Kepala Sekolah Harus Tegas Sekaligus Kolaboratif

 Kepala Sekolah Harus Tegas Sekaligus Kolaboratif
Abdul Mu’thi. Poto: IBTimes.ID            

IBTimes.ID, Medan- Sekretaris Umum Pimpunan Pusat  Muhammadiyah Dr. H. Abdul Mu’ti, M.Ed mengatakan  bahwa kepala sekolah Muhammadiyah harus berjiwa ikhlas, kolaboratif dan otoritatf dalam memimpin sekolah.

“Kepala sekolah harus ikhlas, tidak boleh mengeluh, dan sebagai kader Muhammadiyah tetap harus hidup bersahaja. Jangan karena terpilih menjadi kepala sekolah, lalu memaksakan diri untuk bergaya hidup mewah,” ujar Mu’ti pada giat peningkatan kompetensi  kepala sekolah Muhammadiyah yang diselenggarakan Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud bekerjasama dengan Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah di Medan (20.09.2018).

Mu’ti juga menambahkan bahwa kepala sekolah harus bersikap terbuka dan kolaboratif.

“Keberhasilan sekolah tidak bisa dicapai oleh kepala sekolah seorang diri. Ibarat sepak bola tidak bisa seorang pemain bermain dan berlari seorang diri di tengah lapangan untuk memenangkan pertandingan. Ia harus terbuka dengan bersikap kolaboratif, bekerja sama dengan seluruh elemen sekolah termasuk guru-guru dan orang-orang tua siswa,” tambah Abdul Mu’ti.

Menurut Mu’ti kepala sekolah juga harus bersikap otoritatif. Ia harus bisa mengambil keputusan yang tegas namun membawa kemaslahatan untuk kemajuan sekolah.

“Walau keputusan yang diambil belum tentu menyenangkan semua pihak,” ujar Mu’ti.

Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah

Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah Jenjang SMP ini diselenggarakan dari 17 hingga 20 September 2018 di Hotel Polinia Medan, Sumatera Utara.

“Region Medan ini diikuti oleh kepala-kepala sekolah Muhammadiyah jenjang SMP dari Aceh, Sumatrea Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung dan Bengkulu,” ujar Sekretaris Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah H. R. Alpha Amirrachman, M.Phil., Ph.D. di sela-sela kegiatan.

Alpha menambahkan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalitas kepala sekolah jenjang SMP.

“Para kepala sekolah diberikan materi yang relevan, di antaranya kebijakan pemerintah terkait GTK (guru dan tenaga kependidikan), kebijakan Majelis Dikdamsen PP Muhammadiyah, Al Islam, Kemuhamadiyahan dan Bahasa Arab, Penguatan Pendidikan Karakter dan Manajemen, Supervisi, Kewirausahaan,” ujar Alpha.

Alpha membahkan bahwa Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah memiliki kepedulian untuk meningkatkan kompetensi guru dan kepala sekolah Muhammadiyah.

“Tahun lalu kami menyasar kepala sekolah SD Muhammadiyah, tahun ini kepala sekolah SMP, Insya Allah juga nantinya jenjang SMA. Tahun ini ada tiga region, yang pertama region Medan, minggu depan region Yogyakarta, dan berikutnya region Makasar yang akan diikuti oleh utusan kepala sekolah jenjang SMP Muhammadiyah dari seluruh penjuru tanah air,”pungkasnya. (nabhan)


IBTimes.ID - Dihidupi oleh jaringan penulis dan editor yang memerlukan dukungan untuk bisa menerbitkan tulisan secara berkala. Agar kami bisa terus memproduksi artikel-artikel keislaman yang mencerahkan, silakan sisihkan sedikit donasi untuk keberlangsungan kami.

Transfer Donasi ke
Mandiri 137-00-5556665-3
A.n Litera Cahaya Bangsa

Avatar

RedaksiIB

IBTimes.ID - Kanal Moderasi Islam

Related post

3 Comments

    Avatar
  • I just want to mention I’m beginner to blogging and site-building and absolutely liked this web site. Most likely I’m planning to bookmark your blog . You really come with beneficial stories. Thanks for revealing your web page.

  • Avatar
  • Oh my goodness! a tremendous article dude. Thank you Nonetheless I’m experiencing difficulty with ur rss . Don know why Unable to subscribe to it. Is there anybody getting equivalent rss problem? Anybody who is aware of kindly respond. Thnkx

  • Avatar
  • Would certainly you be interested in exchanging web links?

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.