Pacu Prestasi Ujian Nasional, 3 Sekolah dari Sleman Kunjungi SMP Muhammadiyah PK Surakarta

 Pacu Prestasi Ujian Nasional, 3 Sekolah dari Sleman Kunjungi SMP Muhammadiyah PK Surakarta
Ilustrasi. Sumber: Indoplaces            

IBTimes.ID, Surakarta – Sejumlah rombongan guru dari tiga SMP Muhammadiyah di Sleman, Yogyakarta melakukan kunjungan silaturahmi dan studi banding ke SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta pada Sabtu (22/9). Ketiga sekolah tersebut antara lain, SMP Muhammadiyah 1 Depok, SMP Muhammadiyah 1 Sleman, dan SMP Muhammadiyah 1 Pakem, Yogyakarta.

Hasanudin selaku Kepala SMP Muhammadiyah 1 Sleman menjelaskan bahwa tujuan melakukan silaturahmi di SMP Muhammadiyah PK Solo untuk belajar tentang program-program peningkatan prestasi. Terutama kualitas hasil Ujian Nasional siswa kelas 9. Menurutnya, sistem dan program yang dimiliki SMP Muhammadiyah PK Solo memiliki banyak keunggulan.

“Kunjungan dan silaturahim yang kami lakukan untuk belajar tentang program-program prestasi terutama peningkatan kualitas hasil Ujian Nasional siswa kelas 9. Agar tertular aura-aura positif dalam hal prestasi,” kata Hasanudin dalam sambutan saat kunjungan pada Sabtu (22/9).

Apa yang disampaikan Hasanudin dijelaskan serupa oleh Kepala SMP Muhammadiyah 1 Depok, Abdullah Mukti dan Kepala SMP Muhammadiyah Pakem, Hendro Sucipto. Rombongan guru tersebut terdiri atas guru-guru mata pelajaran UN dan wakil kepala sekolah yang berjumlah 35 orang.

SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat

Muhdiyatmoko selaku Kepala  SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta menyambut baik kunjungan tersebut. Dalam sambutannya ia menyampaikan bahwa selama dua tahun ini sekolah mencapai peringkat pertama UN di Kota Surakarta. Adapun berdasarkan hasil Pamer UN SMP/MTs Tahun Pelajaran 2017/2018 se-Provinsi Jawa Tengah bahwa sekolahnya mampu mempertahankan peringkat ketiga dari 4.977 sekolah negeri dan swasta se-Jawa Tengah. Tahun lalu, sekolahnya juga menduduki peringkat ke-18 nasional.

Untuk mencapai prestasi tersebut maka kuncinya adalah kerja jamaah dan mau kerja keras. Hal tersebut mengindikasikan bahwa kualitas sumber daya manusia dalam suatu lembaga itu penting. Harus ditingkatkan. Seperti guru harus memberikan pelayanan prima kepada para siswa, membangun komunikasi yang baik kepada orang tua, dan mau bekerja sama dengan guru yang lain.

“Tidak ada yang merasa menjadi nomor satu dalam suatu lembaga. Kalau sudah ada yang merasa seperti itu maka awal keruntuhan lembaga tersebut. Maka prinsip adalah mau kerja keras dan kerja jamaah,” tutur Muhdiyatmoko kepada para guru yang hadir.

Diskusi pun mengalir menjadi diskusi dalam kelompok kecil (kluster) per mata pelajaran IPA, Bahasa Inggris, Matematika, dan Bahasa Indonesia di ruang masing-masing. Terlihat para guru antusias untuk sharing pengalaman dan berdiskusi tentang bagaimana cara meningkatkan hasil Ujian Nasional. (Aryanto/nabhan)


IBTimes.ID - Dihidupi oleh jaringan penulis dan editor yang memerlukan dukungan untuk bisa menerbitkan tulisan secara berkala. Agar kami bisa terus memproduksi artikel-artikel keislaman yang mencerahkan, silakan sisihkan sedikit donasi untuk keberlangsungan kami.

Transfer Donasi ke
Mandiri 137-00-5556665-3
A.n Litera Cahaya Bangsa

Avatar

RedaksiIB

IBTimes.ID - Kanal Moderasi Islam

Related post

3 Comments

    Avatar
  • I just want to mention I am just very new to blogs and certainly liked this web-site. Most likely I’m planning to bookmark your site . You definitely come with very good writings. Appreciate it for sharing with us your web site.

  • Avatar
  • An excellent share, I simply provided this onto a colleague who was doing a little evaluation on this. And also he as a matter of fact purchased me morning meal because I located it for him. smile. So let me reword that: Thnx for the reward! But yeah Thnkx for investing the moment to discuss this, I really feel highly concerning it as well as love finding out more on this subject. Ideally, as you end up being know-how, would you mind upgrading your blog site with more details? It is very useful for me. Huge thumb up for this article!

  • Avatar
  • Hi there, I found your website via Google while searching for a related topic, your website came up, it looks great. I have bookmarked it in my google bookmarks.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.