Riset

Kurma, Buah dengan Sejuta Keistimewaan

3 Mins read

Sebagian masyarakat di nusantara mengenal “tamar” yang secara umum yaitu pohon tamar atau buah tamar. Atau yang biasanya dikenal dengan pohon kurma dan buah kurma.

Kurma adalah salah satu makanan yang baik lagi halal dan tidak asing lagi bagi kita. Ia adalah makanan yang paling istimewa dan mempunyai khasiat yang tersendiri.

Kurma adalah jenis tumbuhan palem yang buahnya dapat dimakan karena rasanya manis. Pohon kurma memiliki tinggi sekitar 15-25 meter dan daunnya menyirip dengan panjangn 3-5 meter.

Buah kurma ini mirip dengan buah palem pada umumnya. Kulit buah berwarna hijau dan berangsur menguning, coklat, dan akhirnya kehitaman sesuai dengan tingkat kematangan buah.

Buah kurma tidak bisa dimakan saat masih muda. Selain rasanya yang sepat, tekstur daging buah pun keras dan bergetah. Setelah tua dan matang, pati dalam buah kurma akan berubah menjadi glukosa dan fruktosa sehingga rasanya manis.

Dari segi ilmu kesehatan, kurma bisa mengurangi berbagai jenis penyakit bagi seseorang yang diserang penyakit kronik seperti penyakit jantung, penyakit tenggorokan, sakit asma, kangker, dan lain-lain.

Kurma telah menjadi makanan pokok di Timur Tengah selama selama ribuan tahun. Tanaman ini diyakini berasal dari sekitar Teluk Persia. Kurma telah dibudidayakan sejak zaman kuno dari Mesopotamia hingga Mesir pada masa prasejarah, mungkin sejak 4000 SM. Kemudian, kurma disebarluaskan oleh orang Arab di sekitar Selatan dan Barat Daya Asia, bagian Utara Afrika, Spanyol.

Kebanyakan tanaman kurma tumbuh di negara-negara Arab. Kurma merupakan tanaman tradisional penting di Turki, Irak, Arab Saudi, dan Maroko. Namun, kurma juga dibudidayakan di California Selatan, Arizona, Florida Selatan, dan Amerika Selatan.

Baca Juga  Refleksi Akhir Tahun: Kerja Pandemi Belum Usai

Bentuk Fisik Kurma

Bentuk buah kurma adalah bulat telur. Ukurannya beragam, panjang antara 30-60 milimeter, dan lebarnya antara 8-30 milimeter. Buah kurma yang matang yang terdiri dari biji yang keras yang dilapisi kulit tipis yang memisahkannya dari isi buah yang dimakan.

Bunga pohon kurma jantan berwarna putih kekuningan, sedangkan bunga pohon kurma betina berwarna kuning dan berukuran lebih kecil. Bunga betina memiliki tiga putik yang diselubungi kelopak putik-putik dan hanya terlihat kepalanya yang muncul dari kelopak. Dan hanya satu dari ketiga putik itu terbuahi. Dua putik lainnya akan layu dan rontok. Satu putik yang terbuahi akan tumbuh menjadi buah kurma setelah melalui lima fase.

Fase Pertumbuhan Kurma

Fase pertama, ath-Thal’u الطلع (mayang)

Pertumbuhan buah kurma. Fase ini terjadi setelah pembuahan dan berlanjut sampai sekitar 4-5 minggu.

Fase kedua, al-Khilal الخلل (kurma muda)

Pada fase ini, buah kurma mulai tumbuh memanjang. Warnanya menjadi hijau dan ditandai dengan pertumbuhan yang cepat dalam hal berat dan ukuran.

Fase ketiga, al-Busr البسر (kurma tua)

Memiliki ciri-ciri lambat dalam hal timbangan. Warna buah mengalami perubahan dari hijau menjadi kuning, merah, atau pirang. Fase ini berlangsung dari 3-5 minggu.

Fase keempat, ar-Ruthab الرطب (kurma basa)

Rhutab mulai tampak pada bokong kurma yang belum matang kemudian terlihat matang secara menyeluruh dan menjadi berair dan manis, adapun waktunya berkisar antara 2-4 minggu.

Fase kelima, at-Tamr التمر (kurma matang/kering)

Ini adalah fase terakhir sampai buah menjadi matang. Pada bagian yang lunak sudah melekat, warna merata, dan kulitnya mengeras.

Kesempurnan Kurma Ditinjau dari Perspektif Kesehatan:

Pertama, kurma kering diketahui dapat melancarkan pencernaan dan air seni karena mengandung cukup banyak serat.

Baca Juga  Stereotip Perempuan dalam Pusaran Muhammadiyah

Kedua, serat dalam kurma, baik dalam buah basah maupun buah kering, diketahui sangat baik bagi ibu yang hendak melahirkan maupun yang sedang menyusui.

Karena, serat kurma terbukti dapat menguatkan rahim dan membuat kontraksinya teratur. Kurma basah juga dipercaya mencegah pendarahan pasca-melahirkan dan mempercepat proses pengembalian rahim ke posisi semula.

Di dalam kurma terdapat hormon yang menyerupai oxytocine yang dihasilkan oleh tubuh manusia, yang membantu proses kelahiran dan saat menyusui.

Buah kurma juga kaya akan unsur kalsium dan zat besi yang diperlukan dalam proses pembentukan air susu dan perkembangan bayi.

Kurma dapat mempengaruhi tenaga seseorang akibat pengaruh positifnya terhadap kelenjar gondok. Karenanya, anak-anak dan manula dianjurkan mengkonsumsi kurma pada pagi hari supaya kondisi kejiwaannya lebih stabil.

Adapun Kurma dalam al-Qur’an yang terdapat dalam al-Qur’an Qs. Al-An’am: 141

Dalam Tafsir Muyassar, dijelaskan bahwa Allah semata yang menciptakan kebun-kebun yang luas dan taman-taman menghijau yang terdiri dari berbagai jenis pohon. Di antaranya ada yang tumbuh tinggi menjulang, seperti kurma, tanaman pertanian, zaitun, dan delima. 

Di antaranya ada pula yang tidak tumbuh tinggi. Ada yang bentuknya serupa namun rasanya berbeda. Makanlah buahnya setelah seraya bersyukur kepada Allah. Tunaikanlah zakat dan sedekahnya pada hari panennya, sebagai pembersih harta kalian.

Janganlah melanggar batas yang disyariatkan dalam memberi ataupun tidak memberi. Jangan terlalu sedikit dan jangan pula berlebihan. Allah tidak menyukai orang yang kikir dan tidka pula menyukai orang yang boros. Akan tetapi Dia menyukai orang yang dermawan serta ikhlas.

Editor: Yahya FR

Print Friendly, PDF & Email
3 posts

About author
Mahasiswa
Articles
Related posts
Riset

Tarjih, Tajdid, dan Produksi Pengetahuan di Muhammadiyah

3 Mins read
Facebook Telegram Twitter Linkedin email Pengetahuan Muhammadiyah | Tarjih dan tajdid termasuk dua hal yang mewarnai produksi pengetahuan di Muhammadiyah. Hal ini…
Riset

Memahami Peta-Peta Ilmu Keislaman

4 Mins read
Facebook Telegram Twitter Linkedin email Ilmu Keislaman | Ada sebuah guyonan masyhur di masyarakat kita, bahwa seorang ustadz akan selalu disuguhi pertanyaan…
Riset

Empat Keistimewaan Semut yang Patut Kita Contoh

2 Mins read
Facebook Telegram Twitter Linkedin email Semut merupakan serangga anggota suku Formicidae, bangsa Hymenoptera. Ia memiliki lebih dari 12.000 spesies di dunia, semut…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *