Mugeb School Gelar Workshop TVMu Stasiun Mugeb - IBTimes.ID
News

Mugeb School Gelar Workshop TVMu Stasiun Mugeb

2 Mins read

IBTimes.ID – Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Gresik Kota Baru (GKB) Gresik mengundang Drs Makroen Sanjaya MSos, Direktur TVMu Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah dalam Workshop bertema Beyond Ordinary TV Station, Kamis (7/12/21).

Workshop ini merupakan penanda kerja sama antara TVMu dengan Mugeb School yang terdiri atas SDM 1 GKB, SDM 2 GKB, SMPM 12 GKB, dan SMAM 10 GKB.

Dalam kegiatan ini Mugeb School dan TVMu Pusat menandatangani MoU untuk mendirikan TVMu Jawa Timur Stasiun Mugeb (Muhammadiyah GKB) Gresik.

Workshop yang digelar di Cordoba Convention Hall SMA Muhammadiyah 10 GKB Gresik ini dihadiri oleh Direktur TVMu beserta tim, Ketua PCM GKB, Pengurus Majelis Dikdasmen PCM GKB, 4 jajaran Kepala Sekolah Mugeb School dan ustadz-ustadzah yang seluruhnya berjumlah 24 orang dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) GKB M Jufri BE SSos menyatakan mendukung penuh kerjasama antara TVMu pusat dengan TVMu Jatim Stasiun Mugeb Gresik. “Kerjasama ini harus dilanjutkan, harus ada pertemuan secara runtut untuk terus berkonsolidasi,” ujarnya.

Jufri juga memotivasi peserta workshop agar menggali ilmu sebanyak-banyaknya dari narasumber. “Pak Makroen ini orang sini juga, jadi jangan malu-malu, tanya saja, apa yang ingin diketahui, sampaikan saja, agar kita dapat ilmunya,” pesannya.

Seperti Dapat Emas Segebok

Makroen, sapaannya, mengaku sangat senang ketika dihubungi Majelis Dikdasmen PCM GKB untuk diajak bekerja sama mengembangkan stasiun TVMu di Gresik. “Ketika diundang Pak Isa rapat zoom, rasanya seperti dapat emas segebok,” ujarnya dengan antusias.

Dia juga mengatakan kebanggaannya karena Mugeb School memiliki kemampuan dan kemauan untuk memperluas dakwah melalui TVMu. “Jawa Timur harus dimulai dari Mugeb,” tuturnya.

Baca Juga  Hilman Latief: Lazismu, Nuzulul Quran dan Kepercayaan Bupati Bajo

Dalam kesempatan ini, dia membagikan ilmu dan pengalamannya selama berkecimpung di dunia pertelevisian kepada para peserta workshop, yaitu tentang cara menggagas suatu program, teknik pengambilan gambar, membangun partnership, melakukan branding sekolah lewat program TV, memilih talent, menyusun bahasa naskah, public speaking, dan teknik pengelolaan TV.

4 Aspek Sukses Televisi

Makroen memaparkan sukses atau tidaknya sebuah televisi bergantung pada empat aspek. Pertama, sambungnya, content. Dia berharap nantinya dari Mugeb school akan muncul konten yang bagus.

“Karena TV Muhammadiyah adalah TV pendidikan, dan Mugeb ini dipelopori oleh sekolah-sekolah, maka harus bikin konten pendidikan yang ciamik dan kreatif,” terangnya.

Kedua, awareness. Maksudnya adalah kesadaran dan pengetahuan kita. “Semua warga Gresik harus tahu, harus sadar kalau ada TVMu Stasiun Mugeb,” imbuhnya.

Ketiga, recipient (penerimaan). Harus ada parabola, TV digital, aktif sosial media agar bisa update. Keempat, marketizing (cara memasarkan program agar dikenal dan dinikmati masyarakat luas).

Empat poin tersebut, lanjutnya, merupakan misi televisi yang harus dikuasai terlebih dahulu. “Bagaimana cara mengelola TV, empat itu patokannya, kuasai ini dulu, baru semuanya beres,” paparnya.

Produksi Konten Pendidikan

Makroen menekankan di dunia televisi, memproduksi konten itu untuk dilihat orang lain, orang banyak, bukan hanya untuk kita sendiri. “Jadi, jangan hanya melihat dari sudut pandang kita saja,” jelasnya.

Untuk menjangkau orang banyak, sambungnya, tidak hanya mengandalkan saluran televisi saja. “Harus multiple platform access, jadi selain jalan di TV, jalan juga di youtube secara live, ini namanya digital presents (kehadiran digital),” paparnya di hadapan para peserta.

Setelah menyimak materi, peserta workshop dibagi menjadi empat tim dan berpraktik secara langsung memproduksi sebuah video. Ada yang berperan sebagai produser, camera person, presenter, dan editor video.

Baca Juga  RS PKU Muhammadiyah Gamping Bersertifikat SIRSMA

Masing-masing tim menampilkan konsep yang berbeda, ada yang mewawancarai tim behind the scene acara workshop, ada yang mereview makanan, mewawancarai tim pramubakti, dan juga melaporkan suasana selama workshop berlangsung.

Pada kesempatan yang sama, hasil video karya peserta workshop langsung dievaluasi dan diapresiasi oleh pemateri, Drs Makroen Sanjaya MSos.

TVMu Jatim Stasiun Mugeb Gresik

Kepala TVMu Jatim Stasiun Mugeb Gresik Isa Iskandar MSi mengaku sudah melakukan berbagai persiapan untuk mendirikan TVMu Jatim Stasiun Mugeb Gresik.

“Ada beberapa tahapan yang dipersiapkan bersama tim, diantaranya ada studio, alat-alat. Yang kedua, kami juga mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM), mulai dari personilnya dan trainingnya,” papar Isa, panggilan akrabnya. (*)

Reporter: Mar’atus S/Yusuf

Redaksi
158 posts

About author
IBTimes.ID - Kanal Moderasi Islam. Sebuah media online yang berprinsip pada wasathiyah Islam dengan memadukan doktrin keislaman, perkembangan sains mutakhir, dan nilai keindonesiaan.
Articles
Related posts
News

Sakit, Kondisi Rizieq Shihab Tak Kunjung Membaik

1 Mins read
IBTimes.ID – Kuasa hukum Rizieq Shihab Aziz Yanuar mengungkapkan kondisi terkini kliennya yang saat ini berstatus tahanan Bareskrim Polri. Aziz menyebut kondisi…
News

Pasca Pelantikan, Biden Langsung Cabut Muslim Travel Ban

1 Mins read
IBTimes.ID – Pasca dilantik secara resmi pada Kamis (21/1), Biden langsung mencabut aturan-aturan Trump, Presiden Amerika sebelumnya yang terkesan diskriminatif. Ia menandatangani…
News

Joe Biden Cabut Larangan Masuk dari Negara Muslim ke AS

1 Mins read
IBTimes.ID – Presiden terpilih Amerika Serikat, Joe Biden akan mencabut larangan masuk AS untuk beberapa negara muslim. Ia akan menanda tangani beberapa perintah eksekutif…

Tinggalkan Balasan