Kalau Mencari Kekuasaan Jangan di Muhammadiyah

 Kalau Mencari Kekuasaan Jangan di Muhammadiyah
Ilustrasi: IBTimes.Id            

Abu Nuwas, politisi abad pertengahan, mencari barang hilang di luar. Alasannya karena di dalam gelap. Jika ingin tahu praktik politik tinggi, berkhidmatlah di Muhammadiyah, bukan di partai politik. Jika ingin dapatkan kekuasaan, jangan cari di Muhammadiyah, pasti tiada.

Pelajaran

Dari kisah itu, kita belajar: kalau Anda kehilangan sesuatu barang di dalam ruangan, maka jangan mencari barang hilang itu di luar ruangan, hanya karena alas an di dalam itu gelap. Dijamin pasti gak bakalan ketemu!

Di Persyarikatan ini, semua perangkat politik yang dipersyaratkan oleh Dr Affan Gafar dan Prof Magnis Suseno tersedia ada (pressure, agregasi, advokasi, artikulasi, fakta, kultur politik, dan lain-lain), bergantung masing-masing kita mengeksplorasinya. Mungkin hanya satu yang tiada: kekuasaan dan kursi —dan itu low politics.

Muhammadiyah itu contoh real model gerakan high politikgak ada yang lain! Jadi, kalau Antum mau cari model high politics jangan di PAN, PKS, PBB, PKB, apalagi PDIP, dijamin gakbakalan ketemu! Mereka semua low politics, mencari kekuasaan atau kursi. Bahkan, HTI dan FPI pun juga mengincar kekuasaan—tapi tidak bagi Muhammadiyah, bahkan terpikir saja tidak.

Menurut Dr Affan Gafar, pada mulanya, high politicsmembicarakan keberlangsungan hidup sebuah negara, termasuk tata kelola peradaban, perdamaian dunia, Pendidikan, dan kesejahteraan. Adapun low politics berkisah tentang hal-hal yang terkait dengan kekuasaan, distribusi wewenang, jabatan dan struktur kekuasaan, pressure dan akomodasi aspirasi. Termasuk cara memperoleh dan mendapatkan kekuasaan.

Politik Muhammadiyah

Muhammadiyah itu ‘berpolitik,’ bahkan lebih dari sekedar partai politik—yang membedakan adalah bahwa kepolitikan Muhammadiyah tidak berebut kekuasaan, tidak berburu jabatan, apalagi saling melempar kursi. Dan tidak menggunakan uang sebagai alat transaksi berpolitik. Tapi ketulusan dan keikhlasan karena politik tinggi juga dimaknai teologis.

Hampir semua pekerjaan politik dilakukan Muhammadiyah dengan optimal. Watak dasar politik Muhammadiyah adalah mensejahterakan, mencerdaskan, mencerahkan, dan memuliakan. Inilah politik tinggi. Gerakan politik tinggi tidak bergantung siapa rezim berkuasa, terus bekerja keras dan memberi—gerakan filantropi yang selalu hadir dan aspiratif.

Inilah kekecualian politik tinggi Muhammadiyah. Bagi Muhammadiyah, berpolitik tinggi juga bermakna jihad, yang memiliki dimensi dunia sekaligus akhirat. Pertanggungjawaban politik bukan hanya pada sidang paripurna, tapi juga persidangan di Yaum al-Ba’ats. Sebuah pemaknaan transenden agar politik menjadi tinggi. Maka apapun yang dilakukan adalah berpolitik dalam makna yang luas dan substantif.

Buat Apa Amal Usaha Politik?

Membangun masjid adalah jihad melawan bid’ah. Membangun universitas adalah jihad melawan kebodohan. Membangun rumah sakit adalah jihad melawan kemusyrikan akibat perdukunan. Membangun LAZISMU adalah jihad melawan kemiskinan. Dan untuk membangun itu semua, Muhammadiyah tak perlu bitingankampanye berebut suara, tapi urunan, mobilisasi massa berbasis kepercayaan. Inilah politik tinggi, bukan low politics.

Jadi, apa masih kepikiran membuat amal usaha politik? Seperti mencari barang hilang di luar ruangan karena di dalam gelap, kata politisi Abu Nawas sambil ngakak. Mungkin kita sedang ada masalah atau juga sedang pura-pura tak tahu bahwa para aktivis Muhammadiyah sesungguhnya aktivis politik yang lebih cerdas, lebih sejati, lebih bening, dan lebih tinggi ketimbang aktivis parpol pemburu kekuasaan dan kursi—tanpa kata tapi.

Editor: Arif


IBTimes.ID - Dihidupi oleh jaringan penulis dan editor yang memerlukan dukungan untuk bisa menerbitkan tulisan secara berkala. Agar kami bisa terus memproduksi artikel-artikel keislaman yang mencerahkan, silakan sisihkan sedikit donasi untuk keberlangsungan kami.

Transfer Donasi ke
Mandiri 137-00-5556665-3
A.n Litera Cahaya Bangsa

Avatar

Ust. Nurbani Yusuf

Komunitas Padang Mahsyar, Batu, Jawa Timur

Related post

2 Comments

    Avatar
  • I simply want to say I am beginner to blogging and really loved your web site. Likely I’m going to bookmark your blog . You absolutely have very good well written articles. Regards for sharing with us your web site.

  • Avatar
  • A remarkable share, I simply given this onto an associate that was doing a little evaluation on this. And also he as a matter of fact purchased me morning meal due to the fact that I located it for him. smile. So let me rephrase that: Thnx for the treat! However yeah Thnkx for investing the time to discuss this, I feel strongly concerning it and also like finding out more on this subject. Preferably, as you come to be knowledge, would you mind updating your blog with even more details? It is very useful for me. Big thumb up for this blog post!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.