Menggunakan Layanan Google Voice Assistant Sebagai Sarana Beribadah - IBTimes.ID
TasawufTuntunan

Menggunakan Layanan Google Voice Assistant Sebagai Sarana Beribadah

2 Mins read

Banyak yang tidak menyadari bahwa selain menggunakan aplikasi Muslim yang tersedia di Android dan iOS, Anda bisa melakukan kegiatan beribadah menggunakan Google Assistant. Di dalam bidang keagamaan cyber dan dunia digital memiliki dampak yang sangat besar. Salah satunya adalah penggunaan teknologi sebagai media untuk beribadah.

Anda bisa memanfaatkan fitur Google ini dengan cara yang sederhana. Salah satu caranya adalah dengan mengucapkan “OK Google” kemudian menyebutkan apa yang Anda butuhkan. Banyak hal yang bisa dilakukan seperti meminta Google memutarkan surah dan ayat Al-Quran hingga mengaji Al-Quran di web.

Cara Menggunakan Google Voice Assistant Untuk Beribadah

  • Menekan tombol home pada smartphone

Untuk memunculkan perintah Google ketika akan memberikan perintah yang pertama adalah menekan tombol home. Ketika Anda menekan tombol ini lebih lama maka akan muncul Google Assistant pada layar. Anda hanya perlu menyebutkan keperluan Anda ketika fitur sudah mulai terbuka.

  • Mengatakan “Ok Google” atau “Hai Google”

Beberapa pengaturan di smartphone banyak yang sudah diatur otomatis untuk terhubung dengan Asisten Google. Jika sudah dipastikan terhubung untuk memulai cara baru dalam beribadah ini Anda hanya perlu mengatakan kata-kata tersebut.

  • Koneksikan Google Assistant dengan televisi pintar di rumah

Keunggulan Google dengan fitur Google Assistant ini hampir menyamai teknologi Siri pada produk Apple. Saat ini Anda bisa mengkoneksikan TV pintar di rumah untuk terhubung dengan Google Assistant. Ketika sudah terhubung biasanya TV akan merespon ketika Anda mengatakan OK atau Hai Goggle. Seketika Google akan menjalankan perintah Anda untuk memulai pekerjaannya.

Apa yang Dapat Dilakukan Dengan Google Voice Assistant untuk Beribadah?

  • Membuka aplikasi untuk beribadah

Saat ini terdapat banyak aplikasi yang digunakan untuk beribadah teruntuk umat Muslim di dunia. Anda tidak perlu membuka menu pada telepon atau mencari aplikasi tersebut yang memakan waktu. Cukup ucapkan Ok Google buka (aplikasi yang Anda inginkan) kemudian Anda akan langsung diantarkan masuk. Melalui cara ini aktivitas beribadah akan jauh lebih mudah dan efisien.

  • Mendengarkan surah atau Al-Quran melalui YouTube atau Aplikasi Muslim
Baca Juga  Keajaiban-Keajaiban dalam Tasawuf

Kemudahan fitur yang diberikan oleh Google kepada penggunanya ini sangat bermanfaat. Terutama bagi siapapun yang ingin merasakan kemudahan beribadah di era digital. Hanya perlu mengatakan “Ok Google putar (surah yang anda inginkan atau ayat Al-Quran yang ingin di dengarkan) di YouTube.” Setelah mengucapkan kalimat tersebut Anda akan langsung masuk ke YouTube dan di putarkan surah serta ayat yang di inginkan.

Selain masuk ke YouTube Anda juga bisa memutar ayat Al-Quran dan surah melalui aplikasi yang ada di Smartphone. Cukup mengganti YouTube dengan aplikasi yang diinginkan maka surah akan diputarkan.

  • Memasang alarm untuk beribadah

Terkadang Anda terlalu berlarut dalam beraktivitas sehingga lupa untuk menyisihkan waktu beribadah. Saat ini semua kelalaian untuk beribadah bisa diatasi dengan Google Assistant. Anda bisa memasang alarm untuk melakukan kegiatan beribadah seperti sholat, mengaji, dan berdzikir melalui fitur Google ini. Memberikan kemudahan bagi siapapun untuk tetap konsisten dalam melakukan ibadah.

Cara atau contoh yang harus dilakukan untuk memasang alarm adalah dengan mengatakan “Ok Google set alarm untuk jam 1 siang.” Setelah mengucapkan kalimat tersebut alarm akan langsung terpasang dengan otomatis. Mulai saat ini Anda tidak perlu khawatir untuk ketinggalan dalam menunaikan ibadah.

  • Mencari sumber keagamaan melalui Google

Belajar dan mendalami tauhid menjadi kewajiban bagi seluruh umat Islam yang beriman. Google Voice Assistant hadir Untuk Anda, yang tidak memiliki banyak waktu untuk menghadiri kajian atau aktivitas keagamaan lainnya. Contohnya, Anda hanya perlu mengatakan “Hai Google cari sunnah-sunnah nabi dalam agama Islam.” Seketika Anda akan diantarkan ke halaman Google dengan hasil pencarian.

Setelah menemukan hasil pencarian terkait maka Anda bisa langsung membaca sumber tersebut. Selain itu Anda juga bisa menemukan surah atau kajian lainnya dalam Islam menggunakan fitur Google yang satu ini.

Baca Juga  Konsep Sufistik ala Syekh Abdul Qadir Al-Jailani

Kemudahan yang diberikan Google dengan fitur Google Assistant atau Voice Assistant ini, bisa dimanfaatkan untuk kegiatan beribadah di era digital.  Perkembangan zaman bukan halangan untuk tetap menguatkan iman dalam beribadah. Anda bisa melakukan berbagai aktivitas keagamaan seperti mengaji, mendengarkan surah dan Al-Quran, hingga membuat waktu pengingat untuk beribadah.

Editor: Arif

Avatar
1 posts

About author
Freelance content writer, copywriter, and blogger
Articles
Related posts
Tasawuf

Ketika Seorang Sufi Mengancam Tuhan

2 Mins read
A Sufi mystic was once deep in meditation when he heard a voice say to him,“Shall I tell the people what I…
Tasawuf

Tasawuf, Jawaban atas Persoalan Krisis Spiritual

3 Mins read
Pemuda muslim sebagai penggerak perubahan bangsa memiliki peran penting dalam mengenalkan Islam yang ramah dan terbuka pada dunia modern. Munculnya problema spiritual…
Tasawuf

Tiga Tahapan Menyucikan Jiwa Menurut Sufi

3 Mins read
Menurut para sufi, manusia dapat dengan mudah hanyut oleh hawa nafsu yang mereka miliki. Tanpa terasa, hawa nafsulah yang mengendalikan manusia. Padahal…

Tinggalkan Balasan