokal dibandingkan dengan kedelai yang harus diimpor. Selain itu, kacang merah juga memiliki kandungan gizi tak kalah lengkah seperti kedelai.

Tempe selama ini dikenal sebagai makanan semua kalangan. Saat harga kedelai meroket, pengaruh tempe pun dirasakan segenap lapisan masyarakat. Karena itu, berkat inovasi yang dilakukan, tujuh siswa tersebut mendapatkan apresiasi dari guru dan masyarakat pada umumnya.

*) Artikel asli telah diterbitkan pada website Muhammadiyah.id dengan judul ‘Tempe Langka, Siswa Muhammadiyah Tawarkan Tempe Dari Kacang Merah’.

Reporter: Nabhan

Baca Juga  Pakar Tafsir ini, Jabat Plt. Rektor UIN Sunan Kalijaga
Redaksi
192 posts

About author
IBTimes.ID - Cerdas Berislam. Media Islam Wasathiyah yang mencerahkan
Articles
Related posts
News

Ketum PBNU Said Aqil Siradj Diangkat Sebagai Komisaris Utama PT KAI

1 Mins read
IBTimes.ID – Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Said Aqil Siradj diangkat sebagai Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen PT Kereta Api…
News

Ketua Umum PP Muhammadiyah dan PP Aisyiyah Divaksin

1 Mins read
IBTimes.ID – Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir Bersama Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Aisyiyah Siti Noordjannah Djohantini telah melaksanakan…
News

Pemerintah Jerman Tetapkan Muslim Salafi sebagai Kelompok Terlarang

1 Mins read
IBTimes.ID – Pemerintah Jerman menetapkan Muslim Salafi Berlin sebagai kelompok terlarang. Usai penetapan ini, aparat keamanan Jerman melakukan penggerebekan di beberapa lokasi…

Tinggalkan Balasan

Mari Kolaborasi
Mari Berkolaborasi bersama kami "IBTimes.ID - Cerdas Berislam" dan para kontributor lainnya untuk memproduksi narasi Islam yang mencerahkan.
Donasi dapat melalui Bank Mandiri 137-00-5556665-3 a.n Litera Cahaya Bangsa