Perspektif

Pendidikan sebagai Dasar Pembentuk Nilai Hidup

3 Mins read

“Pendidikan (opvoeding) dan pengajaran (onderwijs) merupakan usaha persiapan dan persediaan untuk segala kepentingan hidup manusia, baik dalam hidup bermasyarakat maupun hidup berbudaya dalam arti yang seluas-luasnya.” Ki Hajar Dewantara.

Di negara-negara maju, guru melihat pendidikan sebagai bagian dari kehidupan seseorang, bukan hanya untuk mencari keuntungan finansial. Mereka percaya bahwa pendidikan adalah bagian penting dari hidup.

Pendidikan bukan semata-mata alat untuk menemukan pekerjaan. Ini adalah perspektif hidup tentang pendidikan yang memungkinkan konsep pendidikan sepanjang hayat, dipahami dan diterapkan dengan baik.

Pendidikan Tinggi Syarat Hidup

Pendidikan tinggi adalah syarat untuk hidup di negara-negara Barat. Di negara maju, tidak aneh jika seseorang bisa mengejar gelar doktoral pada usia 80 tahun dan lulus pada usia 85 tahun.

Di sisi lain, keinginan untuk mendapatkan pekerjaan dan penghasilan yang memadai lebih dominan di Indonesia dan negara-negara berkembang lainnya. Sebenarnya, falsafah seperti ini mendorong masyarakat untuk menurunkan fungsi pendidikan.

Namun, jauh lebih besar dari itu, pendidikan adalah proses pembentukan manusia. Pada tataran praktis, pendidikan adalah bekal yang dibawa seseorang sepanjang hidupnya. Pendidikan adalah satu-satunya cara untuk membuat manusia makmur dan sejahtera.

Di negara maju, guru benar-benar mengabdikan hidup mereka untuk pendidikan karena menganggapnya sebagai bagian dari hidup mereka. Mereka melakukan pekerjaan mereka sepenuhnya, bukan setengahnya. Karena itu, peningkatan kualitas terus menerus dapat dicapai secara efektif dan efisien.

Sistem Belajar Negara Maju

Oleh karena itu pula, metode pengajaran di negara maju, terutama di Barat, sangat sistematis, dialogis, dan logis. Metode pengajaran ini mendorong siswa untuk berpikir kritis dan menganalisis informasi yang diberikan.

Keterbukaan intelektual diperlukan untuk memasukkan hal-hal baru secara inovatif dan progresif. Basis kurikulum Barat, yang hanya mencakup bidang logika, bahasa, dan keilmuan sosial, juga mendukung hal ini.

Baca Juga  Like vs Dislike dalam Politik

Beberapa orang yang telah lulus dari perguruan tinggi di Barat mengatakan bahwa sistem belajar di Barat memiliki banyak keuntungan, termasuk berbagai metodologi yang digunakan, mulai dari linguistik dan filologi hingga ilmu sosio-humaniora kontemporer.

Pendidikan Anti Otoritarianisme

Tidak ada kekuasaan (otoritarianisme) intelektual. Guru dan siswa berbicara satu sama lain secara interaktif secara konstruktif dan tidak saling menyalahkan atau menjatuhkan. Kedua belah pihak menjaga etika percakapan. Memberikan dan menerima, atau mengambil dan memberi, adalah filosofi yang berfungsi dengan baik.

Bukan cemburu atau khawatir tersaingi, guru justru senang dengan kemajuan pesat siswanya. Akibatnya, guru terpacu untuk lebih intensif mengembangkan kemampuan mereka agar mereka dapat terus membimbing siswa secara inspiratif.

Pelajar juga menggunakan penelitian empiris yang didukung oleh analisis rasional dan normatif saat menulis karya ilmiah. Dalam kajian keilmuan dan realitas empiris yang dinamis dan kontekstual, ada kombinasi antara teori dan praktik di lapangan. Di negara maju ini, riset yang ditekankan oleh guru dan dosen membuat siswa dan mahasiswa aktif melakukan penelitian.

Gabungan dua metode ini menghasilkan kekuatan intelektual yang kuat yang tidak hanya menguasai teori terbaru, tetapi juga mampu menjelaskan dan menganalisis perkembangan terbaru dinamika sosial yang berubah-ubah dan dinamis.

Perbaikan dan Akselerasi

Pendidikan di Indonesia tidak secepat perkembangan di Barat. Proses menuju kesempurnaan dan kecanggihan disebut akselerasi. Kemauan kuat, komitmen tinggi, dan konsistensi dalam proses memungkinkan akselerasi.

Semua komponen dalam kondisi siap tinggal landas, sempurna, dan siap untuk berakselerasi dengan cepat dan kencang. Jika pendidikan tidak diakselerasi, ia akan mengalami regresi dan tidak akan mampu mengikuti perkembangan zaman, apalagi memandu perubahan zaman yang cepat.

Baca Juga  10 Rekomendasi Universitas Islam Negeri (UIN) Terbaik di Indonesia

Guru atau dosen harus siap untuk memaksimalkan kemampuan mereka karena mereka berperan sebagai aktor yang mengakselerasi pendidikan. Di Barat, guru berperan sebagai seorang pioneer yang aktif, kreatif, dan progresif dalam pengembangan diri untuk membuat murid-muridnya menjadi siswa yang berkualitas.

Pendidikan Barat memiliki kelebihan dan kelemahan. Mereka terlalu mengagungkan liberalisme. Oleh karena itu, kita harus selektif dalam mengambil keuntungan Barat, memanfaatkan yang baik dengan filter yang kuat, dan menghilangkan yang buruk. Jangan sampai virusnya menimbulkan ancaman bagi masyarakat Timur.

Dalam hal peran dan keuntungan guru di atas, saya pikir akan sangat membantu jika diterapkan di Indonesia, terutama dalam bidang riset (penelitian) dan akselerasi yang masih sangat lambat dan lemah di negara ini.

Mendorong Penelitian

Di negeri ini, guru dan dosen harus mendorong siswa dan mahasiswanya untuk aktif melakukan penelitian mendalam—baik lapangan maupun pustaka. Hal-hal baru akan muncul sebagai dasar untuk pengembangan dan akselerasi pendidikan.

Kami berharap guru di Indonesia dapat mempercepat kemajuan pendidikan dengan melakukan hal-hal yang progresif dan akseleratif. Kami ingin pendidikan di negara kita ini ke depan dapat sejajar dengan negara-negara maju, bahkan lebih maju dari mereka.

Ini bukan sesuatu yang mustahil. Jika Malaysia mampu, mengapa Indonesia tidak? Kita memiliki sejarah yang kuat sebagai negara yang dapat menunjukkan harga diri dan martabatnya kepada dunia. Jadi sangat mungkin bahwa kita akan berjaya dalam semua aspek kehidupan. Sekali lagi, pendidikan adalah pilar utama dalam mendorong bangsa ini menuju era keemasan dan kejayaannya. Wallahu a’lam bisshawaab.

Editor: Assalimi

Salman Akif Faylasuf
58 posts

About author
Santri/Mahasiswa Fakultas Hukum Islam, Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo
Articles
Related posts
Perspektif

Aksi Nyata Aktivis Perempuan Cegah Krisis Iklim

5 Mins read
Permasalahan lingkungan adalah isu global yang semakin relevan. Disebut global karena dampak kerusakan lingkungan menjadi perhatian seluruh umat manusia, melintasi batas wilayah…
Perspektif

Seperti Pasangan, Memilih Pesantren Jangan Sembarangan

3 Mins read
Kasus kekerasan seksual, bullying, penyakit kulit, hingga kematian di pesantren semakin sering terekspos oleh media online dalam beberapa tahun belakangan ini. Meskipun…
Perspektif

Jalan Keluar dari Malapetaka Krisis Iklim

3 Mins read
Bayangkan jika pantai-pantai favorit di negeri ini tenggelam, cuaca kian tak terduga dan udara semakin panas. Ini bukan imajinasi tentang masalah masa…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This will close in 0 seconds